9 Tips Agar Si Kecil Sayang Kakek Nenek







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Bagi si Kecil yang tinggal dekat dengan rumah kakek-nenek, biasanya tak akan timbul masalah kurang dekat atau kurang akrab di antara mereka. Tidak demikian halnya jika rumah kakek-nenek jauh. Sering ada perasaan ‘asing’, kadang malah takut, jika balita dipertemukan dengan kakek-neneknya. Apalagi jika sejak awal kita tidak mengenalkan sosok kakek-nenek kepada anak.

Lalu bagaimana caranya?
Kunci utamanya adalah komunikasi.
“Kedekatan antara cucu dengan kakek-neneknya pasti akan terjalin jika ada komunikasi di antara mereka. Karena itu bangunlah komunikasi dengan mereka sedini mungkin.”

Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Kenalkan sedini mungkin
Kenalkan anak sedini mungkin dengan kakek-neneknya, agar anak menyadari bahwa selain orangtuanya, masih ada anggota keluarga lain, kakek-nenek.

2. Seringlah berkunjung
Jika rumah kakek-nenek dekat, kunjungilah secara teratur bersama anak, agar mereka terbiasa berhubungan dengan kakek-neneknya. Jika cukup jauh, rencanakan dan sisihkan waktu untuk mengunjungi mereka, misal satu bulan sekali. Jadikan acara ini program tetap keluarga. Mintalah kakek-nenek untuk berkunjung ke rumah juga, jika memungkinkan.

3. Gunakan teknologi
Teknologi membuat balita lebih mudah berhubungan dengan kakek-nenek, meski dipisahkan oleh jarak. Gunakan telepon, atau jika ada, e-mail. Kirimkan foto atau VCD si kecil ketika ia sedang melakukan kegiatan yang disenanginya. Bisa juga, mainkan rekaman cerita ninabobo dari kakek atau nenek sebelum anak tidur.

4. Tulis surat
Kalau si kecil suka menerima surat atau kartupos, kirimilah sekotak kartupos dan perangko kepada kakek-nenek. Minta mereka mengirim surat atau kartupos itu secara teratur kepada anak. Dorong juga anak untuk menulis surat atau membuat gambar untuk dikirimkan secara teratur kepada kakek-nenek.

5. Letakkan foto kakek-nenek
Kenalkan anak pada kakek-neneknya dengan meletakkan foto kakek-nenek di ruang tamu atau keluarga, sehingga anak bisa melihatnya dengan jelas. Jika ada, letakkan juga album foto keluarga di tempat yang mudah dijangkau. Ceritakan tentang kakek-nenek kepada anak di waktu-waktu tertentu, misal mengenai kehidupan yang kini dijalani, hobi mereka, makanan kesenangan, atau film favorit.

6. Buat Silsilah
Anak biasanya suka belajar mengenai nenek moyang atau kerabat mereka. Mintalah kakek-nenek bercerita mengenai keluarga mereka waktu masih kanak-kanak. Minta juga untuk menggambarkan silsilah atau pohon keluarga kepada si kecil, agar anak tahu latar belakang keluarga dan perjalanan hidup atau sejarah keluarga.

7. Mengingat hari istimewa
Ajari anak mengingat hari istimewa kakek-neneknya. Misal kapan mereka berulang tahun, ulang tahun pernikahan, dsb. Dengan cara seperti ini anak belajar menghargai sebuah peristiwa bersejarah dalam keluarga.

8. Ajarkan ketrampilan
Biasanya kakek atau nenek punya ketrampilan khusus, misal membuat origami, ukiran kayu, membatik, membuat wadah ketupat, bordir, dsb. Mereka pasti mau mewariskan ketrampilan itu kepada cucunya. Berikan waktu dan alat-alat yang anak perlukan untuk belajar ketrampilan itu dari kakek-nenek.

9. Ajak ke pertemuan keluarga
Jika memungkinkan, ajak anak ikut serta dalam acara kumpul-kumpul atau arisan keluarga, supaya ia lebih dekat dengan kakek-nenek dan kerabat lainnya.

Dan tentunya masih banyak lagi ya, tetapi paling tidak lakukan bebrapa tips diatas, IsnyaAllah, si Kecil akan tidak akan erasa asing lagi dengan kakek-neneknya.

Semoga bermanfaat, wasaalam

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter