P3K : Benturan Kepala dan Tersedak







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Tak ada orangtua yang ingin anaknya celaka, tapi risiko itu tak bisa dihilangkan sama sekali meski telah dilakukan pencegahan. Ada baiknya Anda kuasai langkah-langkah P3K agar tak panik saat harus menangani cedera Si Kecil. Pada edisi ini, kami berikan langkah pertolongan pertama untuk benturan kepala dan tersedak.

BENTURAN KEPALA

gambar diambil dari SINI

Jatuh dan terbetur di bagian kepala merupakan kejadian yang pernah dialami hampir semua anak. Entah itu ketika mereka sedang main, berlari-lari lalu saling bertabrakan, atau ketika terjatuh. Terbentur pada kepala bisa juga terjadi karena pukulan. Atau, istilah medisnya adalah trauma kepala. Bila dilihat dari jenis cederanya, trauma kepala dibagi menjadi tiga golongan berikut:

* Trauma Kepala Ringan. Gejala: meski timbul luka atau benjolan, keadaan anak sevara keseluruhan bai, dalam arti tidak ada luka, muntah, dan kejang.
* Trauma Kepala Sedang atau disebut Gegar Otak. Gejala: setelah benturan, anak mengalami kehilangan atau penurunan kesadaran untuk beberapa saat, dan lupa akan kejadian tersebut. Keadaan tersebut timbul karena adanya gangguan fungsi sel saraf otak, namun tanpa disertai kerusakan sel sarafnya.
* Trauma Kepala Berat. Gejala: setelah benturan, anak tidak sadar dalam waktu yang lama, kira-kira 5 – 10 menit. Kemudian ditemui ada luka atau memar, kejang-kejang, dan muntah-muntah. Pada trauma berat, perdarahan yang terjadi bukan hanya di kulit saja, tapi sudah sampai ke dalam otak atau di tulang tengkoraknya.

Segera lakukan hal berikut setelah anak terbentur:

1. Bila anak masih bayi, rabalah bagian ubun-ubunnya, apakah menjendol atau tidak. Ubun-ubun yang menjendol menandakan adanya peningkatan tekanan dalam otak yang dapat terjadi karena edema otak atau perdarahan.
2. Bila menemukan luka benjolan atau memar yang berdarah, tekan luka menggunakan kasa atau kain yang steril, lalu baringkan anak dengan posisi kepala dan bahu agak dinaikkan.
3. Setelah perdarahan berhenti, tutup luka dengan plester. Segera cari bantuan medis jika luka cukup besar.
4. Terkadang, muncul lebam atau benjol akibat perdarahan di bawah kulit pada bagian kepala yang terbentur. Jika demikian, kompreslah dengan es untuk mengurangi lebam dan besarnya benjol.

PERHATIAN!!

Ada baiknya Anda terus memonitor Si Kecil selama 12 – 24 jam untuk memastikan tidak ada tanda-tanda cedera kepala serius yang muncul kemudian. Segera bawa ke rumah sakit jika anak Anda mengalami satu atau lebih tanda-tanda berikut ini:

* Sempat tidak sadar setelah kepalanya terbentur
* Merasa sakit kepala, pusing, mual dan muntah
* Pandangan menjadi kabur
* Ada gangguan pada bola mata, misalnya bola mata miring sebelah
* Respon dan tingkat kesadaran menurun
* Bagian kepala yang terbentur terasa lembek
* Muncul lebam di sekitar mata atau di belakang telinga
* Keluar darah atau cairan bening dari hidung dan telinga

TERSEDAK

gambar diambil dari SINI

Pernahkan Anda mengalami kejadian ketika buah hati Anda tersedak makanan atau mainannya sehingga ia jadi sulit bernapas? Atau, bahkan hingga mukanya pucat hingga kebiruan? Kejadian ini disebut tersedak, yang mana jalan napas tersumbat sebagian atau seluruhnya oleh benda asing. tentu saja hal ini membuat Anda panik.

Dalam menghadapi hal seperti ini, pastikan Anda melakukan hal berikut:

1. Bila benda asing yang menyumbat tak terlihat atau tak tergapai oleh jari tangan Anda, jangan mencoba untuk mengeluarkan atau mencongkelnya karena justru dapat menyebabkan benda semakin terdorong ke dalam
2. Minta anak untuk batuk-batuk untuk mengeluarkan benda asing tersebut. Jika terjadi sumbatan total sehingga anak tidak dapat bernapas dan berbicara, berdirilah atau berlutut di belakang anak Anda, dan sedikit bungkukkan tubuhnya ke depan agar saat benda terlepas dari jalan namasnya bisa langsung keluar dari mulut. Kemudian, tepuk keras-keras punggung bagian atas di antara tulang belikat menggunakan pangkal telapak tangan Anda, lakukan sebanyak 5 kali.
3. Periksa apakah sumbatan berhasil dikeluarkan dari jalan napas. Bila benda asing sudah terlihat, pelan-pelan korek benda tersebut keluar dari mulutnya. Jika sumbatan belum berhasil dikeluarkan, ulangi menepuk keras-keras punggung anak Anda.
4. Jika anak sudah agak besar atau jika tepukan punggung gagal melepaskan sumbatan, Anda bisa melakukan penekanan perut (abdominal thrust).
5. Berdiri atau berlututlah di belakang anak, lingkarkan kedua tangan Anda di perutnya dan bungkukkan tubuhnya ke depan. Tautkan kedua tangan Anda, posisikan tangan dengan kedua jempol menempel di perut anak di atas pusarnya dan di bawah tulang dada.
6. Lakukan gerakan menekan perut ke arah atas secara tiba-tiba. Hati-hati agar tidak mencederai anak. Lakukan 5 kali gerakan penekanan mendadak tersebut.
7. Periksa apakah sumbatan berhasil keluar dari jalan napasnya.
8. Segera cari bantuan medis juka anak Anda mengalami tidak sadar atau sumbatan tidak berhasil dikeluarkan.

Jika yang mengalami tersedak adalah bayi di bawah 1 tahun, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

gambar diambil dari SINI

1. Menggosok Punggung. Telungkupkan bayi di lengan bawah Anda dengan posisi kepala lebih rendah dari bokongnya, topang dada dan lehernya dengan tangan. Gosok punggung bayi pada bagian di antara kedua sayap dadanya sebanyak 5 kali menggunakan tumit telapak tangan Anda. lalu, balikkan bayi.
2. Menekan Dada. Baringkan bayi di atas paha Anda, posisikan tangan Anda pada punggung bayi dan kepit dia di antara tangan dan lengan Anda. Posisikan bayi hingga kepalanya lebih rendah dibanding dadanya. Kemudian, tekan dada bayi pada bagian tulang dadanya sebanyak 5 kali menggunakan 2 ujung jari Anda. Posisikan jari Anda kurang lebih 1 jari di bawah garus lurus puting bayi.
3. Jika bayi tetap tersedak, ulangi menggosok punggungnya dan menekan dadanya, kemudian segera carilah bantuan.

Sumber: Pertolongan Pertama pada Si Kecil (Majalah Inspired Kids Edisi Juli 2010)

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter