Sayangi Lutut Sejak Masih Muda Agar Awet Sampai Tua







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Lutut rentan mengalami cedera karena selalu menjadi tumpuan berat badan. Agar terhindar dari risiko arthritis dan kerusakan lain di hari tua, kesehatan lutut harus dijaga sejak dini termasuk dengan cara menurunkan berat badan.

Arthritis atau radang sendi menyerang lutut pada hampir 50 persen orang dewasa saat memasuki usia 85 tahun. Risikonya semakin meningkat jika yang bersangkutan mengalami obesitas maupun overweight.

“Setiap kali melangkah, lutut menahan beban 3 kali lipat berat badan. Berlari membebani lutut 5 kali lipat berat badan, sementara melompat 7 kali lipat,” ungkap Dr William J Brian, seorang dokter bedah tulang dari Methodist Center for Sports Medicine in Houston.

Modifikasi gaya hidup mutlak diperlukan bagi kaum muda yang mulai mengalami nyeri pada persendian. Tujuannya untuk menurunkan berat badan, sehingga tekanan yang menyebabkan nyeri di persendian bisa dikurangi.

Menurut Dr William, formula untuk menurunkan berat badan adalah 70 persen diet dan 30 persen olahraga. Olahraga yang dilakukan tanpa pengaturan pola makan tidak akan efektif, bahkan dapat memperparah kerusakan sendi jika berlebihan.

Dalam hal ini, Dr William lebih menyarankan olahraga yang tidak terlalu membebani persendian terutama lutut. Jenis olahraga ringan seperti berenang dan bersepeda lebih dianjurkan daripada lari, jika tujuannya adalah untuk memelihara kesehatan persendian.

Tak kalah pentingnya, pemilihan alas kaki yang nyaman dan sesuai juga mempengaruhi tekanan yang dialami persendian. Sepatu dengan bantalan yang terlalu datar di bagian telapak membuat langkah menjadi tidak stabil dan memberikan tekanan yang tidak normal pada lutut.

“Apabila mengalami nyeri pada lutut yang tidak hilang hingga 2 pekan, segera kunjungi dokter. Kemungkinan ada kesalahan mekanis di bagian tersebut,” kata Dr William seperti dikutip dari Healthday, Minggu (8/8/2010).
(up/ir)
AN Uyung Pramudiarja – detikHealth

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter