Makanan Khas Idul Fitri Yang Ga Boleh Terlewatkan




DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Makanan Utama

1. Ketupat
Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara berbahan dasar beras yang dibungkus dengan selongsong terbuat dari anyaman daun kelapa (janur). Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran, ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Makanan khas yang menggunakan kupat antara lain: kupat tahu (Grabag, kabupaten Magelang), dan kupat glabet (Kota Tegal). Ketupat juga sering dihidangkan dengan sate. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Brunei dan Singapura. Pokoknya kalo ane ga lebaran ga ketemu ketupat mendingan aja deh

2.Opor Ayam:
Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng ati. Percuma emak ane suka bikin ketupat kalo ga ada makanan yang satu ini

3.Rendang
Rendang daging adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari Sumatera Barat, Indonesia ini sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri.

Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa(karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak). Nah ini dia nih yang paling ane suka… dicampur make opor ayam + ketupat .. Pokoke maknyus

4. Sambal Goreng Ati Kentang:
Siapa sih yang ga tau sama ini makanan .Makanan yang merupakan teman setia dari opor ayam dan ketupat.. biasanya sih ibu ane nambahin pete.. jadi punya ane biasanya minta dipisahin

5.Sate
Sate atau kadangkala ditulis satay atau satai adalah makanan yang terbuat dari potongan daging (ayil,dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu (bergantung pada variasi resep sate). Sate…. emang maknyus dah… apalagi dapet ngipas sendiri.

 

KUE KERING DAN SNACK

1. Kue Nastar
Nastar adalah sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh. Entah kenapa gw sekarang udah mulai bosen ama kueh yang satu ini

2. Kue Stick Keju:
Sejenis kue kering dari adonan tepung terigu, mentega , telur dan keju tentunya yang dilapisi dengan parutan keju.Bentuknya biasanya persegi panjang dan renya kalo dimakan karena parutan kejunya mengering. Kue yang biasa ane makan setoples

3. Keripik Singkong Keju:
Kripik singkong dengan ditaburi bumbu keju yang mantap. Paling enak dimakan sambil nonton tipi atau maen monopoli ama sepupu

4.Kacang Goreng
Kacang tanah yang digoreng terus dipakein garem sama bawang goreng. Cocok buat ngemil

5.Snack Stick Keju

 

Minuman Maknyus

1.Es Teh Manis
Kalo ini pasti tau lah… Pokoke Maknyus

2. Kolang kaling Fanta:
sory nyebut brand karena emang biasanya dibuatnya make itu ko
pokoke maknyus

3. Soft Drink:
Sory sekali lagi nampilin Brand.. ga maksud promosi tapi emang biasanya ibu ane bli berkrat-krat buat keluarga besar.. maknyus deh

http://blog.unsri.ac.id/kaskuserr/bikin-laper-gan/makanan-khas-idul-fitri-yang-ga-boleh-terlewatkan/mrdetail/5861/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!