5 Cara Aman Lindungi Anak dari Kecanduan Game Online







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Konon, dunia anak adalah dunia yang dipenuhi kegembiraan dan permainan. Dulu, kegembiraan dan arena bermain anak-anak biasanya berbasis alam; di kebun, lapangan, dll. Tipe permainannya juga tradisional dan sederhana; layang-layang, petak umpet, dll. Namun, di era modern yang dilengkapi dengan internet seperti saat ini, salah satu media bermain paling digandrungi oleh anak-anak adalah game online.

Terkait dengan merebaknya situs-situs game online, maka orang tua saat ini harus lebih waspada dan memberikan penjagaan yang super ketat. Apalagi bagi orang tua yang memiliki anak yang sudah sangat gandrung pada game online sehingga mereka sering lupa waktu saat memainkan game di internet itu. Sebab, banyaknya konten game yang tidak sehat di internet akan membahayakan perkembangan jiwa dan kepribadian anak Anda di masa depan.

Berikut ini Redaksi Mizan.com merangkum “5 Cara Aman Lindungi Anak dari Kecanduan Game Online” versi Mizan.com.

Memberi Waktu Khusus untuk Bermain Game Online. Ketika anak meminta untuk bermain game online, orang tua harus memberikan waktu khusus yang proporsional. Artinya, orang tua memberikan jatah waktu untuk bermain game online, misalnya 2 jam per hari. Dan, setelah waktu itu habis, maka orang tua sebaiknya menganjurkan anaknya untuk melakukan aktifitas yang wajib atau bermanfaat baginya, misalnya mengerjakan tugas, membaca atau membantuk orang tua mengerjakan tugas-tugas rumah yang mendidik baginya. Dengan demikian, Anda tidak akan tampak sebagai orang tua yang otoriter di mata anak Anda, tapi secara tak langsung juga telah mendidik dan mengarahkan anak Anda agar mengisi waktunya dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat.

Memilihkan Game Online yang Baik dan Tepat untuk Anak. Selain memberikan jatah waktu bermain game online, Anda juga dianjurkan untuk ikut memilih mana permainan game online yang cocok bagi anak Anda. Sebab, kini banyak jenis game online yang sebenarnya diproyeksikan untuk orang dewasa. Jauhkan pula anak Anda dari konten game online yang tidak sehat, seperti game bertema kekerasan, game yang tak patriotik, atau bahkan bermuatan porno. Sebagai orang tua, Anda juga dituntut untuk memilihkan jenis game online sesuai dengan perkembangan psikologis anak.

Mendampingi Anak Bermain Game Online. Anda juga patut menyediakan waktu untuk mendampingi anak bermain game online. Sehingga Anda bisa melakukan kontrol atas anak yang sedang bermain game online. Terkait upaya mengontrol ini, tentunya Anda butuh pengetahuan tentang informasi yang berkaitan dengan game online dan dunia internet. Karenanya, Anda patut mencari tahunya, baik melalui kelompok-kelompok diskusi atau dengan mengunjungi beberapa situs yang membahas tentang pentingnya berinternet secara sehat.

Biasakan Berdiskusi tentang Game Online. Orang tua juga patut tahu tentang game online yang sedang populer atau digandrungi anaknya. Hal itu penting agar orang tua bisa berdiskusi tentang game yang sedang atau telah dimainkan sang anak, sehingga anak bisa mengambil pelajaran positif dari game yang dimainkannya.

Menanamkan Kewaspadaan pada Anak utnuk Menjaga Info Pribadinya. Orang tua juga perlu mengingatkan anak-anaknya untuk tidak mudah memberikan informasi pribadi kepada orang lain yang tidak dikenal. Sebab, banyak terjadi cyber bullying yang dapat membahayakan anak-anak Anda.

http://www.mizan.com/index.php?fuseaction=news_det&id=370

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter