Keutamaan Mengkhatamkan Al-Quran







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Allah Taala berfirman: “Bulan Ramadhan itulah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an yang menjadi petunjuk bagi manusia, dan menjadi keterangan-keterangan dari petunjuk itu dan membedakan antara yang hak dan yang bathil. Maka barang siapa diantara kamu melihat bulan itu hendaklah ia berpuasa.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Ya benar, Ramadhan sudah menginjak hari ketujuh, yah paling tidak itu sewaktu tulisan ini dibuat. hehehe… Banyak hal yang membedakan Ramadhan dengan 11 bulan lain, yang paling signifikan adalah kualitas dan kuantitas ibadah kita. Beberapa orang bahkan membuat target-target ibadah Ramadhan. Dan tulisan saya kali ini topiknya tidak jauh-jauh dari target Ramadhan. Jangan khawatir! saya tidak akan bercerita panjang lebar tentang target Ramadhan saya tahun ini, selain membosankan bagi pembaca mungkin juga tidak bagus untuk saya sendiri karena berurusan langsung dengan kelurusan niat saya kedepannya. Hehehe…

First of all, kita bahas dulu keutamaan Membaca Al Quran :

Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al Quran dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

Al-Quran merupakan petunjuk bagi kita untuk menjalankan ajaran islam. Tetapi bagaimana mungkin kita dapat mengetahui petunjuk itu, kalu tidak mau membacanya. Membaca Al-Quran sampai tamat merupakan perintah Rasulullah SAW. Para sahabat dan para ulama sangat gemar membaca dan menggali ilmu-ilmu Al-Quran. Mereka terus membaca dan mengkhatamkannya secara rutin. Inilah beberapa keutamaan mengkhatamkan Al-Quran:

1. Merupakan amalan yang paling dicintai Allah SWT. Hal ini berdasarkan pada hadits riwayat Tirmidzi di atas, bahwa membaca Al-Quran dari awal hingga akhir merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Bila Allah SWT mencintai hamba-Nya yang mengkhatamkan Al-Quran, maka Allah SWT akan memberikan rahmat dan ridho kepadanya.
2. 2. Orang yang mengikuti khataman Al-Quran, seperti mengikuti pembagian ghanimah. Dari Abu Qilabah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menyaksikan (mengikuti) bacaan Al-Quran ketika dibuka (dimulai), maka seakan-akan ia mengikuti kemenangan (futuh) fi sabilillah. Dan barangsiapa yang mengikuti pengkhataman Al-Quran maka seakan-akan ia mengikuti pembagian ghanimah.” (HR. Addarimi)
3. Didoakan oleh malaikat. Dari Mus’ab bin Sa’d, dari Sa’d bin Abi Waqas, beliau mengatakan, “Apabila Al Quran dikhatamkan bertepatan pada permulaan malam, maka malaikat akan bersalawat (berdoa) untuknya hingga subuh. Dan apabila khatam bertepatan pada akhir malam, maka malaikat akan bershalawat/berdoa untuknya hingga sore hati.” (HR. Addarimi.)
4. Mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Dari Abdullah bin Amru bin Ash, beliau berkata, “Wahai Rasulullah, berapa lama aku sebaiknya membaca Al Quran?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam satu bulan.” Aku berkata lagi, “Sungguh aku mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam dua puluh hari.” Aku berkata lagi, “Aku masih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima belas hari.” “Aku masih lebih mampu lebih dari itu, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam sepuluh hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.” Beliau menjawab, “Khatamkanlah dalam lima hari.” Aku menjawab, “Aku masih lebih mampu lagi, wahai Rasulullah.” Namun beliau tidak memberikan izin bagiku. (HR. Tirmidzi)
5. Keterangan itu menjelakan kepada kita, betapa besarnya keutaman seseorang yang mengkhatamkan Al-Quran. Tetapi kita rasanya cukup berat. Ini diakibatkan karena faktor malas. Jangankan untuk waktu sebulan, setahun pun kadang-kadang tidak tamat. Bahkan ada juga yang belum pernah menghatamkan Al-Quran, walaupu hanya sekali dalam hidupnya. Kita lebih senang membaca koran dibandingkan dengan membaca Al-Quran. Ayo kita berusaha keras untuk membaca Al-Quran dan mengkhatamkannya.

Tapi sebelumnya perhatikan pula keterangan berikut:

Rasulullah SAW bersabda kepada Sati Aisyah: “Wahai Aisyah, janganlah terburu-buru tidur sebelum engkau melakukan empat perkara, yaitu:

1. Menghatamkan/menamatkan bacaan Al-Quran
2. Menjadikan para Nabi sebagai penolongmu pada hari Kiamat nanti
3. Membuat umat Islam rela kepadamu
4. Melaksanakan ibadah haji dan urah

Lalu belia masuk, shalat, dan aku tetap di tempat tidurku, hingga Beliau SAW selesai shalat. Sesudah itu aku pun bertanya” Ya Rasulullah, kenapa aku disuruh melakukan empat perkara yang tidak mungkin aku mampu melakukannya di saat in? Maka Beliau SAW tersenyum dan bersabda: ”Jika engkau membaca surat al-Ikhlash sebanyak 3x, berarti sama dengan mengkhatamkan bacaan AL-Quran. Dan jika engkau bershalawat kepadaku dan para nabi terdahulu, berarti kami menjadi penolongmu kelak di hari Kiamat. Dan ketika kamu beristighfar bagi umat islam seluruhnya, berarti mereka ridha kepadamu. Dan ketika engkau mengucapkan: Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illalaah wallahu akbar, berarti engkau telah berbuat haji da umrah

Nah , ada semangat kan buat mengkhatamkan Al Quran. berhubung mengkhatamkan Al Quran sangat di anjurkan , apalagi pada bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, saya bagi tipsnya . .

kenali medan perang Anda. Dalam hal ini, 30 juz Al-Qur’an lah yang menjadi menjadi medan perang Anda. Cara untuk mengenali mudah yaitu dengan membuka Al-Qur’an Anda dan hitung jumlah halaman totalnya. Contoh: Saya memakai Al-Qur’an terbitan Syamil, dan jumlah 30 juznya adalah 604 halaman. Banyak ya?? Ya memang, tapi jangan khawatir karena ternyata 1 juz Al-Qur’an hanya sebanyak 21 halaman saja. Masih terlihat banyak?? yasudah konversi saja ke satuan lembar, maka 1 juz = 10 lembar 1 halaman, anggaplah 1 halaman ibarat bonus yang bisa diabaikan karena pasti selalu dibaca. hehe.. Jadi, kesimpulan tips pertama adalah percayalah bahwa 1 juz Al-Qur’an hanya 10 lembar saja.

Tips kedua adalah, tentukan titik-titik waktu yang paling menyenangkan untuk membaca Al-Qur’an, seperti misalnya pagi hari, sehabis mandi, dan lain sebagainya. Usahakan tentukan lebih dari satu titik, lebih banyak titik waktu lebih baik. Bingung menentukan titik?? Yasudah, ikuti saja titik-titik waktu yang biasa saya gunakan yaitu sesudah/sebelum melakukan sholat 5 waktu. Jadi, kesimpulan tips kedua adalah jadikan waktu sesudah/sebelum sholat sebagai waktu-waktu yang paling menyenangkan untuk membaca Al-Qur’an, maka seandainya n adalah variabel banyaknya waktu nyaman maka didapat n = 5.

Tips ketiga adalah alokasikan tips pertama ke dalam tips kedua. Di sini perlu sedikit ilmu matematika yang biasa disebut dengan pembagian. Pertanyaan yang harus dijawab di tips yang ketiga adalah “Berapa jumlah lembar yang harus dibaca dalam satu titik nyaman membaca Al-Qur’an yang dimodelkan dengan L = B/n ??, dimana B adalah jumlah lembaran dalam 1 juz, dan n adalah banyaknya waktu nyaman.” Dari Tips pertama dan kedua didapat persamaan B = 10, dan n = 5, jadi L = 10/5 = 2.

Terakhir simpulkan sendiri makna angka 2 yang didapat dari Tips ketiga tersebut. Malas menyimpulkan?? Ya,,ya,,OK biar saya yang menyimpulkan. Artinya Cukup dengan membaca 2 lembar (4 halaman) Al-Qur’an setiap sehabis sholat selama bulan Ramadhan ini maka Anda akan mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali di Ramadhan ini.

Sekedar tambahan, syarat wajib untuk menjalankan tips ini adalah KONSISTEN. Konsisten untuk membaca Al-Qur’an minimal 2 lembar (4 halaman) setiap sehabis sholat.

Lalu bagaimana dengan dengan yang ingin mengkhatamkan lebih dari satu kali selama Ramadhan ini. Ada 2 cara yang sama mudahnya : Pertama, Kalikan jumlah lembar yang dibaca (4 lembar untuk 2X Khatam, atau sekalian 10 lembar untuk 5 kali khatam). Kedua, tambah titik waktu nyaman untuk membaca Al-Qur’an sebanyak-banyaknya (misal: tidak hanya sehabis sholat wajib, tapi juga sehabis sholat sunah, sehabis mandi, atau sehabis makan. hehehe).

Bagi yang baru niat untuk mengkhatamkan al quran , anda bisa menghitung-hitung sendiri target yg harus diperlukan untuk mengkhatamkan al quran dalam 3 minggu paling tidak . hehe

Semoga Bermanfaat :)

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter