Cara Aman Mengganti Popok/Diaper







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Pasangan suami istri yang baru menikah, terutama mereka yang baru saja menimang putra/putri pertama tentunya agak rikuh kalau harus mengganti popok/diaper bayi. Ini disebabkan pengetahuan mereka masih kurang. Umumnya mereka tidak berani memandikan dan mengganti popok bayi tanpa bantuan dan pengawasan orang tua maupun babysitter.

Penggantian popok bayi yang dilakukan sembarangan memang dapat mengakibatkan timbulnya luka pada bayi. Untuk itu belajarlah terlebih dahulu dari orang tua anda ataupun babysitter maupun bidan yang anda sewa di minggu – minggu awal kelahiran bayi anda yang pertama. Sebagai gambaran dapat kami berikan informasi penggantian popok / diaper sebagai berikut :

Siapkan tempat mengganti popok/diaper

Anda mungkin pernah mendengar meja khusus yang dipergunakan untuk mengganti popok bayi/diaper bukan. Betul sekali, meja itu dikenal dengan nama babi tafle. Kalau anda mempunyai budget lebih, kami sarankan untuk memilikinya sehingga anda mempunyai tempat khusus untuk mengganti popok yang aman. Bagi anda yang tidak dapat memilikinya, anda dapat mempersiapkan tempat khusus yang sifatnya permanen (kalau bisa) seperti meja setrika kokoh dari kayu ataupun meja tulis yang lama. Bersihkan area mengganti popok itu dari benda-benda lain yang berbahaya bagi bayi. Si kecil suka sekali bereksplorasi dengan keadaan sekelilingnya. Dia bisa terancam memasukkan benda asing ke dalam mulut bila anda tidak membersihkan daerah sekitar meja.

Menggunakan tempat tidur sebagai tempat mengganti popok/diaper

Tempat tidur sepertinya memang tempat favorit bagi masyarakat banyak untuk mengganti popok/diaper sampai dengan memakaikan baju. Bagi anda yang lebih suka menggunakan tempat tidur kami sarankan untuk melapisi tempat tidur tersebut dengan perlak terlebih dahulu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti bayi tiba-tiba pipis, gumoh atau buang air besar.

Siapkan perlengkapan mengganti popok/diaper

Untuk memudahkan penggantian popok/diaper sebaiknya anda menyiapkan satu tempat khusus yang berisi popok bayi, diaper, mainan bayi, tisu, minyak bayi, krim pencegah ruam popok dll. Tempat khusus ini diperlukan agar siapapun yang akan mengganti popok dapat segera menemukan popok bersih yang bisa dipakaikan ke bayi.

Mengganti Popok Bayi

Setelah anda menemukan tempat khusus untuk meletakkan popok/diaper, segera buka dan siapkan popok/diaper baru tersebut. Baringkan bayi yang masih menggunakan popok/diaper lama diatas diaper baru. Bukalah popok bayi lama secara perlahan untuk menghindari pipis bayi secara tiba-tiba. Angkat kaki bayi keatas dengan cara menyatukan kakinya terlebih dahulu. Tarik popok/diaper lama yang telah kotor dan masukkan ke tempat pakaian kotor (bila popok tersebut dari kain dan bisa dipakai lagi) atau buang popok tersebut ke tempat sampah yang tertutup untuk menghindari bau menyengat yang dapat mengurangi konsentrasi anda (bila diaper sekali pakai).

Bersihkan pantat, selangkangan, kemaluan bayi dengan lembut menggunakan tisu basah yang khusus untuk bayi. Bedaki selangkangan bayi untuk mencegah iritasi. Pakaikan krim anti ruam popok bila perlu. Turunkanlah bayi anda dengan hati hati ke diaper yang baru. Ikat/rekatkan popok/diaper yang baru dengan hati-hati. Untuk meningkatkan rasa percaya bayi kepada anda lakukan hal ini dengan bernyanyi lagu kesukaannya.

http://e-kehamilan.blogspot.com/2008/08/cara-aman-mengganti-popokdiaper.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter