Cara Terbaik Menolong Teman yang Menjadi Korban Narkoba







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Punya teman yang terkena narkoba memang buat kita jadi was-was. Boleh jadi kamu langsung menjauhi mereka karena takut terkena getahnya. Waspada memang boleh. Tapi kalau kamu punya kesempatan untuk menolong mereka tentu lebih mulia lagi. Ini ada beberapa saran bagaimana menghadapi teman kitayang terkena narkoba.

– Buatlah persiapan yang matang sebelum berbicara dengan temanmu. Pikirkan secara jernih masalah yang ada beserta fakta-faktanya yang ada. Kumpulkan dulu semua materi yang ada di pikiran dan apa yang mau disampaikan ke temanmu itu. Berdiskusi dengan orang-orang yang dianggap perlu bisa menambah wawasanmu, macam orang tua, guru pembimbing, ulama atau pemuka agama, konselor remaja dsb. Satuyang perlu diingat terus, berbicaralah dengan tenang dan suportif apapun kondisinya.

– Mulailah berbicara dari masalah yang selama ini ada dalam pikiranmu. Misalnya mengenai perubahan yang terjadi pada temanmu. Sekarang dia telah menjadi orang lain yang tidak kamu kenal, dengan bertingkah aneh, lain dari biasanya atau mendadak jadi pendiam dan penutup. Katakan kalau kamu begitu peduli dengan keadaannya dan sangat ingin membantu seandainya dia mengalami masalah. Sebagai langkah pembuka, kamubisa mengatakannya lewat surat.

– Setelah berbicara dari sudut pandang kamu, mintalah temanmu untuk memberikan responnya. Dengar dan simak apayang dia katakan. Tawarkan bantuanmu atau ajaklah dia ke seseorang yang lebih ahli dalam menangani masalah yang ada.

– Suatu masalah tidak bisa diselesaikan hanya dengan satu kali pembicaraan. Dibutuhkan proses yang terus-menerus untuk bisa membimbing temanmu kembali normal. Buatlah waktu untuk bisa bertemu dan berbicara lagi. Biarkan dia tahu kalau kamu begitu ingin membantunya dan tidak segan-segan untuk mendiskusikan masalah tersebut di lain waktu. Sambil menjalani proses, ada baiknya berkonsultasi juga denganorang dewasa yanng mengerti supaya dapat masukan yang membantu.

– Kalau kamu berdua merasa masalah yang ada semakin berat , segera cari bantuan kepada orang tua atau pembimbing lainnya, seperti konselor atau dokter. Satu yang perlu diingat, hubungan kalian berdua dengan para pembimbing tersebut harus kuat atau setidaknya sudah saling mengenal. Kalau kamu kuatir dengan tanggapanyang diberikan oleh orang tua, ada baiknya berbicara terlebih dahulu dengan seorang konselor.

– Menolong teman yang sedang terkena masalah narkoba atau alkohol memang tidak mudah, baik bagi dirimu dan juga temanmu. Kamu mungkin akan merasa sangat tertekan dengan percobaan sulit tersebut.Bisa juga merasa cepat putus asa kalau terasa sulit untuk menyakinkan temanmu untuk berhenti. Satuyang perlu diyakini, keadaan temanmu menjadi pecandu narkoba adalah murni karena keputusanyang dia buat, BUKAN karena kesalahanmu. Dia yang berbuat, maka dia pula yang harus berani untuk berubah. Kamu tidak bisa memaksa atau mengubah dia untuk langsung bertobat. Semakin keras kamu mencoba, semakin susah temanmu disadarkan. Kalau kamu menghadapi situasi seperti ini, cobalah saran-saran di bawah ini :

*

Carilah dukungan dari temanmu atau orang dewasa yang bisa dipercaya.
*

Gunakan waktu bersama seefektif mungkin. Bilamana tidak terlalu mendesak, batasi waktu yang ada. Bagaimanapun juga temanmu adalah pecandu narkoba. Kamu pun punya resikoyang sama dengannya.
*

Mulailah berpikir juga untuk kepentingan dirimu sendiri. Ada baiknya, kalau pikiran sudah jenuh, untuk mencoba mengikuti kegiatan lainyang dapat melupakan sejenak masalah yang ada.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter