Alkohol Punya Sisi Baik







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Meski sering dianggap menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan dan kecanduan, alkohol ternyata memiliki sisi baik. Livestrong (29/6) merangkum beberapa manfaat mengonsumsi minuman beralkohol bagi kesehatan.

Melindungi jantung

Anggur merah telah lama diketahui sebagai obat mujarab untuk kesehatan jantung. Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health, meminum anggur merah dapat memangkas risiko penyakit jantung hingga 40 persen.

Manfaat baik alkohol bagi kesehatan jantung disebabkan oleh kemampuan minuman alkohol untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL), menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan mengurangi masalah darah yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Mengikis lemak

Alkohol bisa membantu mengurangi lemak perut. Sebuah penelitian di tahun 2010 yang dipublikasikan dalam The Archives of Internal Medicine menemukan bahwa wanita yang meminum satu atau dua gelas per hari lebih rendah mengalami kenaikan berat badan.

Dokter Lu Wang, dari Brigham and Women’s Hospital di Boston percaya ini disebabkan kenaikan temperatur tubuh akibat konsumsi alkohol membutuhkan kalori untuk menciptakan panas. Selain itu, wanita yang meminum alkohol cenderung makan lebih sedikit, terutama karbohidrat. Wanita juga cenderung mengeluarkan lebih banyak energi setelah meminum alkohol.

Kurangi diabetes

Menurut penelitian di tahun 2005 yang diterbitkan dalam Diabetes Care, orang yang meminum alkohol dalam jumlah sedang sebanyak dua gelas sehari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 30 persen.

Peneliti percaya dengan mengonsumsi alkohol dalam jumlah kecil dapat meningkatkan sensitivitas insulin.

Kesehatan otak

Mengonsumsi segelas hingga dua gelas anggur atau bir per hari bisa mengurangi perkembangan kerusakan kognitif, Alzheimer dan bentuk lain dari demensia hingga 23 persen.

Para peneliti beranggapan bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan kolesterol baik, yang dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Alkohol juga dapat menguatkan sel-sel otak dan mempersiapkannya untuk mengatasi tekanan besar di kemudian hari yang dapat menyebabkan demensia.

Batu empedu

Batu empedu biasanya terdiri dari kolesterol yang sudah mengeras dan dapat menyebabkan rasa sakit atau kram di perut. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol dalam porsi sedang bisa mengurangi risiko batu empedu.

Menurut peneliti Inggris, alkohol bekerja dengan cara mengurangi kolesterol dalam air empedu. Kolesterol inilah yang menjadi sumber pembentukan batu empedu.

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter