Latihan Peregangan Saat Kantuk Menyerang







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Tubuh membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan kebiasaan. Seperti waktu tidur berkurang selama berpuasa Ramadhan, yang akhirnya menyebabkan kantuk menjelang siang. Perubahan kebiasaan ini tak lantas menghambat aktivitas kerja Anda. Jadi, siasati rasa kantuk dengan melakukan gerakan ringan seperti peregangan.

Spesialis kedokteran olah raga, dr Grace Tumbelaka, SpKO, menjelaskan gerakan peregangan semacam ini bisa memperlancar aliran darah ke otot, sehingga rasa kantuk bisa berkurang.

“Melakukan peregangan bisa mengatasi kantuk, sama halnya ketika badan pegal atau kaku yang menjadi lebih lentur dengan peregangan,” kata dr Grace, dalam acara berbuka puasa bersama Alchemy, Jakarta, Kamis (12/8/2010) lalu.

Lakukan peregangan minimal 10 hitungan untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja selama berpuasa. Gerakannya sederhana seperti saat peregangan tubuh ketika akan memulai olahraga. Anda juga bisa mempraktekkan gerakan yoga dasar yang sifatnya peregangan, bukan gerakan yoga dengan intensitas atau frekuensi berat.

“Peregangan bisa dilakukan kapan saja sepanjang waktu berpuasa, dan boleh dilakukan di pagi hari,” imbuh dr Grace, menambahkan aktivitas fisik sebaiknya tidak dikurangi saat berpuasa karena hanya akan membuat tubuh menjadi malas.

Namun perlu juga dipahami, penyebab kantuk bukan hanya karena waktu tidur yang berkurang (atau tidur terlalu larut), tetapi juga karena pilihan makanan saat sahur. Mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur bisa mempengaruhi kondisi fisik Anda. Setidaknya tubuh terjaga kesegarannya hingga datang waktu berbuka dan tidak mudah lemas.

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter