Lampu Sein Sepeda Motor







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Ada apa dengan lampu sein sepeda motor? Kita sadari bahwa alat komunikasi kita saat berkendara di jalan, secara resmi adalah klakson dan lampu. Untuk lampu sendiri terbagi ke dalam beberapa tipe lampu yaitu mulai dari lampu jauh, lampu dekat, lampu senja, lampu rem, lampu stop dan lampu sein kanan – kiri.

Sebagai alat komunikasi tentu saja kita tidak boleh salah menggunakannya karena dampaknya adalah persepsi atau asumsi yang keliru dari lawan “bicara” kita.

Penggunaan lampu sein yang salah terbagi dalam 3 kondisi, yaitu:

Tidak menyalakan lampu sein saat akan berbelok. Tentu saja pengendara di belakang anda tidak dapat mengantisipasi jika anda tiba-tiba berbelok. Untuk amannya adalah nyalakan lampu sein 3 detik sebelum berbelok tetapi apabila dalam rentang waktu tersebut anda melewati persimpangan selain yang akan anda tuju, akan lebih baik bila kita menyalakan lampu sein setelah persimpangan tersebut. Hal ini untuk menghindari persepsi yang keliru dari pengguna jalan yang lain.

Lupa mematikan lampu sein setelah berbelok. Bila ini kita lakukan, pengendara yang lain pasti berpikir bahwa anda akan berbelok atau berpindah lajur, padahal anda lurus-lurus aja. Hampir semua mobil yang saya tahu sudah otomatis mematikan lampu sein setelah selesai berbelok, kecuali yang rusak :)   Sedangkan untuk motor, saya baru melihat Pulsar yang mempunyai sistem otomatis seperti mobil, setelah berbelok, lampu sein akan mati. Untuk motor saya yang dulu (Yamaha F1Z) dilengkapi dengan bunyi yang cukup keras, untuk mengingatkan kita, bahwa lampu sein dalam kondisi menyala. Sedangkan motor yang lain hanya mengandalkan display lampu di area speedometer. Jadikan kebiasaan kita untuk melihat speedometer setelah berbelok atau menekan switch lampu sein. Hal harus dilatih.

Menyalakan lampu sein kanan saat akan berbelok kekiri atau sebaliknya. Ini merupakan kesalahan yang sering terjadi juga. Biasanya karena lupa mematikan lampu sein dalam tikungan sebelumnya atau anda berada dalam kondisi yang membingungkan, apakah harus ke kanan atau ke kiri. Bila terjadi secara cepat atau tiba-tiba, tentu saja akan menimbulkan persepsi yang salah oleh pengendara yang lain.

Bertindak aman hanya dari lampu sein karena salah komunikasi dapat berakibat salah tindakan dan berpotensi terjadinya kecelakaan.

http://www.hidupaman.com/index.php/lampu-sein-sepeda-motor.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter