Mengupas Khasiat Buah Manggis







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Mempunyai nama latin Garcinia mangostana L., buah Manggis sepertinya tidak asing lagi untuk kita. Banyak manfaat dibalik rasanya yang segar dan manis. Buah yang tumbuh hijau abadi di daerah tropika ini, berwarna merah keunguan ketika matang. Pohonnya bisa tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter.

Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai “ratu buah”, sebagai pasangan durian, si “raja buah”, karena buahnya yang menyerupai serti mahkota apabila dilihat dari bawah. Buah manggis sendiri memiliki isi 4-8 daging buah berbentuk segitiga dan berwarna salju putih.

Dengan hanya mengonsumsi buahnya, kita akan dapat kandungan vitamin B1, B2 & C serta mineral -mineral seperti kalsium, potassium, sodium dan zat besi. Dan zat yang terpenting dari buah manggis sendiri adalah xanthones. Tingginya zat xanthones, akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh kita sehingga berakibat baik bagi sistem kekebalan tubuh kita.

Untuk kesehatan tulang dan otot, Dr. Finsand, adalah pakar pengurutan tulang belakang dan persendiang yang resmi serta pengarang buku Mangosteen Triple Play, telah menyatakan antioksidan yang ”luar biasa” bisa mampu menangkal radikal bebas serta dapat menurunkan hormon prostaglandin, penyebab rasa nyeri dan peradangan pada otot dan tulang.

Tidak hanya itu, rebusan kulit buah manggis mempunyai efek antidiare. Dari hasil studi farmakologi dan biokimia, dilaporkan bahwa Mangostin (1,3,6-trihidroksi-7-metoksi-2,8-bis(3metil-2-butenil)-9H-xanten-9-on) hasil isolasi dari kulit buah mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan akan manfaat-manfaat buah manggis untuk masyarakat, seperti untuk mengobati diare, borok, keputihan, disentri, wasir, radang amandel, di samping itu digunakan sebagai peluruh dahak, dan juga untuk sakit gigi. Kulit buah digunakan untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri urat, sembelit.

Akar untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Cara pembuatan untukmengobati disentri digunakan kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong potong, direbus dengan 4 gelas air sampal volume tinggal 1/2 nya, setelah dingin disaring Ialu diminum dengan madu bila perlu (2 x sehari 3/4gelas). Untukmengobati mencret digunakan kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong potong, direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal 1/2nya, setelah dingin disaring kemudian diminum dengan madu seperlunya (2 x sehari 3/4gelas).

Untukmengobati sariawan digunakan kulit dari 2 buah manggis, dicuci dan dipotong potong, direbus dengan 3 gelas air sampai volume tinggal 1/2 nya, setelah dingin disaring untuk berkumur dan terus diminum (3 – 6 x sehari 2 sendok makan).

http://livingsite.wordpress.com/2010/06/03/mengupas-khasiat-buah-manggis/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter