Gejala dan Stadium Kanker Payudara







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Kanker Payudara adalah penyakit yang ditimbulkan oleh peristiwa perubahan sel yang tidak normal dan tidak terkendali. Kanker payudara adalah bagian dari tumor yang ganas dan tumbuh disekitar payudara. Kanker payudara umumnya terjadi pada wanita, dengan pertumbuhan awal berupa benjolan kecil. Kanker payudara dapat juga terjadi pada laki-laki meskipun hanya sekitar 1% dari penderita, dan kanker payudara pada laki-laki hanya terjadi pada usia lanjut.

Lewat aliran darah maupun sistem getah bening, sering sel-sel tumor dan racun yang dihasilkannya keluar dari kumpulannya dan menyebar ke bagian lain tubuh. Sel-sel yang menyebar ini kemudian akan tumbuh berkembang di tempat baru, yang akhirnya membentuk segerombolan sel tumor ganas atau kanker baru.

Gejala-gejala yang Menandakan Adanya Serangan Kanker
yang umum dapat dilihat dan dirasakan:
1. pada payudara timbul benjolan, bentuknya tidak beraturan dan makin lama kian mengeras
2. Bentuk payudara dan ukuran payudara berbeda dengan payudara lainnya
3. Timbul benjolan kecil dibawah ketiak
4. Keluar darah, nanah, atau cairan encer dari puting susu
5. Kulit payudara mengerut seperti kulit jeruk
6. Bentuk atau arah puting berubah, misalnya puting susu tertekan ke dalam

Kanker payudara dapat dideteksi melalui sebuah alat khusus yang di sebut mammograf. Alat tersebut di pakai untuk mendeteksi letak kanker dan bagaimana tingkat keparahannya.

Perkembangan dan pertumbuhan kanker payudara yang berawal dari tumor melalui beberapa stadium:

Stadium I
Bentuk dan ukuran 2 – 2,25 cm, dan tidak terdapat penyebaran (metastase) pada kelenjar getah bening ketiak. Pada stadium I ini, kemungkinan penyembuhan secara sempurna adalah 70 %. Untuk memeriksa ada atau tidak metastase ke bagian tubuh yang lain, harus diperiksa di laboratorium.

Stadium II

ukuran lebih besar dari 2,25 cm dan sudah terjadi metastase pada kelenjar getah bening di ketiak. Pada stadium ini, kemungkinan untuk sembuh hanya 30 – 40 % tergantung dari luasnya penyebaran sel kanker. Pada stadium I dan II biasanya dilakukan operasi untuk mengangkat sel-sel kanker yang ada pada seluruh bagian penyebaran, dan setelah operasi dilakukan penyinaran untuk memastikan tidak ada lagi sel-sel kanker yang tertinggal.

Stadium III

Tumor sudah cukup besar, sel kanker telah menyebar ke seluruh tubuh, dan kemungkinan untuk sembuh tinggal sedikit. Pengobatan payudara sudah tidak ada artinya lagi. Biasanya pengobatan hanya dilakukan penyinaran dan chemotherapie (pemberian obat yang dapat membunuh sel kanker). Kadang-kadang juga dilakukan operasi untuk mengangkat bagian payudara yang sudah parah. Usaha ini hanya untuk menghambat proses perkembangan sel kanker dalam tubuh serta untuk meringankan penderitaan penderita semaksimal mungkin.

Dalam mencegah penyakit kanker payudara sebaiknya periksa payudara anda saat terjadi gejala seperti diatas dan segera periksakan payudara anda dirumah sakit terdekat.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter