Melatih Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Memasak







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Ada banyak cara melatih keterampilan anak usia dini. Salah satunya dengan mengajak anak memasak atau membuat kue. Selain menyenangkan, anak akan terlatih untuk percaya diri dan mengenal makanan sehat.

Anda mungkin berpikir memasak atau membuat kue dengan anak usia dini bakal merepotkan. Tapi dengan berbekal kesabaran dan sedikit persiapan, waktu Anda di dapur dengan buah hati Anda akan terasa menyenangkan. Ketika memasak, balita Anda akan dapat mengenal aktivitas apa saja yang dapat ia kerjakan sendiri.

Jadi Anda harus cermat memilih resep kue atau masakan sederhana yang dapat dikerjakan anak dengan hanya sedikit saja bantuan dari Anda. Misalnya, mencetak adonan dengan cetakan kue berbentuk beragam binatang atau menuang terigu ke dalam wadah.

Ada banyak tugas yang dapat dilakukan anak usia dini saat memasak di dapur. Intinya, memberikan anak tugas yang sesuai tingkat kemampuan mereka dan menyenangkan. Beberapa tugas yang dapat dilakukan balita saat memasak bersama, seperti:
• mengaduk adonan kue
• membersihkan sayuran, seperti bayam atau kangkung
• menambahkan bumbu masakan
• mencetak kue

Kegiatan memasak memiliki banyak manfaat, antara lain:
• Meningkatkan rasa percaya diri
Anak usia dini biasanya senang bila bisa menunjukkan kalau ia mampu melakukan sesuatu dengan baik. Membuat kue atau masakan sederhana akan mendorong rasa percaya diri anak karena ia merasa telah berhasil menyelesaikan tugasnya hingga selesai dan hasil masakan menjadi bukti keberhasilannya.

• Merangsang minat anak pada makanan
Kebanyakan anak sangat pemilih dalam soal makanan. Beberapa bahkan tidak mau mencicipi makanan yang tidak biasa ia konsumsi. Dengan membawa anak ke dapur, anak akan mengenal beragam bahan masakan baru yang jarang ia makan. Saat mengenalkan jenis-jenis bahan masakan, Anda dapat sekaligus mengajarinya mengenai makanan sehat yang penting bagi tubuhnya.

• Melatih keterampilan dasar
Keterampilan dasar seperti berhitung dan pengenalan warna penting bagi anak usia dini. Dan ini dapat diajarkan dengan mudah ketika memasak. Misalnya dengan menghitung jumlah telur atau mengenalkan warna-warna bahan masakan. Atau saat Anda membacakan resep pada anak, ia akan mempelajari beberapa kosa kata baru, seperti bumbu masakan yang jarang ia dengar sehari-hari.

Memasak dapat menjadi proses belajar yang dinikmati oleh anak usia dini. Namun yang perlu diingat, Anda harus selalu berada dekat putra atau putri Anda dan mengawasi segala tindakannya.

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter