MENGURANGI BEBAN KERJA PENCERNAAN





Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Sistem pencernaan (bahasa Inggris: digestive system) adalah sistem organ dalam hewan multisel yang menerima makanan, mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses tersebut. Sistem pencernaan antara satu hewan dengan yang lainnya bisa sangat jauh berbeda.

Pada dasarnya sistem pencernaan makanan dalam tubuh manusia terjadi di sepanjang saluran pencernaan (bahasa Inggris: gastrointestinal tract) dan dibagi menjadi 3 bagian, yaitu proses penghancuran makanan yang terjadi dalam mulut hingga lambung.

Selanjutnya adalah proses penyerapan sari – sari makanan yang terjadi di dalam usus. Kemudian proses pengeluaran sisa – sisa makanan melalui anus.

Nah, tips berikut adalah tips untuk mengurangi beban kerja pencernaan tubuh Anda :

* Minum air putih hangat saat bangun tidur. campur dengan sedikit perasan jeruk nipis/lemon untuk melancarkan pencernaan. Lakukan olah raga ringan secara teratur, misalnya lompat tali, jalan kaki, senam pernafasan.

* Lebih baik makan 3 s/d 6 kali sehari dalam porsi kecil daripada 1 kali dalam porsi berlebihan.

* Biasakan sarapan meski cuma sepotong buang atau jus buah. tidak dianjurkan sarapan dengan pola 4 sehat 5 sempurna. terlalu banyak makan makanan padat akan menguras habis energi tubuh, akibatnya cepat lesu dan mengantuk sepanjang hari.

* Jangan menahan lapar hanya karena belum saatnya jam makan. sebagai pengganjal, makanlah camilan bergizi berupa buah-buahan segar.

* Jangan banyak minum sembari makan. sebab itu bikin kita mendorong makanan yang di mulut ke perut dengan air minum, dan bukannya mengunyah/menelan dengan benar. minumlah segelas air jus sebelum makan dan segelas lagi sejam setelah makan.

* Jangan mencampur buah-buahan dengan protein atau zat pati, misalnya roti + selai strawberry, spaghetti + saus tomat, etc (padahal ini yang sering kita lakukan kan? ^_^). jangan pula menyantap buah sehabis makan karena pada saat pencernaan protein berlangsung, suasana lambung sudah cukup asam. sebab enzim pencerna protein sangat aktif dalam suasana tinggi asam (PH 2,0 s/d 4,0). Dan enzim pengurai pati tidak bisa berfungsi dalam suasana asam.

* Hindari makan sambil berdiri dan tergesa-gesa. selesai makan biasakan menunggu sejenak sebelum berdiri meninggalkan meja.

* Teh biasa atau kopi sebaiknya diminum bersama makanan, jadi bukannya dalam keadaan perut kosong atau sesudah makan makanan lain. cara ini dapat mengganggu fungsi pencernaan. selain tidak bergizi, kafein dapat menghambat penyerapan beberapa jenis vitamin dan mineral terutapa calcium dan zat besi.

* Beri jarak antara saat menyantap satu makanan ke makanan berikutnya.

* Makan dalan porsi pas.

* Jangan memanaskan makanan berulang-ulang.

* Hindari makanan padat dan keras saat stress dan terburu-buru. jika sedang tergesa-gesa, makanlah sepotong dua potong buah untuk pengganjal perut.

* Hindari menu lauk pauk berlebihan. tubuh tidak memerlukan terlalu banyak jenis makanan sekaligus. cukuplah susunan menu sederhana tapi kualitas gizinya cukup.

* Batasi mengkonsumsi junkfood.

* Variasikan makanan sehari-hari agar tubuh tidak kelebihan dosis zat gizi tertentu.

(Source: Food Combining, Andang Gunawan, Jakarta 2002)

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter