Dilarang: Minum Susu Sebelum Tidur!!! (Awas Gigi Keropos)







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Minum susu kog dilarang. Hehe …, mungkin sanggahan itu yang muncul di pikiran anda saat membaca judul postingan ini. Sebenarnya apa pasal sehingga minum susu sampai dilarang?

Kalau anda mempunyai anak usia balita, besar kemungkinan anda akan meemukan bahwa gigi depannya berwarna coklat kekuningan dan tidak utuh lagi. Orang jawa menyebutnya sebagai gigis. Jadi, kelihatannya seperti ompong. Selain itu, dua gigi gerahamnya juga berlubang.

Padahal, Anda sudah mengajarinya untuk menyikat gigi setiap kali mandi. Memang hasilnya belum sempurna. Ditambah lagi, si kecil memang senang makan cokelat meskipun Anda tidak sering memberikannya. Kalau semua upaya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi anak sudah anda lakukan, lalu kenapa giginya masih keropos juga?

Gigi keropos pada balita bisa jadi adalah akibat kebiasaan buruk makan atau minum sebelum tidur. Sisa makanan atau minuman manis yang tersisa di mulutnya ketika ia hendak tidur inilah yang menjadi pangkal masalah gigi keroposnya. Orang tua biasanya mengambil jalan mudah untuk menenangkan anak yang terjaga di malam hari dengan memberinya minuman manis, biasanya susu. Dari pada tangisannya membangunkan semua anggota keluarga, hehe …

Pada saat tidur air liur berhenti mengalir, dan sisa makanan dan minuman manis di dalam mulutnya menjadi makanan lezat bagi para kuman di mulut. Kuman ini dalam proses hidupnya menghasilkan zat-zat kimiawi yang merusak gigi-geligi. Keadaan ini disebut pula sebagai tooth decay syndrome.

Makanan dan minuman yang manis-manis bisa cepat menggemukkan. Termasuk susu dalam porsi besar, tidak hanya permen atau cokelat. Namun cokelat manis adalah musuh terbesar gigi, sebab seringkali sisa cokelat menempel di antara gigi dan tak bersih tersikat.

Waspadalah juga dengan masalah berat badan anak anda. Jangan sampai masalah gigi keroposnya belum selesai, masih ditambah lagi dengan obesitas. Kegemukan bakal menjadi masalah yang lebih rumit penanganannya daripada masalah gigi keropos. Sebenarnya tidak masalah gigi sulung rusak, asal kerusakan itu tidak parah dan terjadi menjelang waktu tumbuhnya gigi bungsu. Bila kerusakan gigi terjadi terlalu awal, kelak dapat menyebabkan proses pembusukan yang dapat menimbulkan nyeri dan kerusakan akar gigi. Untuk itu Anda harus rajin ke dokter gigi untuk merawat gigi anak anda dengan teratur.

Masalah kerusakan gigi bukan pertanda anak kekurangan kalsium. Gosok gigi sebelum tidur dan tidak makan atau minum apa pun (kecuali air putih) setelahnya hingga terjaga pagi hari adalah cara terbaik mencegah kerusakan gigi. Penggunaan benang gigi (dental floss) selain sikat gigi, juga amat baik untuk dilakukan, terutama bagi terutama pada mereka yang memiliki susunan geligi yang rapat.

http://artikelkesehatanq.blogspot.com/2010/03/dilarang-minum-susu-sebelum-tidur-awas.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter