Inilah Cara Diabetesi Memeriksa Kakinya







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Neuropati diabetik perifer atau gangguan saraf tepi yang terjadi pada diabetesi (penderita diabetes) kerapkali menyebabkan masalah pada kaki hingga harus amputasi bila tidak terkontrol. Ini terjadi akibat diabetesi tidak bisa lagi merasakan nyeri meski ada iritasi atau infeksi di kaki. Karena itu, memeriksa kaki setiap hari menjadi kewajiban diabetesi. Bagaimana caranya?

1. Periksalah semua sela jari termasuk kuku karena luka bisa berasal dari daerah yang kecil sehingga tidak terlihat jelas.

2. Bila tidak memungkinkan memeriksa kaki sendiri, mintalah anggota keluarga lain untuk memeriksa keadaan kaki Anda.

3. Bersihkanlah kedua kaki dan cucilah setiap hari dengan air hangat tetapi tidak terlalu panas. Sebelumnya Anda bisa mengetes suhu air dengan tangan. Hindari merendam kaki terlalu lama karena jika ada luka terkena air dalam waktu lama dan berulang akibatnya sembuhnya pun lama. Setelah itu keringkan kaki Anda termasuk sela – sela jari dengan handuk kecil yang lembut.

4. Selalu pakai sandal atau sepatu. Kalau perlu pakailah kaus kaki karena mungkin ada sepatu dari bahan tertentu yang bisa menyebabkan kaki iritasi hingga menyebabkan infeksi.

Meski Anda suka memakai stoking, kaos kaki nilon atau yang berbahan tipis, namun kaus kaki berbahan tipis tidak melindungi kaki dengan baik. Jadi sebaiknya pakailah kaus kaki yang berbahan tebal sehingga kaki terlindung cukup baik.

dr. Intan Airlina Febiliawanti
kompas.com

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter