Pengertian UPS





Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Pengertian UPS ini pastinya penting buat kamu-kamu yang punya komputer dan hidupnya listrik menjadi penting,  seperti misalnya untuk server, warnet atau kasir di supermarket, kalau listrik mati, gawat kan? Nah dengan UPS ini masalah bisa teratasi. Tapi, apa itu UPS?

Apa itu UPS
UPS adalah singkatan dari an uninterruptible power supply yang merupakan peralatan listrik yang fungsi utamanya adalah untuk menyediakan listrik tambahan pada bagian tertentu dari komputer,  seperti monitor, CPU, atau bagian lain yang penting untuk mendapatkan asupan listrik secara terus-menerus.

UPS juga disebut sebagai battery backup atau uninterruptible power source.

Cara Kerja UPS
UPS dijual dalam berbagai bentuk dan ukuran, namun yang paling umum dijumpai di pasaran adalah berbentuk kotak seperti stavolt, yang ditujukan untuk berada di lantai dekat komputer.  Semua uninterruptible power supplies berat karena adanya baterai yang terletak dalam alat tersebut.

UPS bekerja di tengah-tengah peralatan, yaitu diantara colokan listrik di dinding dengan bagian dari komputer.  Dengan kata lain, komputer dan aksesorinya menancap di UPS dan UPS mendapatkan listriknya dari steker.

Satu atau lebih baterai yang terletak dalam UPS menyediakan listrik kepada alat listrik yang menancap padanya, sehingga ketika listrik mati, peralatan tersebut masih teraliri listrik.  Baterai pada UPS dapat dicharge kembali (rechargable) dan seringkali juga dapat diganti dengan yang baru, sehingga komputer lebih aman dari kerusakan.

Biasanya, UPS menyediakan listrik ke komputer beberapa menit setelah listrik mati, sehingga kamu bisa menyimpan data yang berada di RAM komputer dan dapat mematikan komputer dengan aman.  Banyak juga UPS yang menyediakan software yang secara otomatis akan membackup data, setelah itu melakukan prosedur shutdown ketika kamu nggak bisa berada di dekat komputer saat listrik mati.

Di depan peralatan UPS, biasanya dijumpai tombol power untuk menghidupkan dan mematikan alat tersebut.  Ada pula yang menyediakan layar LCD untuk menunjukkan informasi mengenai seberapa lama baterai dapat dicharge atau pemakaian baterai yang digunakan saat ini.

Selain peralatan listrik, ada pula UPS yang menyediakan fungsi pengamanan untuk telepon dan kabelnya.

Manfaat UPS
Selain menyediakan listrik tambahan saat lampu mati, UPS juga berperan sebagai alat untuk menstabilkan tegangan listrik yang mengalir ke komputer atau peralatan listrik lain sehingga bebas dari tegangan yang naik atau turun yang dapat merusak peralatan komputer.

Jadi, walaupun keberadaan UPS bukan merupakan komponen yang diperlukan dalam sebuah komputer, namun bagian ini selalu direkomendasikan karena fungsinya.
Merek dan Tipe UPS Di Pasaran

Beberapa merek UPS yang ada dipasaran antara lain: APC, Belkin, CyberPower, Tripp Lite, Ultra

Ada dua tipe UPS, standby power systems (SPS) dan on-line UPS systems.  Tipe SPS memonitor tenaga listrik yang masuk melalui kabel dan akan mengalihkan listrik ke mode baterai segera setelah problem terdeteksi. Sebaliknya, on-line UPS tidak mengalihkan listrik ke mode baterai saat problem terjadi, melainkan terus mensuplai listrik dari UPS walaupun listrik tidak mati. Secara umum, on-line UPS lebih mahal ketimbang SPS.

oktavita.com

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter