Pemeliharaan Aki





Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

1. Apabila Aki tidak mempertinggi angka kapasitas Ah-nya atau tenaga menstarter yang dikarenakan temperaturnya menjadi terlalu rendah sebagai akibat penyimpangan yang tidak benar atau tidak dipasang dalam kendaraan sekitar 4 minggu sesudah diisi maka harus diulang.

2. Periksa penempetan muatan Aki dengan pengukuran berat jenis elektrolit, jika berat jenis kurang dari 1.21 kg/liter pada 20C dari tingkat berat jenis elektrolit, Aki harus diisi ulang.
3. Kendurkan semua sumbat penutup lubang sebelum diadakan pengisian muatan.
4. Aki hanya dapat diisi dengan arus searah (DC). Untuk tujuan pengisian Aki diputuskan hubungan dari system kelistrikan dalam kendaraan lalu dihubungkan ke pengisi Aki. Untuk menyakinkannya terminal positif (+) Aki dihubungkan keterminal positif pengisi Aki dan terminal negative (-) dihubungkan keterminal negative Aki pengisi.
5. Sepersepuluh nilai kapasitas Aki Ah direkomendasikan sebagai arus pengisian muatan, contoh dengan kapasitas 44 Ah, arus pengisiannya 4.4 A. pengisian ulang membawa arus muatan lebih tinggi (cepat atau ditekan pengisian muatannya) sampai permulaan pembentukan gas 2.4 V per sel, amati pengaturan khusus Aki yang memerlukan sedikit atau tanpa pemeliharaan.
6. Selama pengisian, temperature elektrolit harus tidak lebih / di atas 55C. Jika temperature melebihi tingkat ini, hentikan pengisian muatan atau kurangi arus pengisian muatan sampai temperature turun di bawah 55C lagi.
7. Lanjutkan pengisian muatan sampai berat jenis diubah oleh 0.01 dengan setiap 15C perubahan temperature. Sebagai contoh jika temperature elektrolit menjadi 34C nilai berat jenis diukur pada temperature ini harus di kembangkan menjadi 0.01 dalam rangka menyuplai nilai sehingga 20C
8. Sesudah pengisian muatan secara lengkap, periksa tingkat elektrolit dan jika perlu tambahkan air murni ke tanda level asam atau keatas sampai tinggi tertentu di atas batas atas pelat, lalu lepas sumbat lubang dan rapatkan ketempatnya.
9. Pasang Aki secara rapi dalam kendaraan dan hubungkan secara benar kesistem kelistrikan.
10. Sesudah kabel dipasang ke terminal Aki, kencangkan dan lumasi. Simpan Aki pada tempat yang bersih dan kering.
11. Periksa tingkat berat jenis elektrolit dengan interval waktu 4 minggu, jika perlu tambahkan air murni dalam rangka untuk mengganti air yang menguap.

http://akibatam.blogspot.com/2010/02/pemeliharaan-aki.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter