Merokok dan langkah-langkah Berhenti Merokok





Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Kenapa terlihat sangat susah untuk berhenti merokok? Merokok menyebabkan perubahan-perubahan pada tubuh dan cara anda bertindak atau beraktifitas. Perubahan-perubahan pada tubuh adalah dikarenakan oleh adiksi atau kecanduan nikotin.

Perubahan-perubahan cara bertindak atau beraktifitas berkembang dari waktu ke waktu seperti membeli rokok, menyalakannya dan mengisap rokoknya. Perubahan-perubahan itu menjadi kebiasaan atau habit merokok.
Jika anda mempunyai kebiasaan merokok, banyak hal atau kejadian terlihat secara bersamaan terjadi pada saat merokok. Hal-hal tersebut termasuk minum secangkir kopi atau minum alkohol, perasaan sedang tertekan atau cemas, menelpon, berkendara atau menyetir bersosialisasi dengan teman atau tidak adanya kegiatan yang bisa dilakukan dengan tangan.

Alasan-alasan pertimbangan untuk berhenti merokok
Buruknya pernafasan, noda pada gigi atau gigi menjadi kotor
Bau yang tidak segar pada pakaian dan rambut serta pada kulit
Menurunkan kemampuan olah raga
Batuk dan Sakit pada tenggorokan
Detak jantung cepat dan peningkatan tekanan darah
Resiko pada perokok pasif disekitar anda
Biaya atau cost untuk merokok
Pertimbangan jangka panjang untuk berhenti merokok
Adanya bahan kimia beracun di dalam asap cigaret atau rokok
Resiko terkena kanker paru dan banyak tipe kanker lain yang disebabkan oleh rokok
Resiko terserang penyakit jantung
Gangguan pernafasan yang serius
Kehilangan banyak waktu atau kesenangan karena kondisi sakit disebabkan konsumsi rokok dalam jangka waktu yang lama
Timbulnya kerutan
Ulserasi atau perlukaan pada perut dan reflux dari asam
Resiko terserang penyakit gusi
Resiko pada janin (cacat atau keguguran) pada wanita hamil yang aktif merokok
Pemberian contoh yagn tidak baik bagi anak
Bagaimana kita bisa berhenti merokok?
Kita mempunyai kesempatan terbaik untuk berhenti merokok jika kita melakukan hal-hal berikut:
Bersiap-siap dan menyiapkan diri untuk berhenti nerokok
Dapatkan dukungan dan dorongan dari keluarga dan teman-teman
Dapatkan pengobatan dan gunakan dengan benar
Persiapkan diri anda untuk tidak mengulangi lagi kebiasaan merokok
Coba, coba dan selalu mencoba untuk berhenti merokok
Bagaimana cara kita bersiap-siap untuk berhenti merokok?
Tetapkan suatu waktu perhentian 2-4 minggu dari sekarang, jadi kita akan mempunyai waktu untuk bersiap-siap berhenti.
Catatlah pertimbangan-pertimbangan dan alasan secara pribadi kenapa anda memutuskan berhenti merokok.
Simpanlah daftar pertimbangan dan alasan tersebut sehingga jika anda berkeinginan atau terdorong untuk merokok anda dapat melihat dan meperhatikan kembali pertimbangan dan alasan tersebut kembali
Untuk membantu memahami kebiasan merokok anda, buatlah dan simpan dalam diary tentang kapan dan mengapa anda merokok.
Gunakan informasi-informasi yang tersimpan pada diary anda, sehingga anda dan dokter dapat membuat suatu rencana untuk menghadapi hal-hal yang membuat anda ingin merokok.
Tepat sebelum hari perhentian yang telah anda tetapkan, bersihkan semua cigaret atau rokok yang ada, korek api, pipa atau tongkang cigaret atau rokok dan asbak rokok.
Bagaimana mendapatkan dukungan dan dorongan?
Ceritakan kepada keluarga anda dan teman-teman anda tentang apa saja macam bantuan yang anda perlukan untuk berhenti merokok. Dukungan mereka akan membuat usaha anda untuk berhenti merokok menjadi lebih mudah. Juga mintalah dokter anda untuk membantu anda dalam mengembangkan rencana untuk berhenti merokok. Anda akan mendapatkan saran dan rekomendasi dari dokter berupa program-program untuk berhenti merokok dan biasanya program-program tersebut ditangani oleh rumah sakit dan pusat-pusat pelayanan kesehatan.
Berikan semacam reward kepada diri anda sendiri, misalnya dengan uang yang anda simpan dengan tidak merokok, membeli sesuatu yang spesial untuk diri anda sendiri.
Bagaimana dengan stress dan dorongan untuk merokok?
Anda mungkin mempunyai kebiasaan menggunakan cigaret atau rokok untuk relax pada waktu atau karena mengalami stress. Beruntungnya, ada cara yang baik untuk memanajemen stress tanpa merokok. Relaksasi dari stress dengan mandi air hangat, pergi jalan-jalan atau bernafas dengan pelan-pelan dan dalam. Berpikirlah bahwa perubahan-perubahan rutinitas harian anda akan membantu anda melawan dorongan untuk merokok. Sebagai contoh jika anda merokok saat minum kopi, minumlah teh panas sebagai gantinya

Apa yang akan terjadi jika anda berhenti merokok?
Bagaimana perasaan anda saat anda berhenti tergantung pada banyaknya rokok, bagaimana tubuh anda kecanduan dengan nikotin dan seberapa baikkah kesiapan anda untuk berhenti merokok.
Anda mungkin sangat membutuhkan rokok atau perasaan kelaparan lebih dari yang biasanya.
Anda mungkin merasa tidak tenang dan gangguan pada konsentrasi.
Anda juga mungkin akan batuk-batuk pada awalnya, dan mungkin sakit kepala ringan.
Hal-hal tersebut terjadi karena tubuh digunakan untuk nikotin. Mereka menyebutnya nicotine withdrawal symptoms (gejala penarikan nikotin). Gejala-gejalanya sangat kuat selama awal-awal beberpa hari setelah berhenti merokok, tetapi kebanyakan akan hilang dalam beberapa minggu.

Bagaimana dengan produk pengganti nikotin atau obat-obat untuk membantu anda berhenti merokok?

Produk Pengganti nikotin adalah cara-cara untuk menerima nikotin tanpa merokok. Produk tersebut ada dalam beberapa bentuk: gum, patch, nasal spray, inhaler dan lozenge. Anda dapat membeli nikotin gum, patch dan lozenge tanpa perlu resep dari dokter.

Pengganti nikotin bekerja dengan mengurangi tubuh dari adiksi nikotin dan menurunkan gejala-gejala penarikan nikotin (withdrawal symptoms). Ini membiarkan anda fokus pada perubahan-perubahan yang anda butuhkan untuk membentuk lingkungan dan kebiasan anda. Sekali anda merasa lebih konfiden atau percaya diri sebagai seorang yang tidak merokok, anda akan lebih mudah untuk menghadapi dari kecanduan nikotin

Obat-obat resep dokter seperti bupropion SR (zyban) dan varenicline (chantix) akan membantu pada beberapa orang untuk berhenti merokok. Obat-obat tersebut tidak mengandung nikotin, tetapi membantu anda melawan dorongan untuk merokok.

Tanyakan dan konsultasikan dengan dokter tentang yang mana dari produk-produk dan obat tersebut diatas yang meberikan kepada anda kesempatan terbaik untuk berhenti merokok. Agar produk tersebut bekerja anda harus hati-hati dalam mengikuti perintah pada aturan dan cara pemakain. Adalah hal yang sangat penting bahwa anda tidak merokok saat anda mengunakan produk pengganti nikotin.

Dapatkah berat badan anda bertambah saat anda berhenti merokok.
Kebanyakan orang memperoleh beberapa pounds berat badan setelah mereka berhenti merokok. Ingat bahwa berapapun berat badan yang anda peroleh adalah resiko kesehatan kecil dibandingkan dengan resiko merokok. Diet yang sementara anda mencoba berhenti merokok akan menyebabkan stress atau tekanan yang tidak perlu. Sebagai gantinya batasilah penambahan berat badan yang anda peroleh dengan hidup sehat, kurangi snack lemak dan aktifitas fisik atau olah raga.

Akibatnya Bagaimana jika merokok lagi?
Jangan merasa seperti suautu kegagalan. Berpikirlah tentang bagaimana anda merokok dan apa yang dapat anda lakukan untuk menjaga dari kebiasaan merokok lagi. Banyak dari mereka para eks-perokok tidak berhasil pada awalnya, tapi mereka tetap mencoba dan mencoba untuk berhenti merokok.

Pada awal-awal beberapa hari setelah berhenti mungkin akan terasa paling sulit, ingatlah bahwa, bahkan hanya dengan satu tiupan isapan rokok saja dapat menyebabkan kebiasaan merokok anda akan kambuh lagi, jadi jangan ambil resiko itu!!!!!

http://medic-care.blogspot.com

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter