Kanker Kepala dan Leher Akibat Tidak Menjaga Kebersihan Mulut







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Sudah lama diketahui bahwa penyakit gusi (periodontitis) yang persisten dapat menyebabkan penyakit jantung. Kini sebuah penelitian baru menyatakan bahwa penyakit gusi juga mungkin dapat menjadi faktor resiko dari kanker kepala dan leher.

Penyakit gusi pada dasarnya merupakan kerusakan jaringan gusi dan pendukung gigi akibat proses peradangan yang bisa disebabkan oleh iritasi bakteri plak. Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik, misalnya akibat malas menyikat gigi ataupun karena menyikat gigi yang tidak bersih, dapat menyebabkan penumpukan bakteri plak yang selain dapat menimbulkan lubang gigi juga dapat menimbulkan terjadinya peradangan pada gusi.

Dalam penelitian ini tingkat keparahan penyakit gusi dilihat berdasarkan banyaknya tulang pendukung gigi (alveolar) yang hilang yang dilihat melalui foto sinar x. Semakin banyak tulang alveolar yang hilang, maka semakin parah tingkat dari penyakit gusi yang diderita.

Ternyata dari setiap milimeter tulang alveolar yang hilang, resiko kanker kepala dan leher meningkat lebih dari 4 kali lipat. Bahkan hubungan ini ditemukan juga pada pasien yang tidak pernah merokok ataupun mengkonsumsi alkohol. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol jugaperiodontitis merupakan faktor resiko dari kanker mulut.

Peneliti menambahkan bahwa perlu dilakukan penelitian lagi untuk mengkonfirmasi hasil temuan ini.

Sumber: Gum disease linked to head and neck cancer

http://gigisehatbadansehat.blogspot.com/2009/09/kanker-kepala-dan-leher-akibat-tidak.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter