Doktrin Agama Syekh Abd al-Karim al-Bantani







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Meskipun rakyat banten memilikiTradisi memberontak,rasanya tanpa ada legitiminasi agama,pemberontakan tidak akan pecah,meski keresahaan sosial memuncak.Doktrin-doktrin keagamaan yang disampaikan Syekh”Abd al-Karim al-Bantani yaitu kedatangan Imam Mahdi, peringatan terakhir Nabi Muhammad Saw.,Mendirikan negara Islam(Dar al-Islam), dan Perang Sabil(Jihad fi sabilillah);yang kemudian disemaikan oleh murid-muridnya seperti Haji Marjuki,Haji Tubagus Ismail,dan Haji Wasid; telah menjadi landasan rasional untuk melakukan pemberontakaan.

Dengan demikian, para pemberontak memahami pemberontakan tersebut sebagai jalan satu-satunya untuk melakukan protes terhadap penguasa kolonial,dimana sebelumnya mereka tidak memiliki atau tidak tersedia cara-cara yang sah untuk menyatakan protes atau perasaan tidak senang terhadap kebijakan kolonial.

Di Eropa kala senja Abad Pertengahan, agama dikambinghitamkan sebagai pembenar kesewenang-wenangan penguasa,bahkan diusir dari ruang publik,dan fungsi sosial-politiknya dikebiri. Padahal,sejatinya,ruh asli agama hadir sebagai simbol perlawanaan terhadap ketidakadilan. Ruh inilah yang ditangkap syekh”Abd Al-Karim al-Bantani.Dia menafsirkan agama secara kreatif revolusioner,yang diracik menjadi sebuah gugus ideologi perlawanan terhadap kolonial. Racikan ideologi itu-mengutip Ali Shariati- menjelma menjadi “sangkakala Israfil” yang membangkitkan jiwa-jiwa masyarakat banten untuk berdiri tegak menantang imperialis Belanda

 

Display Buku
Rp 37.500
Hemat Rp 5.625
Rp 31.875
Judul Doktrin Agama Syekh Abd al-Karim al-Bantani  
No. ISBN 9786021998731
Penulis Hendri F.Isnaeni
Penerbit Diandra Primamitra 
Tanggal terbit September – 2012
Jumlah Halaman 118
Berat Buku 200 gr
Jenis Cover Soft Cover
Dimensi(L x P) -
Kategori Non-Fiksi Umum
Bonus -
Text Bahasa Indonesia ··
Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter