Jika Spidometer Rusak







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Motor saya spidometernya tiba-tiba tidak berfungsi. Jarum terus nyender meski motor sedang digeber. Kira-kira apa permasalahannya, apa harus ganti spidometer baru? Tolong diulas ya MB. Terima kasih…


Jawaban :

Perbaiki Gigi Spidometer

MotoBike – Bila jarum penunjuk kecepatan berhenti bergerak saat tunggangan digeber, mengindikasikan komponen ini bermasalah. Tetapi jangan terburu menyalahkan perangkat mekanis pada panel spidometer assembly. Bisa saja, gigi penggerak yang ada di roda mulai aus.

“Paling mudah dengan mengecek atau memainkan kabel spido secara manual dengan tangan,” jelas Agus dari Galur Motor di kawasan Senen, Jakpus. Caranya mudah kok dan bisa dikerjakan sendiri. Tinggal buka kabel yang menancap di rumah gigi spidometer dengan tang (Gbr.1)

Putar dengan tangan ujung kabel spidometer (Gbr.2) sambil memantau apakah jarum spidometer bergerak naik saat diputar tangan. Bila jarum bergerak naik (Gbr.3), berarti rumah gigi spidometer yang positif bermasalah. Kalau sudah ketahuan begini, solusinya adalah membuka rumah gigi spidometer yang rusak tadi.

Langkah selanjutnya adalah membuka mur pengikat as roda depan dengan kunci pas. Hal ini perlu dilakukan  untuk membuka rumah gigi spidometer yang rusak tadi. Setelah lepas akan terlihat kondisi gir bagian dalam rumah gigi yang sudah aus atau kotor (Gbr 4).

Segera belikan rumah gigi assembly yang baru (Gbr.5) atau berburu versi copotan di sentra limbah. Ada kalanya gigi spidometer yang rusak (Gbr.6) bisa beli jerohannya saja, tetapi ada juga yang harus beli lengkap dengan rumahnya. Untuk motor jenis skutik Yamaha dibanderol sekitar Rp 100 ribuan.

Langkah terakhir adalah merakit kembali rumah gigi spidometer ke tempatnya semula dan pasang kembali kabel spidometer yang sebelumnya sudah dicuci bersih dan diberi pelumas (Gbr.7). Pastikan ujung kabel duduk dengan pas di rumah gigi spidometer saat memasang ujung kabel spidometer.

Putar roda depan dengan tangan dan lihat ke panel spidometer untuk memastikan jarum bergerak naik. Lakukan sekitar 1 menit untuk memastikan kabel dan gigi spidometer tidak macet atau nyangkut.
Mudah kan?

 

http://mymotobike.com/q_and_a/read_question/1271/Jika_Spidometer_Rusak

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter