4 Kebiasaan yang Merusak Kulit







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Anda sudah rajin mengoleskan pelembab, memakai masker juga rutin pergi ke klinik kecantikan. Tapi kenapa kulit masih saja kusam, berjerawat dan tampak menua? Bisa jadi karena kebiasaan Anda yang buruk. Apa saja kebiasaan yang bisa menimbulkan kerusakan kulit? Cari tahu jawabannya di bawah ini agar Anda bisa menghindarinya.

1. Tidak Bersihkan Make-up di Malam Hari

Berkutat dengan kemacetan lalu lintas dan mengerjakan tugas di kantor yang menumpuk mungkin jadi aktivitas Anda setiap hari. Lelah? Sudah pasti. Tapi bukan berarti Anda bisa melewatkan malam tanpa membersihkan make-up dan debu dari kulit. Mungkin Anda berpikir, tidak masalah jika tidur dengan make-up masih menempel. Toh, esok paginya juga akan dibersihkan lagi.

Tapi, kebiasaan ini bisa menimbulkan kerusakan serius pada kulit Anda, terutama bila memiliki kulit yang mudah bermasalah. Misalnya mudah jerawatan, timbul komedo atau wajah kering.

“Kalau kulit Anda mudah berjerawat, berarti Anda merusak kulit sendiri. Malam hari adalah saatnya kulit memperbaikin jaringannya sendiri. Sisa make-up dan kotoran bisa menyumbat pori dan mengganggu proses regenerasi kulit,” ujar dermatologis Dr. Debta Jailman, seperti dikutip dari msn.

Bila Anda memang terlalu lelah untuk membersihkan wajah, bisa menggunakan tisu basah pembersih make-up atau pembersih sekaligus penyegar dalam satu kemasan. Meskipun cara ini kurang maksimal mengangkat minyak dan kotoran, setidaknya tidak membuat pori tersumbat. Cara terbaik adalah mencuci dengan sabun muka atau gunakan cleansing oil.

2. Pengelupasan Kulit yang Berlebihan
Pengelupasan atau eksfoliasi memang berfungsi meluruhkan sel-sel kulit mati sehingga wajah jadi lebih segar dan bercahaya. Tapi jangan lakukan terlalu sering. Eksfoliasi yang berlebihan justru bisa melukai kulit dan membuatnya kehilangan kelembaban alami.

“Setelah eksfoliasi, kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari. Melakukannya terlalu sering, bisa berbahaya bagi kulit,” jelas Debta.

Eksfoliasi sebaiknya dilakukan maksimal dua kali seminggu. Tapi bila Anda tinggal di daerah yang dingin, cukup lakukan satu kali seminggu. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.

3. Pakai Pelembab Terlalu Banyak
Mengoleskan pelembab adalah perawatan kulit yang paling penting dan tidak boleh terlewatkan. Tapi jika pengolesannya terlalu tebal, justru bisa menimbulkan jerawat. Bahkan bisa menyebabkan milia, yaitu bercak putih yang terbentuk karena sel kulit mati yang tidak mampu keluar dari kulit.

Untuk mencegahnya, pilih pelembab dengan formula ringan seperti lotion atau gel. Oleskan tipis-tipis, atau secukupnya tergantung kebutuhan kulit.

4. Kurang Tidur

Anda bisa memakai perawatan wajah dan make-up termahal di dunia demi dapatkan kulit cantik. Tapi sekeras apapun usaha Anda bila tidak diikuti dengan tidur yang cukup, akan sia-sia.

“Kalau Anda kurang tidur, kulit tidak akan cantik maksimal,” kata Debta.

Tidur berkualitas selama delapan jam akan membuat kulit rileks dan lebih mudah bernafas. Sehingga proses regenerasi kulit pun bisa lebih lancar dan menghasilkan kulit yang bertambah indah setiap Anda bangun esok paginya.

Semoga bermanfaat.

Writer : Hestianingsih

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter