Puasa Sehat Untuk Anak







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam mengajarkan anak untuk menjalankan ibadah puasa. Secara tinjauan medis, menurut klikdokter ada beberapa tinjauan medis yang harus diperhatikan.

1. Perhatikan Jam Tidur Anak

Fungsi psikologis anak berbeda dengan orang dewasa. Dengan berkurangnya jam tidur pada anak, maka akan mempengaruhi keseimbangan fisiologis tubuh yang sebelumnya sudah terbentuk. Akibat lebih lanjut dari perubahan keseimbagan fisiologis akan mengakibatkan menurunnya fungsi kekebalan tubuh.

2. Asupan Gizi

Dengan berpuasa, jadwal kuantitas asupan nutrisi menjadi ikut berkurang, namun tidak berarti secara kualitas ikut menurun. Bila keseimbangan asupan gizi terganggu dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh sehingga anak mudah terserang penyakit. Pantau terus berat badan anak, bila berat badan anak tetap atau meningkat, maka puasa bisa dilanjutkan. Namun jika terdapat penurunan drastis, maka dalam jangka pendek sebaiknya puasa harus dihentikan.

3. Kestabilan Emosi

Inti niat dari kegiatan ibadah puasa adalah keikhlasan dalam menahan diri. Puasa membawa pengaruh terhadap perkembangan emosi, perkembangan moral dan perkembangan psikologis anak.

Hindari sifat pemaksaan dan ancaman dalam mendidik anak kala berpuasa. Pertimbangkan aspek kondisi taraf perkembangan anak.

4. Hindari Puasa Jika Anak Sakit

Waspadai jika anak terus menerus mengalami infeksi berulang (mudah sakit), penyakit alergi atau asma, gangguan pertumbuhan, serta gangguan perilaku (Autis, Attention Deficit Hiperactivity Disorder-ADHD, dan lainnya).

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter