Cara Tepat Berkompromi dengan Sakit Maag







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Sakit maag saat ini sudah menjadi penyakit yang sangat umum diderita oleh masyarakat. Dari survey yang dilakukan di Jakarta tahun 2007 yang melibatkan 1.645 responden diperoleh informasi bahwa pasien dengan masalah sakit maag ini mencapai angka 60 %.

Artinya masalah sakit maag ini memang ada di masyarakat dan tentunya harus menjadi perhatian kita semua. Meskipun begitu masih banyak penderita yang tidak paham mengenai penyakit yang dideritanya tersebut. Penderita punya intrepretasi yang berbeda beda soal penyakit perut itu. Secara umum jika seseorang merasakan sakit pada daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa dia menderita sakit maag.

Secara medis istilah yang sering digunakan untuk sakit maag ini adalah Syndrom Dispepsia. Secara definisi, Syndrom Dispepsia sendiri adalah kumpulan dari beberapa gejala seperti rasa tidak nyaman di ulu hati, kembung, mual, sering sendawa, cepat kenyang, muntah atau perih pada ulu hati.

Secara garis besar sakit maag ini dikelompokkan menjadi penyakit maag yang organik dan penyakit maag fungsional. Disebut sakit maag organik bila terjadi kelainan pada organ lambungnya, sedangkan sakit maag fungsional ditetapkan jika dari pemeriksaan tidak ditemukan adanya gangguan pada organ lambungnnya. Ada atau tidaknya gangguan pada organ lambung ini bisa kita ketahui melalui pemeriksaan endoskopi (teropong lambung).

Penelitian yang dilakukan di Indonesia dan juga yang dilakukan di luar negri menunjukkan bahwa kejadian sakit maag yang fungsional lebih besar dari sakit maag organik, yaitu mencapai 70–80% kasus sakit maag. Penyebab sakit maag fungsional sendiri adalah karena pola makan yang kurang sesuai dan juga faktor psikis.

Pola makan yang tidak teratur dan pilihan makanan yang tidak tepat acapkali menjadi triger terjadinya sakit maag fungsional. Faktor psikis yang dimaksud disini adalah faktor stress dan kecemasan. Termasuk juga pola hidup yang kurang sesuai dan makan yang tidak teratur. Melihat data tersebut, kecenderungan meningkatnya penderita sakit maag sebenarnya dapat dimaklumi, hal ini karena penyebab timbulnya sakit maag sebenarnya adalah karena kesalahan pola hidup.

Cara-cara Atasi Maag

Makan kini bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan jasmani. Meski fungsi dasarnya tetap sebagai sumber tenaga dan mencukupi kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi, orang memiliki begitu banyak alasan untuk makan; sama banyaknya dengan pilihan makan itu sendiri.

Orang makan untuk merayakan suatu keberhasilan. Di kalangan bisnis, jamuan makan juga menjadi alternatif untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan mitra. Belum lagi, ada begitu banyak tempat makan yang menawarkan beragam cita rasa, lengkap dengan trik-trik promosi misalnya membeli paket tertentu mendapat ekstra makanan kecil.

Bayangkan apa jadinya jika Anda tidak dapat menikmati hidangan makanan yang lezat-lezat itu karena menderita sakit maag? Tentu menyiksa sekali.

Saat ini tata laksana penting untuk mengatasi sakit maag funsional adalah membatasi makanan dan minuman yang menyebabkan peningkatan produksi asam lambung dan memperlambat pergerakan lambung.

Makanan dan minuman yang harus dihindari adalah:
a. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).
b. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain: kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu.
c. Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.
d. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, merica dan bumbu yang merangsang.
e. Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.
Kegiatan yang meningkatkan gas didalam lambung juga harus dihindarkan antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.

Pengobatan Tukak Peptik:

Tujuan :
Menyembuhkan ulkus
Meringankan/ menghilangkan rasa nyeri
Mencegah kekambuhan

Prinsip :
Menghilangkan / mengurangi faktor agresif
Meningkatkan faktor defensif

Obat-obatan

Secara garis besar ada 4 kelompok obat untuk mengatasi permasalahan dilambung yaitu: Antasida (obat penetral asam lambung) seperti: Hydrotalcite, Ca karbonat, Al (OH)3, Mg (OH)3, obat penekan produksi asam lambung seperti: ranitidine, simetidine, famotidine, nizatidine obat-obat ini mempunyai kerja sedang untuk menekan asam lambung obat penekan asam lambung kuat seperti omeprazole, rabeprazole, lansoprazole, pantoprazole, esomeprazole.

Kelompok obat maag lain yang juga sering digunakan yaitu obat pelindung dinding dalam lambung (mukoprotektor) seperti sukralfat, misoprostol, rebamipid, teprenon) dan obat memperbaiki pergerakan lambung (prokinetik) seperti metoklorpropamid, domperidone, cisaprid.

Hydrotalcite Sebagai Formula Mutakhir

Hydrotalcite adalah salah satu formula yang dimiliki oleh Promag dan sebagai golongan antasida paling mutakhir. Hydrotalcite adalah contoh antasida yang memiliki kemampuan lebih baik dibanding antasida lainnya dalam menertralisir asam lambung yang berlebihan.

Hydrotalcite merupakan hydroxymgnesium aluminate complex, yang dengan cepat dalam asam lambung akan berubah menjadi Mg(OH)2 dan Al(OH)3 yang sangat sulit diabsorbsi sehingga efeknya bisa bertahan lebih lama, dan dapat mempertahankan pH lambung normal (pH=4) dalam waktu lama sehingga tidak terlalu asam dan tidak akan menyebabkan efek ‘acid rebound’ (Dreyer dan Marwiski, Jerman). Selain itu Hydrotalcite juga dapat membantu melindungi mokosa lambung sehingga tidak mudah rusak oleh oleh asam lambung.

Sakit Maag Bisa Sembuh

Pada dasarnya sakit maag bisa sembuh, asalkan dilakukan pengobatan yang menyeluruh dan tepat sasaran. Untuk kasus sakit maag yang fungsional selain mengkonsumsi obat-obatan harus dilakukan upaya untuk menghindari faktor pencetus yang menjadi pemicu kambuhnya sakit maag. Untuk kasus sakit maag yang organik, harus dilakukan upaya menyembuhkan kelainan organic yang terjadi dilambung sehingga sakit maagnya tidak kambuh-kambuh lagi.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter