Persiapan Awal Tanggulangi Masalah







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Kendaraan menjadi keperluan penting setiap individu, khususnya bagi kalangan yang mobilitasnya tinggi. Artinya, keberadaan mobil sangat penting. Tapi kadang, individu saking sibuknya lalai melakukan inspeksi sebelum menjalankan kendaraan (pre-trip inspection).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi risiko saat melakukan perjalanan. Pada dasarnya kecelakaan bisa dihindari lewat ritual pemeriksaan kendaraan.

Pre-trip inspection terdiri dari beberapa aspek: kondisi luar, ruang mesin, kabin kendaraan dan bagian bawah kendaraan. Mari membiasakannya.

KABIN
– Sebelum menghidupkan mesin, ambil posisi duduk dan rasakan dengan seksama hingga sudah mendapatkan letak tubuh yang ideal. Jok jangan terlalu dekat ke dasbor karena membuat kaki lekas pegal. Posisi terlalu rebah membuat penglihatan terganggu.

– Posisikan penyangga kepala atau head rest dengan benar. Artinya, tepat menahan kepala saat terjadi tabrakan dari belakang.

– Cek keadaan seatbelt mulai dari posisi sampai masa berlakunya. Untuk memeriksa seatbelt model ELR (Emergency Lock Retractor) yang biasa digunakan pada mobil-mobil sekarang, entakkan seatbelt dengan tiba-tiba, Bila gerakan terhenti, berarti seatbelt masih berfungsi.

– Panel instrumen merupakan media untuk memantau kondisi mobil dari dalam kabin. Deretan lampu ini juga bisa digunakan untuk memeriksa apakah semua tuas dan tombol seperti lampu depan, lampu sein atau rem tangan bekerja dengan baik.

– Sebelum start, tekan pedal rem kemudian kopling. Pastikan tuas persneling pada posisi netral.

BAGIAN BAWAH MOBIL
– Periksa juga bagian bawah. Perhatikan bila terdapat tetesan oli di kolong dan lanjutkan dengan memeriksa ruang mesin. Pastikan lokasi kebocoran.

– Ketika melongok ke kolong, jangan ada barang-barang berbahaya di bawah mobil. Misalnya benda-benda tajam atau bahan-bahan yang mudah terbakar.

KONDISI LUAR
– Pastikan lampu mobil tak ada yang pecah atau tidak bekerja baik. Caranya, nyalakan semua, baik lampu penerang sampai sein.

– Atur posisi spion yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Sehingga bisa nyaman tanpa kesulitan memperhatikan keadaan samping dan belakang.

– Roda jadi bagian yang menopang bobot kendaraan langsung ke jalan. Telaah dengan cermat keadaan roda masih bulat sempurna atau tidak.

– Perhatikan mur-mur roda. Waspadai bila dijumpai mur-mur roda itu kendur.

– Tekanan ban dicek setiap kali akan menjalankan mobil. Karena hal ini sangat berpengaruh pada pengendalian kendaraan.

Sumber:
Joni Lono Mulia
Majalah AutoBild, Tanggal 2-5 Agustus 2003 Edisi 7 – Suplemen

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter