Hati-hati Terjebak pada Label Supermom







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Saat mendengar kata Supermom, mungkin yang ada dalam pikiran anda adalah seorang ibu yang jago dalam segala hal. Mereka adalah seorang ibu yang mengatur semua kebutuhan rumah tangga, selalu punya waktu mengantar dan menjemput anak-anak ke sekolah meski mereka juga bekerja full time dikantor.

Supermom adalah ibu yang selalu mendahulukan kebutuhan dan kepentingan keluarga diatas kepentingannya sendiri, serta bersedia menjadi orang yang bisa diandalkan sebagai sukarelawan pada setiap acara sekolah anaknya.Pada dasarnya, seorang Supermom adalah seorang ibu yang memiliki jadwal sangat padat sehingga seringkali pekerjaan yang dikerjakannya tidak selesai dengan baik.

Orangtua adalah guru terbaik dan paling penting dalam kehidupan anak-anaknya. Tak jarang seorang anak akan memperhatikan kemudian meniru apa yang dilakukan orangtuanya, meskipun kelihatannya mereka bahkan tidak mendengarkan omongan orantuanya sekalipun. Menyandang predikant “supermom” bagi seorang ibu terkandang bisa jadi bumerang bagi ibu tersebut, dengan banyaknya sifat-sifat “supermom” yang tidak baik untuk ditiru anak-anak mereka. dibawah ini beberapa sikap “supermom” yang bisa berpengaruh buruk pada perkembangan psikologis si kecil:

Seorang supermom biasanya tidak pernah meminta bantuan dari orang lain, makanya hingga kini masih banyak ibu yang mengerjakan seluruh pekerjaan rumah dan memasak meski mereka bekerja. Alasan mereka melakukan hal tersebut bervariasi, misalnya pasangan mereka yang masih beranggapan mengerjakan pekerjaan rumah adalah tugas seorang ibu, dan anak-anak tidak dibebankan tugas tersebut karena mereka terlalu sibuk dengan tugas sekolah dan berbagai aktifitas mereka. Bagi anak-anak mereka, perilaku ini akan membuat mereka selalu berfikir bahwa, kelak akan ada sesorang yang selalu bersedia mengurus mereka, merupakan suatu kelemahan meminta bantuan orang lain, dan mengurus kebutuhan keluarga merupakan tanggungjawab wanita. Pandangan ini tentu saja bisa berdampak buruk bagi dirinya, dimana kelak ia tidak akan mampu mengurus dirinya sendiri dan selalu mengaharapkan istrinya yang mengurus segala kebutuhannya. Jika keadaan ini terus berlanjut, bukan tak mungkin bisa menyebabkan masalah dalam rumah tangganya.

Seseorang yang terjebak dalam label supermom akan merasa berkewajiban membantu siapapun yang meminta pertolongannya, baik untuk keluarga, sekolah, maupun kegiatan dilingkungannya. Sulit sekali bagi mereka untuk belajar mengucapkan “tidak” pada setiap permintaan orang, meski pada akhirnya kesediaannya membuat jadwalnya makin padat.

Anak-anak memiliki ketertarikan alamiah pada setiap hal-hal baru yang mereka temui serta kecenderungan untuk ikut dalam berbagai aktifitas. Namun, jika anda saja sulit mengatakan tidak pada setiap permintaan orang, maka akan sulit sekali membatasi kegiatan anak anda. Seperti yang anda ketahui kegiatan after school dipenuhi berbagai aktivitas yang menyenangkan, namun, jika padatnya aktifitas membuat nilai anak anda menurun, ada baiknya anda memikirkan kembali yang mana yang harus anda jadikan prioritas untuk anak anda. Dengan mengatakan tidak pada aktifitas tertentu yang dilakukan anak anda juga mengajarkan mereka bahwa dalam hidup ada batasan yang mereka tidak bisa lewati, dan mereka tidak bisa selalu ikut dalam setiap aktifitas yang mereka inginkan. Dengan mengajarkan mereka berkata “tidak” anda berarti mengajarkan pada anak anda untuk berani menolak pada kegiatan negatif yang mungkin dihadapinya kelak, seperti tekanan pergaulan, pergaulan bebas, dan kecenderungan konsumsi obat terlarang.

Masalah lain yang dihadapi oleh supermom yaitu kebutuhan orang lain yang dianggap lebih penting dibanding kebutuhannya sendiri. Pandangan tersebut membuat mereka jarang sekali punya waktu untuk menyenangkan diri sendiri. Memberikan semua waktu anda untuk orang lain bukan hanya bisa menghabiskan energi anda, tetapi juga berpengaruh pada self esteem anda, dimana anda akan selalu mengesampingkan kebutuhan anda dan mengabaikan kesenangan anda demi orang lain. Jika sikap ini ditiru anak anda, bisa berdampak buruk pada mental mereka, karena rendahnya self-esteem bisa membuat anak menderita. Untuk itu sangat penting untuk memberi mereka kebebasan dalam menyampaikan ide-ide mereka. Bahkan jika menurut anda beberapa aktifitas dan ide yang dipilihnya terkesan membosankan, berikan mereka kesempatan untuk menyampaikan ide-ide mereka. sebagai contoh, jika anak anda bersikeras mengecat kamarnya dengan cat hitam, katakan padanya bahwa ia bisa mengecat kamarnya sesuai kemauannnya tersebut, namun hanya pada satu sisi tembok saja, jelaskan alasannya kenapa. Jika orangtua selalu mengatakan sisi baik dan buruk dari sebuah masalah, mereka akan bisa menyuarakan idenya kelak.

Banyak wanita yang menganggap dirinya supermom, ragu untuk mengubah sikap nya. Mereka kerap berfikiran bahwa perubahan tersebut terasa terlampau sulit, dan mereka beranggapan bahwa dirinya terlalu penting dalam setiap aktifitas yang dilakukannya. Para supermom ini harus disadarkan bahwa meski awalnya sulit mengubah kebiasaan mereka, namun keberhasilan anda akan sangat berdampak negatif bagi anak anda, dimana anak anda akan merasa senang melihat ibunya bisa mengurus dan menyenangkan diri sendiri sekaligus menghabiskan moment-moment berkualitas dengan dirinya.

(source: activitiesvillage.co.uk)

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter