Tak Perlu Menunda Kehamilan Setelah Keguguran







Harga Handphone, Harga Blackberry, Harga Laptop, Harga Mobil, Harga Motor

DAPATKAN BUKU GRATIS DARI BUKUKITA.COM, CARANYA KLIK DISINI!!!

Silang pendapat tentang kapan boleh hamil lagi setelah mengalami keguguran belum pernah mencapai titik temu. Penelitian terbaru membuktikan, segera hamil lagi justru lebih sehat karena kemungkinan untuk keguguran menjadi lebih kecil.

Temuan ini berseberangan dengan anjuran WHO, bahwa seorang wanita harus menunggu sekurang-kurangnya 6 bulan untuk hamil lagi setelah mengalami keguguran. Hal ini diperlukan untuk menghindari risiko yang sama terulang, yakni keguguran.

Penelitian yang dilakukan oleh ahli kandungan di University of Aberdeen, Skotlandia ini melibatkan lebih dari 30.000 wanita yang mengalami keguguran dalam kehamilan pertamanya dalam kurun waktu antara tahun 1981-2000. Hasilnya dipublikasikan baru-baru ini dalam British Medicinal Journal (BMJ).

Dikutip dari Healthday, Jumat (6/8/2010), partisipan yang hamil lagi dalam waktu kurang dari 6 bulan justru lebih aman dibandingkan yang menunda hingga 6 bulan berikutnya. Selain jarang mengalami keguguran lagi, partisipan yang tidak menunda kehamilan juga jarang mengalami komplikasi misalnya kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan).

Risiko lain yang jarang ditemukan pada partisipan yang segera hamil lagi adalah kelahiran caesar maupun permatur. Selain itu, kelahiran bayi dengan berat-badan rendah juga jarang ditemukan pada kelompok ini.

Menurut penelitian tersebut, menunda kehamilan justru mempunyai beberapa risiko. Misalnya pada usia 40 tahun, peluang untuk mengalami keguguran menjadi 30 persen lebih tinggi dan meningkat hingga 50 persen pada usia 45 tahun.

Meskipun demikian, salah seorang editor BMJ, Julia Shelley mengatakan bahwa hasil penelitian ini bukan untuk menyimpulkan silang pendapat mengenai waktu terbaik untuk hamil lagi. Namun setidaknya, penelitian ini menunjukkan bahwa risiko untuk hamil lagi setelah keguguran tidak sebesar yang diduga sebelumnya.

 

Bagaimana Ramalan Harian, Ramalan Zodiak Harian, Ramalan Mingguan, Zodiak Mingguan, Ramalan Zodiak Mingguan Anda?

Cek Harga HANDPHONE, MOTOR dan Harga Lainnya di www.harganya.com!

Facebook

Twitter