Peta Virtual Google







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

APABILA ingin pergi ke Simpanglima, rute manakah yang harus saya pilih? Ada berapa jalan alternatif yang bisa saya pilih? Berapa lama estimasi yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat tujuan?

Pertanyaan semacam itu akan selalu muncul di saat kita akan bepergian ke suatu tempat. Tidak hanya Simpanglima yang sudah menjadi ikon kota Semarang. Mungkin bila ingin pergi ke Yogyakarta atau Bandung maka kita juga akan menanyakan hal yang sama.
Bagaimana cara mengatasi masalah seperti itu? Mudah saja, belilah peta maka masalah akan terjawab. Namun jalan mana yang harus dipilih? Atau berapa lama kita akan menghabiskan waktu saya di jalan?
Tentunya peta konvesional tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Kita membutuhkan sebuah layanan tambahan yang lebih inovatif dan tentunya bisa diandalkan.
Gunakan Global Positioning System (GPS). Alat penanda posisi di bumi ini merupakan solusi yang telah digunakan oleh kebanyakan orang di dunia sejak bertahun-tahun yang lalu. Apalagi setelah adanya izin penggunaan GPS oleh masyarakat umum, maka teknologi canggih ini dapat kita gunakan kapan saja dan di mana saja.
Hanya saja, harga perangkat GPS masih terbilang mahal. Walaupun bisa memberikan jawaban atas pertanyaan kita, jika berharga mahal tentunya juga akan menambah masalah baru bukan? Maka dari itu, kita coret GPS dari daftar solusi.
Bertanya Rute
Coba gunakan Google Maps. Inilah yang saat ini bisa kita manfaatkan. Google Maps adalah layanan yang di sediakan oleh Google yang tidak hanya berfungsi menampilkan peta di suatu daerah, namun kita juga bisa bertanya kepada Google Maps rute untuk menuju ke suatu lokasi. Layanan ini bisa dikunjungi melalui alamat http://maps.google.com.
Katakanlah kita bertanya tentang rute terbaik dari rumah saya di Tlogosari untuk menuju ke kantor yang berada di Jalan Pahlawan Semarang. Maka saya tinggal klik menu Get Direction dan mengisikan alamat rumah di field A, dan isikan Jalan Pahlawan di field B. Kemudian klik Get Direction.
Dalam waktu singkat, Google Maps akan menampilkan rute perjalanan di bagian peta berupa garis berwarna biru pada sisi sebelah kanan. Di bagian tersebut kita bisa mengikuti rute yang telah dibuatkan  atau ingin membuat rute sendiri dengan cara drag garis ke jalur lain yang diinginkan.
Pada sebelah kiri, akan ditampilkan detail rute berupa panduan jalan apa saja yang akan dilalui, lengkap dengan panduan arah sehingga tidak membingungkan. Bahkan bila sudah masuk jalur Tol maka Google Maps juga akan memberikan panduan jalur apa saja yang sebaiknya dilalui, jadi tidak akan tersesat di jalan tol seperti yang sering dialami oleh pendatang.
Estimasi Waktu
Selain itu, di bagian ini juga ditampilkan total jarak tempuh dan estimasi waktu yang akan dihabiskan dalam menempuh jalur tersebut. Angka-angka yang ditampilkan ini bersifat dinamis, misalnya bila kita mengubah rute alternatif maka angka di jarak tempuh dan estimasi waktu akan terkalkulasi secara otomatis. Cukup berguna untuk mencari rute terbaik untuk menuju ke suatu lokasi.
Layanan Google Maps di Amerika tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia,  namun tentunya data yang disediakan jauh lebih lengkap dibandingkan dengan data yang ada di Indonesia.
Contohnya, estimasi waktu perjalanan. Bila di Indonesia, estimasi waktu yang dihitung berdasarkan penggunaan mobil saja, maka bila di Amerika perhitungannya juga menggunakan kendaraan umum dan berjalan kaki.
Karena di Amerika sudah menerapkan penggunaan street camera, atau pemasangan kamera yang ditempatkan di setiap perempatan, maka pengguna juga bisa memanfaatkan fitur tersebut. Ini berguna untuk mengetahui lokasi belokan atau lokasi tujuan secara nyata karena Google Maps juga mengambil data dari kamera tersebut.
Kapankah Indonesia bisa seperti itu? Mudah-mudahan segera terwujud, tapi sembari menunggu harapan itu datang, kita sudah bisa memanfaatkan Google Maps secara penuh dan cukup bisa diandalkan untuk memandu kita menuju ke suatu lokasi, dan tentu saja layanan ini gratis!

http://ikonek.net/2009/06/28/peta-virtual-google/

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter