Deteksi Kecepatan USB Flash Disk







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

USB flash disk saat ini merupakan media penyimpanan eksternal yang sedang digandrungi oleh para pengguna komputer. Selain bentuknya mungil dan praktis bisa dibawa kemana saja, peranti ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang lumayan besar dibanding dengan media penyimpanan eksternal generasi sebelumnya, seperti floppy disk.

Lihat saja, di setiap pameran komputer yang dibuka di mal-mal di sekitar kita, pengunjung yang sebagian besar anak muda begitu antusias mendekati stan-stan pamer. Ada yang sekadar melihat, ada pula yang memang sengaja memanfaatkan momen tersebut untuk membeli perangkat-perangkat komputer yang ditawarkan.
Biasanya, dengan adanya pameran komputer, selain kita bisa mengetahui produk-produk baru yang ditawarkan juga akan mendapat harga yang lebih miring dibanding pada hari biasa. Seperti halnya produk flash disk yang ditawarkan. Tak jarang stan pameran kebanjiran pengunjung atau pembeli hingga stok terjual habis. Mungkin harga yang lebih murah menjadi alasan umum bagi mereka untuk membelinya karena saat ini mendapatkan produk yang memiliki kinerja maksimal dengan harga yang murah menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Namun bila mengandalkan alasan harga yang murah saja kurang cukup, karena selain harga ada beberapa kriteria lain yang bisa dijadikan pertimbangan saat membeli peranti flash disk. Di antaranya kapasitas penyimpanan, merek, bentuk/model, dan fitur keamanan. Tentunya dengan konsekuensi kita menyiapkan biaya yang lebih besar juga.
Tetapi ada pertimbangan lain yang tidak kalah penting, yaitu kecepatan. Untuk spesifikasi kecepatan sudah tersirat pada kemasannya, namun itu tidak menjamin keakuratannya. Belum tentu kecepatan yang tertera sesuai kecepatan aslinya saat digunakan.
Tanpa Menginstal
Ada beberapa aplikasi gratis untuk melakukan pengecekan kecepatan tulis dan baca. Seperti dikutip udaramaya.com, ada beberapa aplikasi yang mampu mengecek kecepatan flash disk. Salah satunya adalah HD Speed. Aplikasi ini mendukung format penyimpanan data FAT dan NTFS dengan sistem pengoperasian WinNT4, Win2000, WinXP, Win2003, dan WinVista.
Selain bisa mengukur kecepatan transfer data, HD Speed dapat juga melakukan tugas mengukur kecepatan transfer data pada media penyimpanan lain seperti harddisk, CD/DVD-ROM, floppy disk, dan kartu flash. Ukuran file pada aplikasi ini 80 Kb dan tidak perlu melakukan penginstalan karena dapat langsung dijalankan.
Saat menjalankan aplikasi ini pertama yang harus dilakukan adalah memilih media penyimpanan yang akan dicek kecepatannya, kemudian klik tombol Start. Setelah itu hasil dari proses baca dan tulis yang terekam akan ditampilkan dalam bentuk grafik beserta hasil kecepatan saat itu dan rata-ratanya dengan satuan yang bisa diedit dan juga jumlah error apabila memang ada. Aplikasi ini bisa diunduh dari http://www.steelbytes.com/?mid=20
Aplikasi lainnya adalah Check Flash yang mampu mengecek kecepatan transfer data dan mengecek bagian yang mengalami error, serta melalukan tugas format pada flash disk. Check Flash yang memiliki kapasitas file 340 Kb diciptakan oleh Misha, seorang programmer dari Ukraina.
Memori yang dikonsumsi aplikasi ini hanya 812 Kb dan juga bisa langsung dijalankan tanpa harus melakukan proses instalasi terlebih dahulu. Untuk mendapatkan aplikasi ini, kunjungi alamat http://mikelab.kiev.ua/index_en.php?page=PROGRAMS/programs_en
Flash Memory Toolkit tidak kalah menarik. Ini adalah sebuah paket media untuk tempat penyimpanan berbasis Flash. Pilihan paket yang disediakan antara lain penyedia informasi detail seperti kapasitas perangkat, sistem file, sistem pengoperasian, dan pengaturan perangkat.
Aplikasi ini mampu menghapus file dengan aman sekaligus bisa mengembalikannya setelah dilakukan format, serta mampu mendeteksi kesalahan/kerusakan di dalam perangkat. Tidak ketinggalan juga fasilitas backup dan restore yang dapat dijalankan secara bersamaan.
Akan tetapi versi Standar yang disediakan gratis hanya mampu menampilkan kecepatan membaca. Apabila ingin mengetahui kecepatan membaca sekaligus menulis maka diharuskan melakukan upgrade ke versi Pro. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu kita harus menginstalnya ke dalam PC.
Flash Memory Toolkit memiliki ukuran file sebesar 766 Kb dan dapat digunakan pada sistem pengoperasian Windows 2000/XP/XP 64-bit/2003 Server/Vista. Aplikasi ini dapat diunduh melalui situs http://www.flashmemorytoolkit.com/.
Dengan aplikasi-aplikasi tersebut, kita akan tahu ternyata angka kecepatan yang tertulis di flash disk hanyalah angka pembulatan atau bahkan selisihnya cukup jauh berbeda. Silakan mencoba, aplikasi mana yang sesuai dengan kebutuhan.

http://ikonek.net/2009/06/22/deteksi-kecepatan-usb-flash-disk/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter