Kiat Menciptakan Cinta yang Sehat







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

SETIAP hubungan memerlukan dasar yang kuat untuk bisa bertahan lama. Lantas, bagaimana dengan hubungan yang terjalin dalam ikatan pernikahan? Menurut Dra Clara Istiwidarum K, MA, CPBC, psikolog dari Jagadnita Consulting, ada beberapa rahasia sukses menuju cinta yang sehat agar tidak membuat hubungan terasa melelahkan.

“Hubungan yang rutin kalau sudah bikin lelah itu pasti ada sesuatu. Artinya hubungan sudah tidak sehat disebabkan oleh komunikasi yang tercipta selalu tegang dan hambar. Karena itu, harus ada keinginan dari dua pihak untuk memperbaikinya,” ungkap Clara ketika dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Minggu (17/2/2008).

Menurut wanita ramah ini, salah satu langkah yang harus ditempuh ketika salah satu merasa hubungan tengah bermasalah ialah mencoba untuk berkonsultasi dengan psikolog atau dengan lembaga married consulting. Dengan demikian, ada pihak ketiga yang dapat menyadarkan mereka bahwa hubungan tersebut sedang bermasalah. Selain itu, langkah lain yang harus dilakukan kedua belah pihak ialah introspeksi diri masing-masing.

Masih menurut Clara, dalam sebuah ikatan pernikahan, biasanya sudah tidak ada lagi saya yang benar dan kamu yang salah atau saya yang menang dan kamu yang kalah. Yang ada adalah kita.
“Karena itu, langkah yang harus dilakukan adalah dengan mengecek pola komunikasi yang diterapkan seperti apa. Baik dengan kata-kata verbal maupun bahasa tubuh,” paparnya. Pola komunikasi yang baik dan didukung dengan sikap tubuh akan membuat pasangan merasa dihargai. Mendengarkan dengan hati tanpa melakukan aktivitas lain membuat pasangan merasa tidak dilecehkan. “Karena dari bahasa tubuh (mata, telinga, dan hati), dapat menjadi landasan bagi setiap orang untuk menghargai pasangannya,” kata Clara.

Menurutnya lagi, tidak hanya melalui komunikasi verbal sebagai rutinitas yang harus diterapkan di sini, namun juga kepekaan terhadap pasangan. “Misalnya ketika suami capek baru pulang kerja atau istri capek mengurus rumah tangga, kita harus tahu perasaan pasangan saat itu,” imbuhnya.

Faktor lain yang disarankan Clara adalah jangan segan untuk menunjukkan sikap menghargai pasangan. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan bersentuhan setiap hari. Menurutnya, saling bersentuhan adalah kebutuhan vital insan manusia.

Sentuhan dapat memberikan kekuatan untuk membuat seseorang nyaman dan merasa dicintai, dihargai, dikagumi dan dilindungi. Karena itu, meski setiap pasangan memiliki masa surut, tetapi kasih sayang yang dapat dilakukan dengan bersentuhan tidak pernah berubah. “Semakin pintar menjaga cinta bersama dengan pasangan, maka hubungan akan semakin kuat,” pungkasnya. Semoga berhasil!

http://nurfahmi.wordpress.com/2008/02/18/kiat-menciptakan-cinta-yang-sehat/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter