Panduan Langkah Demi Langkah Memandikan Bayi







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Untuk melengkapi artikel sebelumnya, setelah perlengkapan bayi sudah disiapkan, tibalah saatnya melakukan ‘pemanasan’ pada bayi. Pemanasan tersebut adalah membersihkan bagian tertentu badan bayi, yang perlu perhatian khusus. Secara umum biasanya yang perlu dibersihkan lebih dulu sebelum mulai memandikan bayi adalah mulut, mata, telingan dan alat kelaminnya. Usai pemanasan, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Taruh bayi di atas perlak. Lepaskan kasa pembungkus pangkal talit pusat bila tali pusatnya belum puput.
  2. Tutupi tubuh bayi (bisa digunakan kain bedong atau handuk kecil yang lembut) agar tak kedinginan karena Anda akan mengeramasi kepalanya lebih dulu sebelum membasuh tubuhnya dengan air dan menyabuninya.
  3. Pegang bagian punggung dan leher bayi dengan telapak tangan kiri sementara ibu jari dan telunjuk menutup telinga kanan dan kiri si bayi agar tak kemasukan air.
  4. Dengan tangan kanan, basuh kepalanya pakai air dari baskom pertama. Tuang sedikit sampo ke rambutnya, lalu keramasi dengan lembut. Hati-hati terhadap ubun-ubunnya yang masih sangat lembut. Juga jaga jangan sampai sampo mengenai mata bayi.
  5. Ambil waslap pertama, celupkan ke dalam air di baskom pertama, lalu bilas kepalanya dengan lembut.
  6. Selanjutnya buka penutup tubuh bayi, basuh tubuhnya dengan air dari baskom kedua. Sabuni bagian depan tubuhnya. Tak apa-apa bila tali pusatnya yang belum puput terkena air atau sabun.
  7. Perlahan-lahan lepaskan telapak tangan Anda dari leher si bayi, lalu miringkan tubuhnya ke kiri dan kanan dengan memiringkan kepalanya untuk menyabuni bagian belakang tubuhnya. Selanjutnya pegang tangan kanan si bayi berganti dengan tangan kiri, kaki kanan dan kiri untuk disabuni pula. Lakukan secara lembut.
  8. Ambil waslap kedua, celupkan ke dalam air di baskom kedua, lalu bilas tubuh si bayi.
  9. Setelah itu angkat si bayi untuk dimasukkan ke dalam bak mandinya. Sangga punggung dan lehernya dengan lengan kiri sementara telapak tangan Anda menyangga ketiak kirinya. Lakukan bilasan terakhir dengan membasuh seluruh tubuhnya, dimulai dari bagian kepala. Usahakan jangan lama-lama agar si bayi tak kedinginan.
  10. Setelah tak ada lagi tersisa bekas busa sabun dan sampo, angkat si bayi dan letakkan di atas handuk yang telah disiapkan, tepat di tengah-tengah. Tutup tubuh bayi dengan bagian handuk di sebelah kiri dan kanan, lalu keringkan kepalanya dengan “sisa” handuk di bagian atas. Setelah itu keringkan seluruh tubuhnya, tangan dan kaki.
  11. Pindahkan si bayi ke susunan pakaiannya. Perhatikan tali pusatnya. Bersihkan dengan cotton buds yang telah dibasahi alkohol 70 persen bila terdapat kerak di pinggiran pusar maupun kotoran di bagian dalamnya. Lalu libat pangkal tali pusat dengan kasa steril yang sudah dicelup alkohol 70 persen.
  12. Olesi perut dan punggung bayi dengan minyak telon. Beri bedak. Boleh juga diberi krim pada daerah lipatan paha.
  13. Setelah itu pakaian popoknya, baru kemudian bajunya. Selanjutnya sisiri rambutnya. Nah, si kecil sekarang sudah bersih dan wangi.
  14. Bila bayi menangis terus sehabis mandi, boleh dibedong sebentar untuk menghangatkan tubuhnya. Kira-kira satu jam, lalu buka bedongnya agar ia bebas bergerak.

Tambahan:

  • Anda dapat mendudukkan si bayi di bak mandinya bila ia sudah dapat duduk, sehingga lebih memudahkan saat dimandikan. Bila ia belum bisa duduk sendiri, sangga bagian belakangnya dengan lengan kiri sementara tangan Anda menyangga ketiak kirinya.
  • Bila si kecil sudah bisa berdiri, lebih mudah lagi. Ia bisa diajak mandi di kamar mandi orang dewasa. Tapi hati-hati dengan lantai kamar mandi. Jangan sampai si kecil tergelincir.

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter