Ketupat Lemak Yang Nyaris Punah







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Ketupat sudah pasti menjadi menu wajib setiap kali Lebaran tiba. Menu utama dari beras ini biasanya dilengkapi dengan berbagai macam menu pendamping lainnya, seperti opor ayam, sambel ati, rendang dan lainnya.

Tapi yang ingin dibahas kali ini adalah Ketupat Lemak, makanan Lebaran khas Kalimantan yang bisa dikatakan nyaris punah.

Dulu Ketupat Lemak dikenal karena keunikan rasanya dan selalu disajikan setiap Idul Fitri. Sayangnya, sekarang Ketupat Lemak nyaris hanya tinggal cerita.

Ketupat pada umumnya terbuat dari beras. Sementara Ketupat Lemak memakai bahan ketan. Karena menggunakan ketan, maka pada proses pembuatannya juga memakai kelapa sebagai santan untuk penambah gurih. Tak lupa ditambahkan daun pandan agar aromanya semakin menggiurkan.

Perbedaan lainnya, bila pada ketupat umumnya tidak boleh diisi penuh beras ke dalam selongsong ketupat (saat dimasak, beras akan mengembang), sementara pada ketupat lemak justru ketan harus diisi penuh.

Jika sebagian dari Anda memang pernah menikmati Ketupat Lemak dan ingin kembali menghadirkan makanan ini di saat Lebaran nanti, jangan khawatir, Anda bisa melihat resep dan cara membuat ketupat Lemak berikut ini.

Bahan untuk 10 Ketupat:

– 1 kg ketan putih,
– 1/2 kg kelapa parut
– Daun kelapa muda sebagai selongsong ketupat
– Daun pandan
– Garam secukupnya.

Cara membuat:

1. Kelapa parut diperas dengan air masak. Bubuhkan setengah sendok garam pada santan hasil perasan.
2. Masukkan daun pandan ke dalam santan.
3. Cuci ketan putih, lalu masukkan ke ketupat dari daun kelapa muda.
4. Ketan yang dimasukkan ke ketupat harus penuh.
5. Masukkan ketupat ke panci yang berisi santan. Ketupat yang sudah direbus harus sering bolak-balik, agar santan tidak pecah.
6. Rebus santan hingga santan mengering.
7. Makanan disajikan dengan rendang daging, opor ayam, sambal kentang atau sambal nanas.

Catatan: Ketupat bisa membuat sendiri, atau beli sudah jadi. Ketupat dari daun kelapa muda direndam dalam air semalam, agar daunnya tetap segar.

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter