Kiat Berolahraga Saat Puasa







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Olahraga adalah aktivitas yg sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran. Di saat puasa, tubuh manusia mulai beradaptasi dengan pola makan puasa di pekan kedua. Menurut praktisi kesehatan, Dr Phaidon L Toruan MM, berolahraga saat puasa memberi manfaat detoksifikasi dan pembersihan darah.

Toruan menjelaskan, olahraga membuat pergerakan usus menjadi lebih cepat, sehingga proses pembuangan sisa kotoran jadi lebih baik. Hal tersebut lebih bagus lagi jika dikombinasikan dengan lebih banyak mengkonsumsi serat, yang biasanya terdapat pada buah dan sayuran.

Serat akan membantu menyapu ampas makanan dari usus. Selain itu, karena secara otomatis asupan makanan berkurang, maka volume sisa makanan juga berkurang. ”Olahraga saat puasa sebaiknya olahraga di sore hari,” kata dokter yang sering menangani atlet nasional ini. Karena pergerakan usus yang cepat akan membuat lapar.

Olahraga akan meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatannya bisa mencapai 10 – 15 kali lipat. Artinya peluang untuk menjadi lebih kreatif terbuka. Tambahkan kondisi ini dengan darah yang lebih “bersih” karena sedang menjalani detoksifikasi

Berdasarkan kebiasaan berolahraga, pada dasarnya orang dibagi menjadi tiga macam: mereka yang tak pernah berolahraga, mereka yang rutin berolahraga, dan atlet. Bagi pemula yang tak pernah olahraga, lalu mau ambil keputusan olahraga saat puasa, disarankan memulainya sekitar 30 menit sebelum buka.

Bagi yang bermasalah dengan penyakit (misal diabetes, sakit jantung, stroke) dan ingin olahraga untuk hidup sehat, konsultasikan dulu dengan dokter. Kalau perlu selalu siapkan tindakan pencegahan. Siapkan tensimeter digital dan obat yang diperlukan.

Bagi yang biasa olahraga, bisa disesuaikan dengan tujuan. Bila ingin menggurangi lemak, maka 45 menit – 1 jam sebelum buka adalah waktu terbaik. ”Asal olahraganya tidak dengan intensitas tinggi,” kata penulis buku Fat Loss not Weight Loss

Bagi atlet atau yang senang olahraga keras, waktu terbaik untuk mulai adalah sekitar pukul 20.30 atau dua jam usai makan. Bila buka puasa pukul 18.00 dan makan pukul 18.30, maka waktu 2 jam sudah cukup untuk perut diajak olahraga. Tubuh sudah mulai mengosongkan isinya.
Khusus atlet, pastikan masuk cairan dulu sekitar 2 liter mulai dari buka sampai dengan mulai olahraga. Karena tubuh berada dalam status dehidrasi setelah 14 jam puasa. Jaga durasi maksimal olahraga 1,5 jam. Supaya tubuh tidak mengalami overtraining. Dan, jangan lupa, minimal 1 liter air sampai waktu tidur masuk ke dalam tubuh.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter