Ternyata Ngantuk Bikin Orang Ngidam Junkfood







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Ketika Anda mengantuk, pernahkah Anda memiliki keinginan yang besar untuk mengudap kue-kue kering ataupun makanan tidak sehat yang tergolong sebagai junk food? Jika ya, Anda tidak sendirian. Penelitian yang ada baru-baru ini menunjukkan bahwa orang-orang yang dalam keadaan mengantuk justru memiliki kecenderungan untuk mengonsumsi makanan-makanan junk food.

Kenapa hal itu bisa terjadi? Ternyata, ketika mengantuk otak akan mengasosiasikan junk food sebagai hadiah dan kesenangan. Dengan kata lain, Anda cenderung tergoda untuk mengonsumsi makanan-makanan tidak sehat ketika merasa mengantuk.

Penelitian mengenai kaitan dua hal tersebut dilakukan oleh Marie-Pierre St-Onge dan rekannya di St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center dan Columbia University di New York. Mereka meneliti 25 orang pria dan wanita dengan berat badan normal untuk melacak aliran darah ke dalam otak selama mereka melihat gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat.

Mereka meneliti otak responden yang dibagi menjadi dua kondisi yang berbeda. Kondisi pertama, responden tidur nyenyak selama sembilan jam dalam lima malam, sementara kondisi kedua responden hanya tidur selama empat jam dalam lima malam. Hasilnya, gambaran junk food seperti permen ataupun donat muncul di dalam otak yang mengalami kurang tidur, di bagian otak yang menganggap kalau junk food adalah hadiah bagi mereka. Akan tetapi, hal yang sama tidak tampil dalam otak orang-orang yang beristirahat dengan cukup.

Dari hasil penelitian ini, orang-orang yang tidurnya dibatasi cenderung melihat makanan-makanan yang tidak sehat sebagai sesuatu yang menonjol ketimbang makanan lainnya. Mereka juga menganggap makanan ini sebagai sebuah hadiah bagi diri mereka, sehingga pengonsumsian makanan-makanan tidak sehat ini akan semakin meningkat.

Orang-orang yang kurang istirahat memiliki ketertarikan yang lebih besar kepada makanan tidak sehat karena ketika Anda lelah, tubuh cenderung menginginkan makanan padat kalori yang dapat memberikan energi seketika. Sayangnya, sekalipun mampu memberikan energi seketika, makanan ini hanya akan memberikan masalah kesehatan lainnya kepada tubuh Anda.

Karena itu, penting untuk tetap menjaga makanan sehat sehari-hari meskipun Anda dalam keadaan lelah dan kurang istirahat. Selain itu, pola hidup yang sehat seperti memperhatikan tidur yang berkualitas juga sangat penting agar Anda tidak lagi ‘mengidam’ makanan-makanan tidak sehat ini ketika mengantuk.

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter