Mudik bersama si kecil







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Suasana lebaran ditambah liburan panjang akhir tahun sudah terasa. Segudang rencana pun telah disusun. Terbayang sudah pulang ke kampung halaman dan mengenalkan anggota keluarga baru, si kecil yang masih bayi. Persiapan apa saja yang perlu Anda buat agar perjalanan ini menyenangkan?

Bepergian bersama si kecil memang tidak semudah bepergian dengan orang dewasa. Banyak hal yang harus dipersiapkan. Dengan perencanaan yang baik, perjalanan Anda akan jadi lebih menyenangkan.
Hal yang perlu diperhatikan adalah barang apa saja yang perlu dibawa.

* Banyak ibu kerap memenuhi tas dengan sekotak popok dan sejumlah besar makanan tambahan. Padahal Anda cukup membawa popok dan makanan tambahan seperlunya. Bila Anda dapat membeli hal-hal tersebut di tempat tujuan, perhitungkanlah berapa jumlah yang Anda butuhkan selama perjalanan. Bawalah sedikit lebih banyak dari jumlah tersebut.
* Untuk mengatasi si kecil yang kerap berganti popok, sertakan juga tissue basah, bedak, dan plastik kosong untuk membungkus popok kotornya. Jangan lupa bawa beberapa mainan si kecil. Sementara Anda mengganti popok, mainan dapat mengalihkan perhatiannya.
* Bawa juga satu set pakaian Anda dan si kecil. Kejadian tak terduga seperti ia muntah atau botol susu tumpah sebaiknya diantisipasi agar tidak merepotkan.

Jalan darat

* Bila bepergian dengan mobil, si kecil sebaiknya duduk di kursi belakang. Sediakanlah kursi mobil khusus yang dilengkapi dengan sabuk pengaman. Pilihlah kursi anak yang menghadap belakang. Anda dapat meletakkan cermin di kursi belakang agar Anda dapat melihat keadaan si kecil dari kursi depan. Pastikan kursi khususnya terpasang dengan benar.
* Jangan menggendong si kecil di mobil, apalagi di bangku depan. Airbag yang ada di mobil Anda malah dapat membahayakannya.
* Untuk meghindari si kecil terkena terik matahari, letakkan shade screen pada jendela belakang.
* Bila ia ingin menyusui atau Anda perlu mengganti popoknya, jangan ragu untuk berhenti sejenak. Lebih baik perjalanan Anda menjadi sedikit lebih lama daripada keselamatannya dipertaruhkan. Walaupun ia hanya berada di luar tempat duduknya sebentar, namun kecelakaan dapat terjadi kapan saja bukan?

Jalan udara

Berlibur dengan pesawat membutuhkan persiapan yang berbeda.

* Sebelum merencanakan bepergian dengan pesawat, tanyalah maskapai penerbangan yang Anda tuju, fasilitas apakah yang mereka tawarkan untuk bayi.
* Kursi mobil khusus si kecil dapat Anda gunakan ketika bepergian dengan pesawat. Informasikan pada pihak maskapai bahwa Anda akan membawa kursi khusus tersebut. Jangan pertaruhkan keselamatannya dengan mendudukkannya pada pangkuann Anda.
* Sebisa mungkin pilihlah jadwal perjalanan yang tidak terlalu ramai, misalnya pada hari kerja atau malam hari. Datanglah lebih awal dari saat boarding agar Anda tidak terburu-buru mengejar waktu.
* Pada saat take off, Anda perlu menghindarkan si kecil dari nyeri telinga akibat perubahan tekanan. Caranya? Mudah, berikan ia botol susu. Namun bila si kecil sedang terlelap, Anda tak perlu membangunkannya.
* Sebaiknya Anda membawa makanan dan peralatan makan sendiri untuk bayi Anda dalam tas jinjing. Pastikan tas tersebut tidak masuk ke dalam bagasi pesawat. Beberapa maskapai menyediakan makanan bayi, namun si kecil tentu lebih terbiasa dengan makanan yang biasa ia santap.
* Bawalah stroller yang ringan dan mudah dilipat. Menggendong si kecil terus-menerus dapat membuat Anda kelelahan dan tidak nyaman.

Liburan bersama si kecil dapat menyenangkan atau juga merepotkan. Anda sendiri yang menentukan! Jadi, rencanakan semuanya dengan baik. Selamat mudik bersama si kecil!

~ by Dr Heru Noviat Herdata SpA

http://ebookfkunsyiah.wordpress.com/2008/09/20/mudik-bersama-si-kecil/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter