PROSES MENGINGAT DAN MEMORI





Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Sebelum kita berbicara lebih jauh tentang cara meningkatakn daya ingat anak, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang bagaimana proses mengingat itu berlangsung secara singkat. Proses mengingat berlangsung melalui tiga tahap. Berikut ini tahap-tahap tersebut :
Tahap pertama adalah belajar. Melalui belajar orang menerima informasi dari lingkungan. Pemerolehan informasi dapat dilakukan dengan sadar dan bertujuan (intentional learneing) melalui perhatian dan konsentrasi terhadap sesuatu yang ingin dipelajari. Tetapi informasi dapat diterima tanpa tujuan untuk mengingatnya (incidental learning).
Anda harus memperhatikan proses ini, agar anak Anda memiliki daya ingat yang baik. Optimalkan proses belajar anak Anda.

Tahap kedua adalah penyimpanan (retention): informasi yang diterima memori jangka pendek (short-term memory), yakni hanya mengingat-ingat informasi dalam beberapa detik sampai beberapa jam. Informasi ini perlu ditransfer ke dalam memory jangka panjang (long-term memory) agar dapat disimpan dan diingat lebih lama, bahkan mungkin bertahan seumur hidup.

Salah satu yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membantu proses ini adalah dengan menyediakan jam tidur yang cukup bagi anak. Saya jelaskan hal ini pada bagian yang lain
Tahap ketiga adalah mengingat kembali informasi yang telah diterima dan tersimpan dalam memori jangka panjang.

Pada tahap inipun orang tua juga bisa berperan. Misalnya dengan memberikan suasana kondusif bagi anak agar ia lebih mudah mengingat segala hal yang telah dipelajari. Ketiga tahap tersebut sama-sama pentingnya untuk diperhatikan jika Anda menginginkan anak Anda memiliki daya ingat yang prima. Selalu ingatlah, bahwa daya ingat meliputi tiga tahap ini. Anda bisa berperan pada ketiganya.

MACAM-MACAM MEMORI
Pembagian jenis memori ada beberapa macam versi. Teori yang sederhana membagi memori menjadi dua, yaitu :
- memori jangka pendek
- memori jangka panjang
Sedangkan Thomas L Madden membagi memori manusia manjadi 5 macam, antara lain :
1. memori jangka pendek – SEGERA

Memori jangka pendek-SEGERA adalah tempat dalam otak yang menampung informasi baru yang masuk. Memori ini terletak di lobe depan Cerebral Cortex dalam otak. Memori ini hanya dapat menangai sekitar tujuh bit informasi (plus atau minus 2) sebelum memori itu menyalurkan informasi ke memori kerja atau memori perantara.

Catatan : otak diperkirakan dapat menangani sekitar 100 juta bit informasi per detik.
Manusia terus-menerus menerima jutaan bit informasi per detik. Jika corpus callosum dapat menangani 100 juta bit per detik, maka 7 bit pasti ditransfer secara spontan (sepermiliar detik)

2. memori jangka pendek – KERJA

Memori ini dapat diandaikan seperti buku catatan yang terbuka di meja kerja Anda. Informasi ditulis, dibaca, atau dicatat dalam memori ini. Yang terpenting, memori ini merupakan apa yang difokuskan saat ini.

3. memori jangka pendek – PERANTARA

Memori ini dapat diumpamakan seperti “recycle bin atau tempat sampah” dikomputer Anda. Ketika Anda membersihkan file-file aktif, Anda mengirim informasi ke recycle bin. Perbedaannya adalah : dalam komputer Anda dapat “mengosongkan” recycle bin, tetapi dalam memori jangka pendek perantara informasi ini selalu tersimpan di sana.

Pada malam hari, ketika tidur, semua informasi jangka pendek di download ke dalam memori jangka panjang. Keputusan lain perlu dibuat. Apakah informasi ini akan saya perlukan besok atau dalam waktu dekat ? jika jawabannya ya, informasi ini disimpan dalam memori jangka panjang-KERJA. Jika jawabannya tidak, informasi disimpan dalam memori jangka panjang – ARSIP.
Berdasarkan inilah di awal saya menyarankan Anda agar menyediakan jam tidur yang cukup bagi anak Anda.
4. memori jangka panjang – KERJA

Adalah pengetahuan yang diperlukan sehari-hari. Anda perlu tahu dimana Anda tinggal, berapa nomor telepon Anda dan sebagainya.
5. memori jangka panjang – ARSIP

Adalah pengetahuan yang tidak Anda gunakan saat ini atau tidak akan digunakan untuk waktu lama. Memori yang disimpan juga makin lama makin banyak. Semakin banyak hal yang ditumpuk membuat memori yang pertama disimpan sulit diingat kembali Seperti halnya barang-barang di gudang sebuah rumah. Awalnya gudang itu kosong. Lalu kotak pertama diletakkan di sudut. Kemudian kotak kedua disusun di atasnya. Lalu ditambah kotak ketiga hingga kotak kelima ratus.
Kotak pertama masih ada di sana, akan tetapi sulit mengambilnya meskipun Anda ingat kotak itu ada.

CARA PRAKTIS MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK
Di bawah ini saya sampaikan beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat anak Anda. Beberapa aktivitas ada kaitan langsung dengan kegiatan belajar, dan beberapa aktivitas yang lain tidak.

JANGAN MEMBAGI PERHATIAN
Memungkinkan bagi seseorang melakukan lebih dari satu hal dalam waktu bersamaan. Kita dapat makan malam dan menonton TV, atau berbicara dan menyetir mobil. Ini berarti bahwa sepanjang pekerjaan itu tidak tergantung pada satu proses mental yang sama, keduanya dapat dikerjakan pada satu waktu. Namun, jika kedua pekerjaan tergantung pada tipe proses mental yang sama (seperti mendengar cerita dan membaca buku), keduanya tak dapat diselesaikan dengan baik. Kapasitas untuk memberikan perhatian pada lebih dari satu hal dalam waktu bersamaan bervariasi pada setiap orang, dan dapat dipengaruhi oleh kewaspadaan, umur dan motivasi.

Jika anak dapat mengerjakan lima atau enam aktivitas pada waktu bersamaan, tidaklah mungkin untuk mengingat banyak hal pada saat anak melakukannya.
Anak tidak akan bisa belajar dan mengingat pelajarannya dengan baik sambil nonton tv , mendengarkan radio atau sambil makan.

Jika anak Anda sedang belajar, usahakan turut membantunya dengan menghilangkan semua hal yang bisa membagi perhatiannya. Memang sebaiknya orang tua menyediakan waktu dan tempat khusus bagi anak untuk belajar

MELIBATKAN EMOSI SAAT BELAJAR
Dengan melibatkan emosi dalam belajar , otak akan lebih mudah mengingat materi pelajaran. Contoh dari belajar dengan melibatkan emosi antara lain :
- membaca dengan keras
- membaca dengan intonasi
- dan lain sebagainya

Masih ada kaitannya dengan emosi, berilah perasaan gembira pada anak pada saat ia belajar. Anak tidak mungkin bisa belajar dengan baik, setelah Anda memarahinya.

CERITA DALAM BELAJAR
Salah satu metode yang cukup efektif untuk meningkatkan daya ingat anak adalah dengan menggunakan metode bercerita dalam belajarnya. Anak terbukti lebih mudah mengingat sebuah pelajaran, jika disampaikan dalam bentuk cerita. Saat mendengarkan sebuah cerita, anak mengoptimalkan penggunaan kedua belahan otaknya dalam menyerap informasi. Sebuah cerita tidak hanya melibatkan penalaran si anak, melainkan juga melibatkan emosi.

Apakah Anda suka cerita / kisah ? Saya yakin “YA”. Karena hidup ini memang berisi cerita dan kisah. Demikian juga dengan anak Anda, ia juga suka menerima pelajaran sambil di ceritakan sebuah kisah.

MEMPELAJARI GAMBARAN BESARNYA DAHULU
Ini adalah teknik belajar yang cukup ampuh untuk meningkatkan daya ingat anak. Setiap belajar, anak hendaknya mempelajari gambaran besar dari materi pelajarannya tersebut.
Misalnya saat akan membaca buku,, langkah berikut bisa Anda ajarkan kepada anak :
- baca halaman judul dan kata pengantar terlebih dahulu. Bukan langsung membaca isinya
- pelajari daftar isi
- buka halaman belakang buku dan membaca indeksnya. Mungkin ada kata-kata kunci yang langsng menarik perhatian
- mulai dari bab pertama dan baca sekilas buku tersebut. Baca sekilas judul topik dan kata-kata kunci setiap bab.
- Pada akhir setiap bab, bacalah seluruh ringkasannya. Jika ada pertanyaan tentang bab itu, luangkan waktu untuk membaca kembali pertanyaan-pertanyaan itu. Tandai pertanyaan yang Anda piker sudah dapat dijawab

Pada akhir setiap bab, mintalah anak membaca seluruh ringkasannya. Jika ada pertanyaan tentang bab itu, luangkan waktu untuk membaca kembali pertanyaan-pertanyaan itu.

Prinsip ini juga bisa Anda kembangkan pada aktivitas yang lain. Misalnya jika si anak belum bisa membaca, Anda bisa menjelaskan sesuatu dengan gambaran besar terlebih dahulu. Dan setelah itu, Anda bisa mejelaskan detailnya.

MEMBERI HADIAH SEBAGAI STIMULUS
Berilah hadiah dan ucapan selamat atas keberhasilan anak Anda. Hadiah dan ucapan selaat Anda merupakan rangsangan yang akan memberikan dampak positif bagi belajarnya. Dan tentu saja, juga berdampak positif bagi peningkatan daya ingatnya.

HILANGKAH PENGGANGU BELAJAR
Beberapa yang dapat mengganggu belajar anak antara lain :
1. suara gaduh
2. musik
3. pertengkaran
4. televisi
5. suara telepon
6. anak-anak yang bermain
7. mainan
Jauhkan dari anak semua penggagu belajar di atas saat anak Anda sedang belajar

MENINGKATAKAN PERHATIAN ATAU KONSENTRASI
Meningkatkan perhatian atau konsentrasi anak pada materi pelajaran adalah hal terpenring untuk meningkatkan daya ingat. Dengan meningkatkan perhatian, ini juga berarti si anak akan mengetahui mana materi yang harus diingatnya dan mana materi yang tidak perlu untuk diingat. Jika anak saat belajar tidak bisa memberikan perhatian pada materi pelajarannya, maka akan sia-sia belajarnya. Semudah apapun pelajaran, jika tanpa perhatian atau konsentrasi, maka ia akan mudah juga dilupakannya.

Anak tidak akan bisa memberikan perhatian terhadap sesuatu jika ia tegang, cemas, atau dalam keadaan stress. Hal pertama yang harus dilakukan si anak agar ia bisa konsentrasi adalah rileks.

MEMILIH WAKTU BELAJAR
Sediakan bagi anak Anda waktu belajar. Dan bersikaplah konsisiten dengan waktu tersebut. Semua anggota keluarga harus menghargai waktu belajar tersebut. Percuma jika Anda mengalokasikan jam-jam tertentu untuk waktu belajar anak Anda, namun tidak ada dukungan dari anggota keluarga yang lain.

Hilangkan semua faktor pengganggu dalam waktu belajar tersebut. Factor pengganggu belajar antara lain :
- suara bising
- televisi dan radio
- pertengkaran
- permainan
- dan lain-lain
WAKTU TIDUR YANG CUKUP
Pada malam hari, ketika anak tidur, semua informasi jangka pendek di download ke dalam memori jangka panjang. Keputusan lain perlu dibuat.
Apakah informasi ini akan saya perlukan besok atau dalam waktu dekat ? jika jawabannya ya, informasi ini disimpan dalam memori jangka panjang-KERJA.
Jika jawabannya tidak, informasi disimpan dalam memori jangka panjang – ARSIP.

Inilah pentingnya tidur bagi anak. Lebih baik lagi jika si anak juga disediakan jam tidur di siang harinya. Ini akan memberikan kesempatan yang lebih baik bagi proses peningkatan memori jangka panjangnya.

DUKUNGAN ORANG TUA
Bagaimanapun juga, orang tua bagi sang anak memiliki ‘tempat’ yang penting dalam hidupnya. Segala bentuk perlakuan orang tua pada anak, akan memberikan pengaruh yang besar pada anak tersebut.

Jika orang tua memberikan dukungan maksimal bagi proses belajar anaknya, maka anak akan maksimal pula dalam menyerap materi belajarnya. Anda tentu sering menyaksikan anak yang orang tuanya telah meninggal atau bercerai. Kebanyakan dari mereka akan terganggu pelajarannya. Ia terbebani oleh kondisi orang tuanya. Sehingga dalam belajarpun ia sering lupa dan sulit untuk memahami pelajaran.

Banyak bentuk dukungan yang bisa diberikan oleh orang tua agar anaknya bisa sukses dalam mengingat pelajarannya dan menjadi berprestasi. Dukungan tersebut bisa berbentuk :
1. Sikap
Sikap orang tua yang mendukung belajar anak sangat penting. Orang tua yang ‘cuek’ terhadap belajar anaknya akan berakibat buruk pada prestasi belajar anak tersebut.
Saya sering menyaksikan seorang anak yang sebenarnya memiliki potensi intellegensi yang tinggi, namun karena orang tuanya acuh tak acuh terhadap belajar si anak, maka ia menjadi anak yang ‘biasa’.

Padahal, jika orang tua tadi lebih memperhatikan dan mendukung belajar anak, saya yakin anak tersebut dengan mudah menjadi anak pintar.

2. Perkataan
Perkataan yang memotivasi anak dalam belajar sangat ampuh untuk meningkatkan daya ingat anak. Pernahkah Anda merasakan betapa mudahnya menyerap materi pelajaran, setelah Anda dipuji orang ? Pernahkah Anda begitu bersemangat belajar setelah diberi motivasi oleh orang lain ? Saya yakin Anda pernah mengalaminya.

Kondisi ini juga berlaku bagi anak Anda. Berilah ia motivasi yang menyemangatinya. Ucapkan kata-kata positif yang menyenangkan dan memberikan harapan kepadanya. Dengan begitu, Anda telah membantunya untuk meningkatkan kemampuan belajar, dan tentu saja meningkatkan daya ingatnya.

MENGGUNAKAN GAMBAR
Salah satu dari cara manusia untuk menyerap informasi dari lingkungannya adalah dengan menggunakan cara visual. Anak belajar visual dengan menggunakan penglihatannya. Nah, salah satu bentuk metode belajar visual adalah dengan menggunakan gambar.

Bisakah belajar dengan gambar lebih meningkatkan daya ingat kita ? Tentu saja bisa. Saya sendiri hingga saat ini sering mengalaminya. Betapa sulitnya saya harus belajar di Fakultas kedokteran jika hanya membaca tulisan, tanpa ada ilustrasi berupa gambar. Saya bisa membedakan tatkala menerima materi kuliah oleh dosen yang menggunakan gambar dengan yang tidak menggunakan gambar. Dan ternyata penjelasan dosen dengan
menggunakan gambar jauh lebih mudah dipahami daripada yang tanpa gambar. Sayangnya, sebagian besar dosen saya dulu, hanya mengandalkan tulisan dalam memberikan kuliahnya… tanpa menggunakan gambar.

Mengapa menggunakan gambar bisa meningkatkan daya ingat anak dalam belajar ? Ada beberapa alasan untuk hal ini, antara lain :
- Dengan gambar, anak lebih menggunakan banyak indera untuk menerima materi pelajarannya. Sehingga ia lebih mudah mengingatnya.

- Dengan gambar, anak lebih senang dalam belajar. Bandingkan jika anak hanya disodori tulisan saja dan disuruh menghafalnya. Dan dengan ini pula, saya bisa mengatakan bahwa gambar memberikan emosi positif bagi anak dalam belajar. Emosi positif sangat dibutuhkan dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak.
- Dengan gambar, anak lebih bisa menangkap maksud dari pelajaran. Pepatah mengatakan “gambar bisa mewakili seribu kata”. Memang benar demikian. Jadi gambar bisa menjelaskan lebih banyak hal dan memiliki makna yang luas.
- Secara ilmiah, dengan gambar berarti anak telah belajar sesuatu dengan menggunakan dua belahan otaknya, yaitu otak kiri dan kanan. Dengan belajar menggunakan dua belahan otak, daya ingat anak jauh lebih baik dibanding jika ia hanya menggunakan otak kirinya semata.

GIZI YANG BAIK DAN CUKUP
Gizi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatakan daya ingat anak. Daya ingat berhubungan dengan proses di otak. Dan proses di otak bisa berjalan dengan baik jika ia didukung dengan gizi yang cukup pula.

Karena itu, berilah anak Anda gizi yang baik dan cukup. Gizi yang baik tidak harus mahal.

LINGKUNGAN BELAJAR
Dimakah anak Anda belajar setiap hari di rumah ? Apakah Anda telah menyediakan tempat khusus baginya untuk belajar ? Apakah tempat yang Anda sediakan untuk belajarnya tersebut “layak” untuk belajar ? Lingkungan belajar juga berpengaruh pada proses belajar anak. Mungkin anak Anda memiliki intellegensi yang cukup bagus. Namun bisakah ia belajar di tempat yang gaduh dan banyak gangguan ? Jawabannya tentu : sulit !
Anda aharus menyediakn tempat belajar anak yang “layak” . Maksud dari lingkungan belajar yang “layak” adalah :
1. Khusus sebagai tempat belajar
Sediakan tempat yang memang khusus sebagai tempat belajar.
Kebanyaka orang tua menyediakan tempat belajar, namun tempat belajar tersebut biasanya juga berfungsi sebagai tempat tidur. Apa akibatnya ? Karena tempat tersebut adalah tempat tidur, sehingga hanya membuat si anak mengantuk.
2. Tidak gaduh
Kegaduhan hanya kan memecah konsentrasi belajar anak, sehingga ia akan sulit mengingat pelajarannya. Sumber kegaduhan bisa berasal dari manusia, televisi, tape, dll.
3. Penataan ruangan yang rapi
Dulu saya pernah tinggal bersama saudara yang memiliki dua anak yang telah sekolah di SD. Hampir setiap hari kedua anak tersebut selalu kehilangan bolpoin dan bukunya. Dan ini membuat jengkel kedua orang tuanya. Sehingga orang tuanya sering berkata :”
Kamu ini masih anak-anak kok sudah pikun ?”
Apakah anak-anak tersebut memang telah pikun ? Tentu saja tidak kan. Mereka tidak pikun. Yang membuat mereka sering “kehilangan barang” adalah karena penataan ruang yang kurang baik. Andai saja penataan ruang diatur sedemikian rupa dan semua anggota
keluarga konsisten, maka tidak akan ada lagi yang akan “kehilangan barang”.

Yang harus Anda perhatikan juga adalah, dimana ia sekolah. Sekolah adalah tempat belajar utama anak Anda. Lingkungan sekolah juga mempengaruhi hasil belajar anak Anda

MENUMBUHKAN MENTAL POSITIF PADA ANAK
Saat kecil dulu, saya tidak jarang menerima perkataan “kamu tidak bisa”, “mana mungkin kamu bisa” dan kata-kata negatif lainnya. Kata-kata tersebut saya terima dari teman atau saudara. Tentu saja kata-kata tersebut memberikan pengaruh pada jiwa saya saat itu. Saya benar-benar merasa tidak bisa, minder, kalah sebelum perang dan menjadi tidak melakukan sesuatu. Kata-kata tersebut benar-benar mempengaruhi saya.

Hal ini juga berlaku pada anak-anak. Kondisikanlah mental anak Anda sepositif mungkin agar ia bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Hindari kata-kata dan tindakan negatif terhadap mereka. Karena hal tersebut akan berakibat mental mereka negatif pula. Dan mental negatif akan menyulitkan mereka dalam mempelajari sesuatu dalam hidupnya. Mental negatif juga membuat ia merasa tidak bisa. Saya yakin Anda setuju dengan hal ini.

Bisakah Anda belajar, apalagi mengingat sesuatu dengan baik, tatkala mental Anda lagi “drop”. Tentu saja tidak bisa bukan ???
Dan ternyata masalah ini juga berlaku secara umum bagi manusia, tidak saja pada anak. Jika mental kita positif, maka kita bisa melakukan apa saja. Contoh sederhananya adalah yang saya alami.

MOTIVASI
Pernahkah Anda ke toko buku ? Saya yakin, bukan hanya pernah tapi justru sering. Anda adalah penggemar buku. Buktinya Anda bersedia membaca ebook. Jika Anda suka membaca ebook, apalagi buku ? Dan biasanya orang yang suka buku, mereka juga sering ke toko buku. Atau paling tidak mengikuti perkembangan buku-buku.

Jika Anda pergi ke toko buku, pasti akan menemui banyak sekali buku-buku motivasi. Bahkan ada beberapa penerbit yang khusus menerbitkan karya buku motivasi. Penerbit tersebut memahami dengan benar bahwa penerbitan buku-buku motivasi merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Terbukti buku-buku tersebut berhasil memberikan keuntungan besar bagi penerbitnya. Dan bahkan banyak buku motivasi yang menjadi best seller. Mengapa motivasi begitu penting bagi kebanyakan orang. Tidak lain karena motivasi memberikan kekuatan. Dengan motivasi manusia bisa melakukan banyak hal. Dan dengan motivasi sesuatu yang sebelumnya dikira mustahil, bisa menjadi kenyataan.

Bagaimana dengan pemberian motivasi pada anak ? Apakah berpengaruh ? Tentu saja motivasi bagi anak memberikan banyak manfaat. Manfaat tersebut antara lain :
- menjadikan anak lebih percaya diri
- anak tidak minder
- anak bisa melakukan sesuatu melebihi kemampuan dasarnya
- anak akan melakukan semua aktivitasnya dengan senang hati
- dan masih banyak manfaat lainnya.

Apakah motivasi memberikan dampak pada daya ingat anak ? Jawabannya “Ya”. Semua manfaat motivasi memberikan energi bagi anak untuk lebih mudah mengingat. Anak juga akan lebih mudah berkonsentrasi, sesuatu yang amat dibutuhkan dalam meningkatkan daya ingat.

BERSUARA DALAM BELAJAR
Ini salah satu teknik kuno, namun ternyata tetap manjur untuk meningkatkan daya ingat anak.
Ijinkanlah anak Anda bersuara saat ia belajar. Jangan larang dia tatkala ia membaca buku dengan bersuara. Masing-masing anak memiliki gaya belajarnya sendiri-sendiri. Ada anak yang suka belajar dengan bersuara, ada pula anak yang lebih suka diam dalam belajarnya.
Nah, jika anak Anda termasuk tipe “bersuara”, biarkanlah ia dengan gayanya tersebut.

Larangan Anda justru akan memberikan dampak buruk bagi mentalnya.Bersuara memang bisa meningkatkan daya ingat kita. Saya pribadi ada pengalaman. Saat kuliah, saya pernah mengikuti lembaga hafalan Al Quran.

Saya bersyukur, saat itu bisa hafal 5 juz (sekitar 90 halaman). Salah satu metode saya menghafal adalah membaca Al Qur’an dengan bersuara. Dengan bersuara, saya bisa lebih cepat menghafal Al Qur’an. Bagaimana jika saya menghafal tanpa bersuara ? Bisa…. Namun kurang optimal dan butuh waktu yang lama….

Itulah bukti bahwa suara bisa meningkatkan daya ingat anak Anda. Asal suara tersebut tidak menggangu yang lain.

PENGGUNAAN WARNA
Penggunaan warna bisa meningkatkan daya ingat anak dalam belajarnya. Bagaimana caranya ? Berikut beberapa aplikasi penggunaan warna dalam meningkatkan daya ingat anak :
1. Sediakan stabilo atau pensil warna bagi anak untuk menandai materi pelajaran yang penting. Dengan menandai kata atau kalimat penting pada buku pelajaran akan mambantu anak memfokuskan diri pada materi penting tersebut.
2. Biarkan anak menggunakan bolpoin atau pensil warna-warni.
3. Jika Anda membelikan buku atau bahan bacaan bagi anak, pilihlah warna yang berbeda-beda.

Mengapa warna bisa meningkatkan daya ingat anak. ? Dengan adanya warn, otak kanan anak juga turut ambil bagian dalam belajar. Warna juga memberikan pengaruh positif pada mental anak. Warna yang cerah memberikan kesan bahagia dan menyenangkan

DAMPINGI ANAK ANDA BELAJAR
Sebagaimana yang telah saya katakana di awal, orang tua memiliki “posisi” yang sangat penting di hati anaknya. Alangkah senangnya si anak jika ia bisa didampingi oleh orang tuanya saat belajar. Perasaan senang ini saja banyak memberikan dampak positif bagi belajar dan daya ingat anak. Apalagi jika si orang tua bisa banyak berperan membantu saat anaknya belajar.

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk meningkatakn daya ingat anak adalah, berilah anak Anda beberapa pertanyaan seputar materi yang akan dipelajari. Lakukan hal ini sebelum anak Anda belajar. Pertanyaan Anda tersebut akan membuat si anak penasaran dan terangasng untuk mencari jawabannya. Dengan cara ini pula, ingatan anak pada materi tersebut lebih baik daripada jika ia hanya membaca buku sendirian.
Anda bisa mencari cara lain untuk turut membantu anak Anda dalam belajar.

Namun yang paling penting adalah jangan melakukan tindakan yang bagi anak terasa sebagai “intimidasi”. Banyak orang tua yang tidak sabar dengan lambatnya si anak dalam belajar. Akhirnya orang tua semacam ini justru menjadi “satpam” bagi sang anak. Anak tidak merasa aman saat orang tuanya mendampingi belajarnya. Yang anak harapkan justru si orang tua segera pergi.
Fungsi Anda saat mendampingi anak Anda belajar adalah sebagai pendamping yang memberikan bimbingan dan rasa aman. Bukan sebaliknya.

MELAGUKAN PELAJARAN
Ini juga salah satu teknik kuno yang masih manjur untuk meningkatkan daya ingat. Mengapa anak TK banyak diajari lagu ? Karena dengan lagulah mereka bisa menyerap materi pelajaran. Dengan lagulah mereka hafal nilai-nilai kehuidupan.

Teknik ini sebenarnya tidak tabu untuk diterapkan oleh anak di atas TK. Saya juga menerapkan teknik ini untuk menghafal Al Quran. Anda bisa melatih anak untuk melagukan materi-materi pelajaran yang sulit.

http://my-situs.co.cc

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter