Mengenal diri kita lewat musik







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Musik bukan sekadar peranti buat manjain kuping. Musik juga bisa dijadiin peranti buat mendeteksi kepribadian kita!

Yoi. Seorang psikolog bernama Dr. Samuel D. Gosling dari Department of Psychology, University of Texas, Austin, USA, bilang begitu. Pak Samuel cerita kalo selama dua tahun penuh dia dan koleganya di kampus, Dr. Peter J. Rentfrow, bela-belain mengamati sepuluh ribu orang yang berasal dari berbagai negara, ketika sedang mendengarkan musik. Alesannya: mereka penasaran kenapa semua orang sepertinya nggak bisa hidup tanpa musik?!

Apa yang bikin Pak Samuel penasaran kalo dipikir-pikir masuk akal juga. Hari gini, musik emang menyusup dalam setiap lini kehidupan kita. Di rumah, di kantor, di mobil, di restoran, di klab, di…. Pokoknya di mana-mana deh! Yang namanya musik tuh nggak pernah absen berseliweran.

Buat yang nggak suka mikir berat, kenyataan ini dianggap nggak lebih sebagai sebuah hiburan aja. Buat nyeneng-nyenengin kuping, buat memancing badan bergoyang, buat penyemarak suasana! Tapi, kalo diperhatiin lebih jauh, kayaknya emang ada sesuatu yang “lebih” dalam musik ya?

“Betul! Pada tahun 2003 lalu, dua orang peneliti psikologi dari Amerika bernama Mehl dan Pennebaker menemukan bahwa frekuensi orang mendengarkan musik mencapai 14 persen dari their waking lives lho. Lalu, dari penelitian-penelitian yang lain, saya juga menemukan bahwa musik kerap dipergunakan sebagai alat untuk terapi psikologi. Sebab, katanya music, mind, and cognitive, itu saling terkait. Simpelnya, musik bisa mempengaruhi perasaan dan pikiran seseorang,” beber Pak Samuel.

Mengembangkan apa yang udah ditemukan oleh temen-temen seprofesinya tersebut, Pak Samuel dan Pak Peter kemudian membuat penelitian tentang: the links between music preferences and personality. Dalam hasil penelitian berjudul The Do Re Mi’s of Eeveryday Life: The Structure and Personality Correlates of Music Preferences.

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter