Anda Membanggakan Stres?







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Mengapa Anda tampak sangat membanggakan kehidupan yang membuat Anda merasa tertekan? Banyak sekali tipe manusia yang seperti itu. Masalah datang lagi. Seorang teman meninggalkan pesan berantai dalam mesin penjawab telepon dengan berbagai keluhan, mulai dari anak-anaknya yang sulit diatur, mertua yang akan berkunjung akhir minggu nanti hingga nyeri punggung yang dirasakannya akibat beban emosi tersebut. Yang paling parah, tampaknya dia tidak berpikir untuk membatalkan janji makan siang yang telah dibuatnya dengan Anda.

Bukan hanya teman Anda. Anda sendiri mungkin baru saja pulang dari kantor yang dipenuhi dengan beberapa rekan yang selalu ‘terkagum-kagum’ dengan beban mental yang mereka alami sendiri. Apalagi ’si anak rajin’ yang tidak bisa berhenti membicarakan tentang kerja lemburnya hingga jam 11 selama tiga malam berturut-turut minggu ini sehingga harus mengenakan kaus kaki yang sama selama 6 hari karena tidak sempat mencuci, terlalu sibuk untuk mandi dan makan.

Masa lalu telah berakhir. Kini jarang sekali manusia yang punya cukup waktu untuk sekedar mengelus kucing, tapi kini adalah saat yang paling tepat untuk menghentikan penuhnya jadwal kegiatan sebagai simbol status.

Stres Menjadi Kebanggaan
Beberapa orang bahkan bersikap seolah jauh lebih sibuk daripada sebenarnya. Mengapa? Salahkah dunia globalsasi yang amembuat setiap orang tampak mendominasi tanpa henti.

Dalam pasar kerja yang keras, manusia telah memanfaatkan bisnis sebagai suatu cara untuk mencapai keinginannya. Manusia cenderung berpikir, semakin banyak tuntutan yang diajukan kepadanya berarti posisinya semakin penting, tapi untuk apa?

Mungkin jawaban inilah yang dicari: status stres menjauhkan semakin banyak teman, menghancurkan kesehatan dan bahkan melakukan sabotase terhadap perkembangan karier Anda. Sikap yang Anda tunjukkan sehubungan dengan stres yang Anda rasakan bisa menjadi cerminan ketidakkompetenan Anda. Seperti seorang atasan yang gila kerja, kemudian tiba-tiba mengeluh kepada bawahannya karena belum mengambil cuti selama 10 tahun. Emosinya, kebiasaan merokok dan ketergantungan terhadap kafein bisa menjadi kontribusi terbesar sehingga akhirnya dia terpaksa harus berhenti dari pekrjaan yang telah membuatnya menjadi seorang atasan teladan.

Bersikap seolah kehidupan Anda berada di ujung tanduk mungkin semakin memperburuk stres yang Anda rasakan. Untuk apa bersikap seolah berada dalam kondisi emosi yang tidak sehat, hambar dan sederhana? Studi telah menunjukkan, gaya hidup yang berlebihan dapat meracuni sistem metabolisme, jantung dan kekebalan tubuh. Stres kronis meningkatkan resiko diabetes dan serangan jantung, bahkan bisa merusak fungsi otak. Wanita dengan tingkat kortisol (hormon yang meningkat saat Anda terjebak macet) yang tinggi, juga menyerang kepadatan tulang.

Jika hal tersebut masih terasa belum cukup, perhatikan bahwa dengan menggembar-gemborkan kehidupan Anda yang serba sibuk justru akan menjauhkan Anda dari sahabat terbaik. Mengucapkan ‘kasihanilah aku’, meskipun dengan redaksi yang berbeda, dapat merusak sebuah hubungan yang telah berjalan dengan manis. Selain itu, di dunia yang sedang ribut membicarakan perang dan dilanda resesi, membicarakan tentang betapa banyaknya undangan resepsi perkawinan yang terlalu banyak di bulan ini sama sekali hanya hal yang sangat kecil. Sisihkan waktu Anda untuk memikirkan tentang wanita-wanita yang sedang memperjuangkan haknya di negara yang hampir hancur. Cara tersebut bisa membuat Anda merasa jauh lebih bersyukur dan meringankan stres yang Anda alami.

Bagaimana Menghentikannya?
Bagaimana menghentikan pola hidup “stres menjadi kebanggaan”, meskipun anda berada di ambang batasnya? Mulailah dengan mengatasi tekanan kehidupan dengan lebih terbuka dan terkoordinir. Buat prioritas (teman, keluarga, kesehatan pribadi) yang masuk akal. Berhentilah berlomba ke sana-ke mari untuk menarik perhatian atasan (atau siapapun) dengan usaha yang berlebihan. Cobalah untuk menarik napas dalam, cukup sekali dalam sehari dan meyakinkan diri, “Aku tenang, aku nyaman, aku baik-baik saja”, slogan kebanggaan baru yang mungkin bisa membantu Anda.(WI)


Cara Menghadapi Stres

Pertama-tama, anda harus belajar mengenali stres: Gejala-gejala stres mencakup mental, sosial dan fisik. Hal-hal ini meliputi kelelahan, kehilangan atau meningkatnya napsu makan, sakit kepala, sering menangis, sulit tidur dan tidur berlebihan. Melepaskan diri dari alkohol, narkoba, atau perilaku kompulsif lainnya sering merupakan indikasi-indikasi dari gelaja stres. Perasaan was-was, frustrasi, atau kelesuan dapat muncul bersamaan dengan stres.

Jika anda merasa stres mengaruhi pelajaran anda, langkah pertama adalah mencari bantuan melalui pusat koseling di sekolah anda. Manajemen stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang-orang, dan kejadian-kejadian yang ada memeberi tuntutan yang berlebihan. Apa yang dapat anda lakukan untuk mengatur stres anda? Strategi-strategi apa yang ada?

  • Perhatikan lingkungan sekitar anda Lihatlah mungkin ada sesuatu yang benar-benar dapat anda ubah atau kendalikan dalam situasi tersebut.
  • Belajarlah cara terbaik untuk merelaksasikan diri anda Meditasi dan latihan pernafasan telah terbukti efektif dalam mengendalikan stress. Berlatihlah untuk menjernihkan pikiran anda dari pikiran-pikiran yang menggangu.
  • Jauhkan diri anda dari situasi-situasi yang menekan Beri diri anda kesempatan untuk beristirahat biarpun hanya untuk beberapa saat setiap hari.
  • Tentukan tujuan yang realistis bagi diri anda sendiri Dengan mengurangi jumlah kejadian-kejadian yang terjadi dalam hidup anda, anda akan dapat mengurangi beban yang berlebihan.
  • Jangan mempermasalahkan hal-hal yang sepele Cobalah untuk memprioritaskan beberapa hal yang benar-benar penting dan biarkan yang lainnya mengikuti.
  • Jangan membebani diri anda secara berlebihan dengan mengeluh mengenai seluruh beban kerja anda Tangani setiap tugas sebagaimana mestinya, atau tangani secara selektif dengan memperhatikan beberapa prioritas.
  • Secara selektif ubahlah cara anda bereaksi Tapi jangan terlalu banyak sekaligus. Fokuskan pada satu masalah dan kendalikan reaksi anda terhadap hal ini.
  • Ubahlah cara pandang anda Belajarlah untuk mengenali stress. Tingkatkan reaksi tubuh anda dan buatlah pengaturan diri terhadap stres.
  • Hindari reaksi yang berlebihan Mengapa harus membenci jika sedikit tidak suka sudah cukup? Mengapa harus merasa bingung jika cukup dengan hanya merasa gugup? Mengapa harus mengamuk jika marah saja sudah cukup? Mengapa harus depresi ketika cukup dengan merasa sedih?
  • Lakukan sesuatu untuk orang lain Untuk melepaskan pikiran dari masalah anda sendiri.
  • Tidur secukupnya Kurang istirahat hanya akan memperburuk stress.
  • Hindari stress Dengan kegiatan-kegiatan fisik, misalnya jogging, tennis ataupun berkebun.
  • Hindari pengobatan diri sendiri atau menghindar Alkohol dan obat-obatan dapat menyembunyikan stres. Namun tidak dapat membantu memecahkan masalah.
  • Tingkatkan ketahanan diri anda Yang harus digarisbawahi dari manajemen stress adalah? Saya membuat diri saya sendiri sedih?
  • Cobalah untuk “memanfaatkan” stress Jika anda tidak dapat melawan apa yang mengganggu anda, dan anda tidak dapat menghindar darinya, berjalanlah seiring dengannya dan cobalah untuk memanfaatkannya secara produktif.
  • Cobalah untuk menjadi seseorang yang positif Tanamkan pada diri anda bahwa anda dapat mengatasi segala sesuatu dengan baik daripada hanya memikirkan betapa buruknya segala sesuatu yang terjadi. Stress sebenarnya dapat membantu ingatan, terutama pada ingatan jangka pendek dan tidak terlalu kompleks. Stress dapat menyebabkan peningkatan glukosa yang menuju otak, yang memberikan energi lebih pada neuron. Hal ini, sebaliknya, meningkatkan pembentukan dan pengembalian ingatan. Di sisi lain, jika stress terjadi secara terus-menerus, dapat menghambat pengiriman glukosa dan mengganggu ingatan.

Yang terpenting, jika stres menempatkan anda dalam keadaan yang tidak teratasi atau mengganggu kegiatan sekolah anda, kehidupan sosial ataupun kehidupan kerja, carilah bantuan ahli di pusat konseling sekolah anda.

http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/anda-membanggakan-stres/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter