Kenapa Idul Fitri Disebut Lebaran







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

setiap tanggal 1 bulan Syawal, umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Fitri. Di negara tetangga, Hari Raya Idul Fitri disebut juga sebagai Hari Raya Puasa. Dalam Bahasa Inggris, disebut sebagai Eid Festival.

Ucapan-ucapan di kartu sering berisi tulisan Eid Mubarak. Nah, di Indonesia, Hari Raya Idul Fitri disebut juga Lebaran. Penyebutan Idul Fitri dengan Lebaran berasal dari Bahasa Jawa.

Di Jawa, Idul Fitri selalu disebut sebagai “bada” yang berasal dari kata “bakda” yang artinya secara gampangnya adalah “setelah” atau “sesudah”. Kalau mau dirunut, kata bakda itu berasal dari kata “ba’da” (Bahasa Arab). Kata bakda merupakan bahasa halus (krama) dari kata lebar (e dibaca seperti pada kata seperti).

Dalam bahasa ngoko, bakda Shubuh dituturkan dengan lebar Shubuh atau kadang orang Jawa lebih senang mengatakan bar Shubuh. Nah, kata lebaran untuk menyebut Idul Fitri diambil dari kata lebar Tidak diketahui benar alasan penyerapan kata lebaran bukan bakdan. Mungkin saja untuk mempermudah pengucapannya. Penggunaan akhiran an pada kata lebar tentu untuk membuatnya menjadi kata benda.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter