Menghadapi Anak Susah Makan







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Anak Anda susah makan? Sebelum itu terjadi, sebaiknya Anda perlu mewaspadai sejak dini pola makan anak Anda.Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr. dr. Rini Sekartani, SpA menjelaskan, untuk anak usia satu tahun ke atas memiliki porsi makan yang tidak hanya susu tapi juga didukung oleh makanan pendamping sejak usia enam bulan.

“Enam bulan pertama, bayi harus mendapat ASI eksklusif. Setelah itu harus mendapat makanan pendamping ASI. Kalau transisi ini terganggu, misalnya anak hanya diberik ASI, maka pada usia satu tahun ke atas akan terus mengkonsumsi susu,” kata dr. Rini saat Talkshow “Bagaimana Membentuk Seorang Anak Yang Sehat, Cerdas, dan Berkualitas” di Jakarta, Sabtu, 10 Oktober 2009.

Dengan terus mengkonsumsi susu, kata dr. Rini, anak akan cepat kenyang dan akibatnya sulit makan. “Apalagi dengan susu yang iklannya mengklaim pengganti makan, akan membuat perut anak cepat kenyang,” katanya.

Padahal, nutrisi untuk anak perlu dipenuhi juga dengan karbohidrat dan vitamin selain protein dari susu.

Kecukupan nutrisi pada anak berusia lebih dari setahun tidak bisa diidentikkan dengan kenaikan berat badan.

Menurut dokter Rini, anak di atas usia satu tahun tidak mengalami kenaikan berat badan selama tiga bulan tidak akan masalah. Berbeda dengan bayi yang setiap bulannya harus mengalami kenaikan berat badan.

Sulitnya makan pada anak juga ditengarai karena sejak dini anak tidak dibiasakan mempunyai jadwal makan.

“Kalau sudah sejak bayi dibiasakan punya disiplin makan maka umur setahun dan selebihnya akan mudah makan. Apalagi kalau sudah umur setahun lebih, anak lebih suka main daripada makan,” ujar dokter Rini.

Anak yang bermasalah dengan kejiwaan juga berpotensi sulit makan. “Memang berat badan yang cenderung turun bisa karena penyakit kronis semisal TBC, tapi kejiwaan anak yang menanggung beban psikologis karena keterbatasan fisik itu juga memicu anak untuk stres dan sulit makan,” kata psikiater anak Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpJK.

Penyembuhan psikologis juga diperlukan bagi anak-anak yang menderita keterbatasan fisik yang memicu stres.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter