Ragam Subtitusi Part Bajaj XCD 125: Mayoritas Part Honda!







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Sama seperti motor lain, di soal spare-part, Bajaj XCD 125 juga punya substitusinya, lo. “Setelah kita bandingkan, sebagian parts Honda bisa diaplikasi di motor India ini,” bilang Boim, mekanik Malaka Motor (MM).

Misal, kampas rem depan-belakang pakai punya Honda Vario dan diklaim lebih pakem. “Kalo rem depan XCD tahun 2007-an masih teromol, bisa pakai kampas belakang Vario,” urai pemilik gerai di Jl. Tanah 100, Ciledug, Tangerang.

Ia pun menambahkan, untuk XCD yang sudah pakai cakram depan bisa, pakai kampas rem depan Vario juga, tinggal plek (gbr.1). Soal harga, kampas rem depan Vario Rp 40 ribu dan belakang Rp 55 ribu. Sedang aslinya XCD Rp Rp 20 ribu (teromol), Rp 27 ribu untuk kampas rem depan tipe disk.


Gbr 1

Gbr 2

Selain itu, kampas kopling XCD bisa mencomot milik Honda Tiger atau GL-Pro tanpa harus mengubah sedikitpun. Dengan jumlah yang sama, yakni 5 lembar. Namun harganya, punya Tiger dibanderol antara Rp 120-140 ribu/set. Sedang XCD cuma Rp Rp 85 ribu/set (gbr.2).


Gbr 3

“Part asli punya Honda memang lebih mahal, tapi lebih awet karena kampasnya lebih tebal,” bebernya. Selain itu, untuk gir atau sproket satu setnya bisa pakai milik Honda Karisma atau Supra X 125 seharga Rp 125 ribu (gbr.3).

Lalu piston dan ring? Bisa comot punya Bajaj BBG roda tiga! “Bentuk dan ukurannya sama, tinggal nyemplung. Malah ada yang sudah oversize 25-100 lo. Punya Suzuki Thunder 125 juga bisa tapi beda ukuran pin pistonnya, mesti ngubah,” bilang Said dari bengkel MJ motor di Jl. Arteri Pondok Hijau. Punya XCD lebih mahal, ya?

Betul, untuk satu setnya (piston dan ringnya) Bajaj BBG dijual Rp 160 ribu (gbr.4). Sedang milik XCD harus memborong satu set berikut blok silindernya seharga Rp 450 ribu!

Sumber : ototips.otomotifnet.com

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter