Persiapan Mudik : Ingin Ganti Suku Cadang? Cermati Beberapa Hal Ini







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Apabila Anda menggunakan mobil sebaga sarana transportasi untuk mudik, Satu hal yang wajib dilakukan dalam menyiapkan mobil adalah memeriksa bahkan bila perlu mengganti suku cadang mobil. Bila Anda memilih membawa mobil ke bengkel resmi, pemilihan suku cadang bisa langsung diserahkan bengkel tersebut. Sebab, bengkel ini hanya menyediakan suku cadang asli bawaan pabrik. Sehingga keaslian dan kualitas terjamin.

Hanya, harga suku cadang di bengkel resmi biasanya terpaut jauh dengan suku cadang produksi pabrikan lain.

Pilihan lainnya, Anda memilih bengkel partikelir atau umum dan mempercayakan pemilihan suku cadang kepada bengkel tersebut atau membeli sendiri suku cadang itu di bursa suku cadang. Bila Anda memilih cara yang kedua, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan.

Pasalnya, di bursa suku cadang biasanya ditawarkan beberapa pilihan suku cadang yang sama. Biasanya ada tiga pilihan yaitu suku cadang asli produksi pabrik dari merek mobil yang bersangkutan, produksi perusahaan lain tetapi juga sama-sama berasal dari negara asal pabrikan mobil, serta produksi lokal.

“Gampangnya ada tiga jenis orisinil dari pabrikan mobil atau pemasok resmi, buatan pabrikan lain tetapi sama-sama dari negara asal suku cadang asli atau biasa disebut KW 1. Kemudian buatan pabrikan lokal atau KW 2,” tutur Yogie SW, Kepala Mekanik Bengkel Cipondoh Jaya Motor, Tangerang, kepada Tempo, di Tangerang, Senin (23/8).

Ketiganya nyaris sama. Sehingga sulit sekali membedakannya. Terlebih bila suku cadang itu palsu tetapi menggunakan kemasan dan label suku cadang asli.

Padahal, membedakan suku cadang asli dengan KW 1 dan KW 2 sudah cukup sulit. “Tetapi ada cara yang paling dan bisa dilakukan oleh siapa saja,” kata Yogie.

Seperti apa cara itu? Yogie menyebut ada empat hal yang perlu dicermati. Kempatnya adalah, meneliti kemasan produk yang bersangkutan, meneliti detil produk, membandingkan harga di buku pedoman.

1. Pastikan ke pedagang

Langkah pertama adalah memastikan jenis suku cadang yang ada ke pedagang. Tanyakan mana yang jenis orisinil, KW 2, dan KW3.

Bila ternyata pedagang enggan menjelaskan masing-masing jenis atau bahkan cenderung menutup-nutupi spesifikasi barang dagangannya itu atau cenderung memaksa, maka segera tinggalkan toko. Pedagang yang baik akan mengatakan dengan jujur jenis barang dagangannya dan menjelaskan kekurangan dan kelebihannya.

Bila pedagang itu dengan senang hati memberi kepastian dan menjelaskan produknya, anda boleh melanjutkan langkah berikutnya.

2. Kemasan

Ada beberapa bagian kemasan yang perlu dicermati untuk mengetahui yang asli atau palsu. Pertama, pastikan sticker hologram. Kemasan suku cadang asli selalu ditempeli sticker hologram, sebaliknya suku cadang palsu tidak menggunakannya.

Kedua, amati cetakan huruf, logo, serta warna di kemasan tersebut. Bila warna agak pudar, huruf tidak sama, dan gambar logo tidak sempurna. Pasalnya, pabrikan suku cadang asli memiliki divisi pengontrol kualitas yang sangat ketat termasuk dalam hal cetakan kemasan.

Mereka memiliki standar kualitas baku dengan master cetakan ukuran kemasan, warna, bentuk huruf, hingga bentuk logo yang baku dan kecil sekali kemungkinan berubah. Bila ada sedikit kesalahan, pabrikan akan melakukan sortir terhadap produk itu dan tidak dipasarkan. Hal itu untuk menjaga nama baik atau citra merek.

3. Teliti bentuk produk

Bila Anda sudah cukup yakin dengan kemasan suku cadang tersebut, langkah selanjutnya adalah meneliti detil produk yang bersangkutan. Caranya, raba bagian demi bagian.

“Tepi dan lekuk suku cadang palsu terasa kasar, meskipun bedanya sangat tipis. Tetapi bagi yang sudah berpengalaman atau paham suku cadang asli perbedaan sekecil apapun terlihat,” kata Yogie.

Bila Anda merasa akan kesulitan untuk menentukan mana yang asli dan palsu, sebaiknya mengajak orang yang paham atau mekanik bengkel langganan dan anda percayai.

4. Baca buku pedoman

Bila Anda bingung dengan patokan harga suku cadang di bursa onderdil sebaiknya mengacu pada buku pedoman. Pasalnya, pedagang di bursa bisa saling banting harga dengan mengklaim suku cadang itu asli atau KW 2. Sementara barang yang diberikan ke anda KW3.

Sebaliknya, para pedagang bisa saja menaikkan harga terlebih dahulu dan kemudian menawarkan diskon besar kepada Anda. Padahal, harga yang diberikan itu masih jauh diatas harga normal.

“Tetapi buku pedoman itu biasanya hanya untuk suku cadang asli. Tetapi tidak ada salahnya mencoba untuk pedoman saja. Buku ini bisa dibeli di toko buku,” kata Yogie.

http://ramadan.tempointeraktif.com/hg/tips_lebaran_10/2010/08/23/brk,20100823-273232,id.html

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter