Berburu Kerja dengan Cerdas







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Saat yang tepat jika berburu pekerjaan sembari masih tetap bekerja: Anda punya kemampuan negosiasi yang lebih besar ketimbang berstatus pengangguran. Tapi bukan berarti ini mudah dijalankan. Sebab sembari melamar, Anda tetap harus fokus pada pekerjaan sekarang, tentu sebelum pekerjaan baru ada di tangan.

Menjaga rahasia bahwa Anda sudah melamar ke kantor lain juga bukan tugas ringan kan? Pernah dengar pepatah, tembok juga punya telinga?
Ada sejumlah rambu yang harus diperhatikan agar urusan berburu pekerjaan baru berjalan lancar. Apa saja itu? Ini dia:

  1. Kenali risiko

Dalam sejumlah kasus, jika Anda bekerja berdasarkan sistem kontrak, tak masalah jika kontrak hendak berakhir Anda sibuk cari informasi lowongan dan memasukkan beberapa lamaran. Namun jika status Anda karyawan tetap, jika bos sampai tahu Anda ‘mulai selingkuh’ hal ini bisa membahayakan posisi dan karir Anda kelak di kantor yang sama. Makanya hati-hati saat mengirim lamaran via pos atau email. Jangan kaget kalau perusahaan Anda ternyata mengetahui Anda melamar ke kantor lain lewat internet. Saat Anda memgirim lamaran via email, pastikan Anda tahu orang yang menerimanya dan apa rencana mereka dengan aplikasi itu. Jika Anda punya blog, hati-hati berbicara masalah pekerjaan di blog itu. Seluruh dunia bisa tahu ‘curhatan’ tak enak Anda terkait pekerjaan, termasuk rencana untuk mencari pekerjaan baru.

  1. Pilih orang kepercayaan

Jejaring merupakan salah satu langkah terbaik untuk menemukan pekerjaan baru, namun hal itu melibatkan banyak orang. Jika Anda ‘curhat’ dengan teman mengenai ambisi Anda pindah ke kantor pesaing, sebaiknya ceritakan pada orang yang bisa jaga rahasia. Minta dia untuk tidak membocorkannya tanpa persetujuan dari Anda terlebih dulu.

  1. Batasi jejaring

Baik untuk memberi tahu orang mengenai rencana Anda pindah kerja demi kemajuan karir. Jejaring yang luas akan membantu mewujudkannya. Namun tetap batasi hanya pada lingkaran orang kepercayaan. Jangan sampai bos Anda tahu jika Anda berusaha untuk mendua.Ron Visconti, managing partner yang bekerja untuk Peninsula Employment Group LLC die San Francisco Bay Area, menyarankan untuk menggunakan kalimat netral yang tidak menekankan bahwa Anda tengah berburu kerja baru,”Saya selalu terbuka untuk belajar terkait kesempatan karir yang baru.”

  1. Berburu dari rumah

Berikan perekrut dan perusahaan potensial nomor ponsel atau rumah Anda serta email pribadi, bukan email kantor yang bisa ‘diintip’ atasan. Jangan pernah gunakan jaringan komputer kantor atau ponsel jatah perusahaan untuk berburu pekerjaan baru. “Saya punya klien yang harus rela dipecat karena ketahuan menelpon sebuah perusahaan potensial untuk wawancara kerja menggunakan ponsel kantor yang dipinjamkan padanya,” ujar James Elkins, pemilik Career Planning Services di Scarborough, Maine.

  1. Minta perusahaan potensial untuk jaga rahasia

Perusahaan yang Anda incar umumnya mensyaratkan referensi. Namun jika Anda tak ingin bos tahu Anda tengah berburu kerja baru, cukup tuliskan di lamaran Anda,”Perusahaan saya tidak mengetahui saya berminat di posisi ini,jadi tolong perlakukan lamaran ini secara rahasia.”

  1. Tetap fokus pada pekerjaan

Mulai mencari kerja baru berarti Anda memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan sekarang. Akibatnya Anda tak lagi fokus dengan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Jangan sampai hal ini terjadi. Tinggalkan kesan ‘manis’ untuk bos, teman serta kolega Anda. Kerjakan tugas seperti biasa dan penuh tanggung jawab.
Hal yang harus Anda catat: Mulailah membuat jejaring sebelum Anda memutuskan berhenti kerja dari kantor lama. Jejaring yang kuat merupakan jaminan terhadap status pengangguran. Jika Anda tetap berhubungan dengan mantan kolega atau orang lain yang aktif di bidang yang Anda tekuni, mereka lebih gampang menawari pekerjaan untuk Anda dibanding orang lain yang sama sekali tidak dikenal.

 

 

 

 

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter