Pentingnya Air Susu Ibu Untuk Gizi pada Bayi







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Kebanyakan dari ibu dapat dibilang sangat bingung menentukan apa yang baik untuk anaknya konsumsi. Makanan dan minuman yang dikonsumsi bayi dapat dibilang aspek yang sangat krusial bagi tumbuh kembangnya bayi.Karena dari makanan dan minuman tersebutlah anak mendapatkan gizi yang mereka butuhkan guna menopang pertumbuhan kecerdasan dan fisik mereka. Dikarenakan hal tersebut, gizi pada bayi yang di dapat dari makanan dan minumannya sangat lah penting.

Kita perlu tahu bahwa gizi pada bayi sebenarnya dapat dengan mudah di dapatkan. Salah satu contoh bentuk gizi yang dapat dengan mudah diberikan kepada bayi adalah ASI (Air Susu Ibu).

Air susu ibu yang pertama kali keluar dan diberikan kepada bayi disebut Kolostrum. Kolostrum adalah salah satu gizi yang paling baik yang dapat diberikan kepada bayi. Ia kaya akan zat antibodi dimana zat tersebut melindungi bayi dari kuman-kuman dan virus-virus di awal masa pertumbuhan bayi.

Selain mengandung kolostrum, air susu ibu juga mengandung Taurin. Taurin adalah sejenis asam amino kedua terbanyak dalam air susu ibu. Ia berperan penting dalam proses maturasi sel otak.

Selain Taurin, air susu ibu juga mengandung DHA (Decosahexanoic Acid) dan AA (Arachidonic Acid). DHA dan AA adalah asam lemak tak jenuh rantai panjang yang diperlukan untuk pembentukan sel-sel otak yang optimal.

Selain manfaat gizi pada bayi, air susu ibu juga memberikan manfaat lain bagi ibu dan anak. Dengan memberikan anak air susu ibu, akan terjadi hubungan emosional antara ibu dan anak.

Salah satu bentuk ikatan tersebut adalah kontak mata antara ibu dan anak. Dengan terjalinnya hubungan emosional antara ibu dan anak maka kebutuhan emosional dari si anak secara tidak langsung akan terpenuhi.

Namun terkadang pilihan untuk memberikan anak air susu ibu tidak dapat semua ibu penuhi. Salah satu alasannya biasanya adalah stress. Jika si ibu stres ia tidak akan mampu memproduksi air susu ibu sehingga ia tentu tidak mempu memberikannya kepada si bayi.

Atau alasan lainnya bisa saja jika si ibu menderita sebuah penyakit dimana ia harus mengkonsumsi obat-obatan. Jika si ibu mengkonsumsi obat-obatan, ia sangat tidak dianjurkan untuk memberikan ASI kepada bayinya.

Sebab dengan memberikan ASI ia juga akan memberikan zat-zat obat-obatan yang ia konsumsi yang sangat tidak baik bagi pertumbuhan sel-sel dari bayi.

Ibu-ibu juga pasti sudah tidak asing lagi dengan susu formula untuk bayi. Salah satu solusi untuk ibu yang tidak dapat memberikan ASI adalah susu formula.

Sebenarnya pemberian susu formula pada bayi tidak dianjurkan, tapi jika keadaan memaksa, apa boleh buat. Harus diakui bahwa air susu ibulah makanan yang paling tepat dan faktor pemenuh gizi pada bayi yang paling baik.

 

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter