Apa itu Disleksia?







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Disleksia dalam bahasa Yunani dapat berarti kesulitan dalam mengolah kata-kata. Kelainan ini merupakan bagian dari masalah neurobiologis yang ditandai dengan kesulitan untuk mengenali kata secara akurat dan tepat, baik dalam pengejaan maupun dalam membuat kode simbol.

 

Kelainan ini dapat merupakan bahwaan sejak lahir dan terjadi karena faktor keturunan atau genetik dan mereka yang mengalami kelainan ini akan membawanya seumur hidup karena tidak dapat disembuhkan. Mereka akan terus mengalami , menulis, mengeja serta beberapa aspek dalam bahasa lain. Walaupun begitu, ada beberapa anak yang memiliki kelainan ini yang justru mempunyai tingkat kecerdasan normal atau bahkan berada diatas rata-rata anak lainnya.

Kelainan Karena Faktor Keturunan
Seperti yang dijabarkan diatas, kelainan ini merupakan faktor keturunan. Mereka yang mengalaminya memang dikenal dengan kesulitan dalam membaca dan ini dipengaruhi oleh area kognisi seperti kecepatan dalam memproses input, daya ingat, kemampuan dalam mengatur waktu, pengendalian gerak, kesulitan dalam visual dan fonologis, serta adanya aspek koordinasi. Hal lain yang juga dialami oleh orang yang menderita disleksia adalah sulit dalam berkonsentrasi dan daya ingat jangka pendek sehingga mudah lupa untuk mengikuti instruksi. Selain itu, mereka juga cenderung mengalami masalah untuk mengorganisasi sehingga mendapatkan kesulitan untuk menyusun dan mengurut sesuatu misalnya angka, hari, atau huruf.

Keadaan Fisik Penderita
Seseorang yang mengalami masalah ini, secara fisik tidak akan terlihat jelas. Hal ini karena penderitanya hanya tidak dapat menyusun atau membaca kalimat dalam urutan yang tepat. Apakah harus ke atas atau kebawah, ke kanan atau kekiri dan lain sebagainya. Disamping itu, mereka juga akan kesulitan untuk menerima perintah karena memori di otak tidak menangkap pesan tersebut dan ini mengakibatkan penderita tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Beberapa peneliti masih penasaran mengapa hal ini dapat terjadi. Namun, mereka mendapati bahwa kelainan ini dapat berhubungan dengan konektifitas di area fonologi atau membaca. Jadi tanda-tanda yang dapat dikenali oleh orang tua untuk penderita ini adalah saat anak telat dalam ber bicara, pengurutan kata-kata tidak teratur, mengalami kesulitan dalam membentuk bunyi huruf alfabet, mengalami kebingunan untuk membicarakan konsep ruang dan waktu, kesulitan dalam mencerna perintah secara verbal, cepat dan berurutan, dan lambat dalam bertindak. Perlu dukungan dari orang tua, keluarga dan lingkungan sekitar agar seseorang dapat terus maju walaupun ia mempunyai masalah disleksia.

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter