Rahasia Sukses Membuat Bolu Gulung





Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Pada prinsipnya cara membuat bolu gulung sama dengan cara membuat cake. Tapi bolu gulung dibuat lebih tipis agar mudah digulung. Di samping itu komposisi bahan untuk bolu gulung berbeda dengan cake. Resep bolu gulung dibuat sedemikian rupa agar diperoleh bolu dengan tekstur lentur dan lembut sehingga memudahkan untuk digulung.

Meskipun ada beberapa teknik dalam pembuatan bolu gulung, namun yang paling sering dipakai adalah teknik sponge cake, yaitu telur dan gula dikocok hingga mengembang lalu dimasukkan bahan kering (terigu, maizena, susu bubuk ataupun cokelat bubuk).

Pencampuran tepung ke dalam adonan telur tidak perlu menggunakan mikser, cukup diaduk menggunakan spatula plastik ataupun sendok kayu. Langkah selanjutnya adalah memasukkan margarin cair. Hati-hati dalam proses pengadukan margarin cair. Karena sering kali margarin tidak teraduk rata. Karena itu untuk memudahkan pengadukan, masukkan margarin cair sedikit-sedikit.

Pengenalan Bahan
Sama seperti cake, bolu gulung juga terbuat dari telur, gula, tepung dan margarin. Perbedaannya hanya terdapat pada takaran yang dipakai.
1. Telur
Bolu gulung membutuhkan kuning telur agak banyak. Tujuannya agar bolu lentur sehingga mudah digulung. Ini akan menghasilkan bolu gulung lentur dengan tekstur lembut.
2. Gula
Bolu gulung sebaiknya memakai gula bubuk, karena proses pengocokan adonan bolu gulung tidak membutuhkan waktu lama. Gula akan cepat larut dalam adonan.
3. Terigu
Jenis terigu yang dipakai adalah terigu berprotein sedang. Tepung beras juga bisa dipakai, namun hasilnya tidak selentur bolu dari tepung terigu.
4. Lemak
Fungsinya memberikan rasa gurih pada cake. Penambahan lemak juga menjadikan cake lebih empuk. Lemak yang digunakan dalam adonan bolu gulung bisa berupa, margarin, mentega, shortening dan minyak. Adonan bolu gulung biasanya membutuhkan lemak dalam jumlah banyak.
5. Pengemulsi
Meskipun tidak mutlak diperlukan, namun beberapa resep bolu gulung terutama yang dibuat dengan telur utuh sebaiknya menggunakan bahan ini.Karena pengemulsi akan membantu kelenturan bolu gulung. Contoh bahan emulsi: SP, Ovalet, TBM.

Menggulung Bolu
1. Letakkan bolu yang baru matang di atas selembar serbet bersih.
2. Tekuk ke dalam bagian ujung bolu yang dekat badan kita. Tarik kertas perlahan sambil tangan kita menggulung bolu.
3. Lipat serbet hingga menutupi gulungan kue.
4. Satu tangan memegang mistar atau benda pipih lainnya untuk menahan gulungan, sementara tangan lain menarik serbet di bawah penggaris.
6. Tarik serbet berulang-ulang agar diperoleh gulungan yang membulat dan padat.
7. Setelah tergulung sempurna, tetap bungkus bolu dengan kertas roti. Simpan gulungan dalam lemari es selama 1 jam.
8. Setelah 1 jam, buka kertas karena bolu gulung sudah melekat sempurna.

http://demediapustaka.com

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter