Serba-Serbi Lampu HID







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Bro MotoBike,saya ada rencana ganti penerangan motor dengan lampu HID, pertanyaan saya : 1. Apa benar cahaya lampu HID tidak mampu menembus kabut/hujan?kalau benar apa ada solusinya? 2. Katanya kalau dipasang di motor HID 25w lebih terang daripada yang 35w?apa benar?mohon penjelasannya terima kasih sebelumnya.


Jawaban :

MotoBike – Halo bro Galih, HID yang bercahaya putih memang benar tidak bisa menembus kabut atau hujan. Solusinya bisa dengan menggunakan HID yang berwarna kuning. Nah biasanya warna HID ditentukan oleh angka kelvinnya. “Pada umumnya yang berwarna putih berada di 8.000 kelvin,” ujar Wira Sentosa, juragan SACS, spesialis lampu di Pondok Gede, Bekasi.

Mengatasinya bisa dengan menggunakan HID yang berkelvin rendah. Karena semakin rendah Kelvin cahayanya menjadi berwarna kuning. Kebalikannya, semakin tinggi, semakin putih. Supaya tembus hujan dan kabut pakai yang speknya 4.300 kelvin. “Cahaya yang dihasilkan kuning layaknya lampu mobil biasa, tipe ini memang fungsional,” tambah Wira.

Nah di sinilah letak permasalahannya. Lantaran cahaya seperti lampu biasa banyak yang enggak mau pakai. Akan lebih keren menggunakan yang 8.000 kelvin karena lebih putih dan terang. “Untuk itu ambil jalan tengah, pakai yang kelvinnya 6.000 saja. Tetap putih tetapi juga agak kuning. Sehingga gaya dapat fungsi masih ada di kala kabut dan hujan,” saran Wira.

Untuk itu perhatikan saat membeli. Bisa dengan melihat tulisan yang ada di kemasan atau mencoba HID-nya. Harga di pasaran untuk Yamaha V-ixion sekitar Rp 750 ribuan. “Tipe ini bisa lampu jauh dan dekat.”

Lantas untuk pertanyaan ke dua, sesuaikan saja watt yang digunakan dengan standar motor. Kalau head lamp standar motornya 35 watt, menggunakan daya yang sama enggak masalah. Akan berbeda jika daya standarnya 25 watt trus dipasang 35 watt, bukannya lebih terang malah redup karena spulnya enggak kuat. “JAdi terlihat lebih terang jika pakai yang 25 watt, padahal itu memang daya standar motor,” tutup Wira. Sambil menambahkan untuk V-ixion bisa pakai yang 35 watt karena sesuai spek pabrikannya.

 

 

http://mymotobike.com/q_and_a/read_question/2771/Serba-Serbi_Lampu_HID

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter