Malas Gerak Bahayanya Hampir Sama Seperti Merokok







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Saat ini banyak orang yang malas gerak (mager) dan lebih senang berleha-leha. Tapi sebaiknya hindari kebiasaan ini, karena kurang gerak atau tidak beraktivitas sama bahayanya seperti merokok.

Sebuah studi baru menunjukkan tidak bergerak dengan cukup atau malas gerak memiliki bahaya terhadap kesehatan yang sama seperti merokok. Dalam penelitian yang diterbitkan The Lancet diketahui 5,3 juta kematian di seluruh dunia akibat kurang aktif secara fisik.

Sementara itu sebagai perbandingan, kematian akibat rokok di seluruh dunia mencapai 5 juta. Hal ini menunjukkan kurangnya aktivitas memiliki ancaman bahaya yang sama seperti merokok.

“Kurangnya aktivitas fisik memiliki dampak besar pada kesehatan dunia. Bahkan, dampaknya bisa sebanding dengan merokok,” ujar I-Min Lee, ScD, epidemiologi dari Harvard School of Public Health, seperti dikutip dari WebMD.

Meski begitu Timothy Armstrong, PhD, selaku coordinator of the surveillance and population-based prevention program for the World Health Organization (WHO) di Jenewa, Swiss menuturkan kurangnya aktivitas fisik menempati urutan keempat sebagai faktor risiko utama penyakit kronis setelah tekanan darah tinggi, penggunaan tembakau dan kolesterol tinggi.

Peneliti mengungkapkan di seluruh dunia orang-orang terlalu mengandalkan mobil dan jenis trasnportasi bermotor lainnya ketika bepergian, terlebih saat berada dikantor orang lebih banyak menghabiskan waktu di meja.

Kondisi yang sama juga terjadi pada remaja dan anak yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton televisi atau bermain video game dibanding bermain di taman. Padahal kurangnya aktivitas ini berperan dalam hampir setiap penyakit kronis yang ada.

“Kita tetap harus menjaga rokok sebagai musuh masyarakat nomor 1, tapi kita juga harus mengimbanginya dengan melakukan gerakan aktivitas fisik,” ujar John P Thyfault, PhD dari University of Missouri’s School of Medicine.

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi malas gerak ini adalah cobalah memulai dengan jalan kaki beberapa meter saat pergi dan pulang kerja, bangun dari tempat duduk setiap beberapa waktu dan berjalan ke sekitar, serta menyempatkan diri untuk melakukan olahraga.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter